Manfaat Buah Belimbing

Manfaat Buah Belimbing, Buah Unik Penting Untuk Kesehatan

Loading...

Halo sobat, sudah pernah mengkonsumsi buah belimbing? Saya rasa sebagian dari sobat sudah akrab dengan buah yang satu ini. Yakni buah unik yang mendapat sebutan lain yakni star fruit alias buah bintang karena memang buah ini kalau dipotong akan sangat mirip dengan bintang. Buah belimbing memiliki cita rasa yang cukup menyegarkan yang kadang juga dibuat untuk menu rujak dan kadang juga digunakan untuk konsumsi secara langsung.

Selain keunikan bentuk dan cita rasa yang menyegarkan, buah belimbing juga memberikan beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Faktor penyebabnya adalah adanya beberapa zat di dalamnya yang cocok dan menyehatkan untuk tubuh. Seperti vitamin C, kaya akan serat, air, magnesium dan beberapa zat lainnya.

7 Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan Tubuh

1. Buah Belimbing Membantu Menstabilkan Gula Darah

Gula darah yang berlebihan dalam tubuh seseorang akan sangat berbahaya karena akan menimbulkan diabetes dan beberapa penyakit lainnya. Untuk menurunkannya membutuhkan banyak makanan berserat yang mempecepat penyerapan glukosa dalam tubuh. Dalam hal ini buah belimbing termasuk dalam buah yang membantu merujudkan keinginan tersebut, kandungan vitamin dan seratnya bagus untuk mempercepat penyerapan glukosa dalam tubuh.

2. Menurunkan Berat Badan

Banyak sekali jenis buah yang membantu tubuh mengalami penurunan berat badan. Salah satunya adalah buah belimbing ini. Buah ini bagus dikonsumsi pada saat diet karena kandungan air yang tinggi mampu mengatasi dehidrasi, serta beberapa zat dalam buah ini seperti serat akan membantu tubuh kenyang tahan lebih lama. Jadi dengan memilih buah belimbing sebagai camilan saat diet merupakan solusi tepat untuk mendukung penurunan berat badan yang maksimal.

3. Anfi-inflamasi

Yang ketiga buah belimbing bermanfaat sebagai anti inflamasi atau sebagai pencegahan peradangan dalam tubuh kita akibat terkena serangan radikal bebas. Hal ini tentu saja berkat asupan antioksidan jenis flavonoid yang memberikan perlindungan tubuh dari radikal bebas.

Loading...

Bisa diartikan juga sebagai buah penambah kekebalan tubuh atau meningkatkan imunitas karena membantu tubuh menangkal bibit penyakit yang hendak masuk.

4. Menyehatkan jantung

Yang satu ini cukup luar biasa manfaatnya yakni membantu kita mejaga jantung tetap sehat. Karena dalam buah belimbing juga terdapat beberapa zat yang menstabilkan tekanan darah dan menyehatkan sistem pembuluh darah, karena hal itulah jantung akan bekerja secara maksimal dan tetap sehat.

5. Mengatasi Penyakit Maag

Selain beberapa manfaat diatas, buah belimbing juga berkhasiat untuk mengatasi gangguan perut seperti halnya sakit maag. Hal ini disebabkan karena buah ini memiliki zat lendir yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan lambung dari iritasi makanan dan zat lain yang masuk. Dengan adanya zat yang membantu kesehatan lambung otomatis juga akan membantu mengatasi penyakit maag yang sedang diderita.

6. Menyehatkan Pencernaan Dan Kulit

Pencernaan akan sehat kalau sesuatu yang kita makan adalah makanan yang kaya akan serat sehingga mudah dicerna sistem pencernaan dan ini akan menjadikan pencernaan sehat, begitu juga dengan buah belimbing yang kaya serat akan memberikan manfaat tersebut.

Loading...

Manfaat lainnya bahwa buah ini akan memberikan efek pada kulit, yakni membantu mencerahkan dan melembabkan kembali kulit yang kering.

7. Meningkatkan Produksi ASI

Bagi ibu yang sedang dalam masa menyusui, kecukupan asi untuk bayi sangatlah penting karena itu membutuhkan beberapa asupan zat yang bagus untuk meningkatkan ASI. Dalam hal ini buah belimbing mengandung kalori, karbohidrat, mineral dan juga kandungan zat besi yang mampu meningkatkan produksi ASI bagi ibu menyusui.

Selain beberapa manfaat diatas, buah belimbing juga dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol berlebih dalam tubuh sehingga menghindarkan seseorang dari penyakit kronis.

Banyak sekali memang manfaat yang diberikan oleh buah belimbing ini untuk kesehatan. Akan tetapi semua itu harus tetap dibarengi dengan pola hidup yang sehat secara teratur dan juga konsisten. Demikian sobat review dari saya mengenai buah anggur beserta manfaatnya bagi orang yang sering mengkonsumsinya, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Loading...

Tinggalkan Balasan