Fakta Manfaat Beras Merah

Fakta Manfaat Beras Merah Yang Perlu Kita Coba

Loading...

Halo sobat, sudah tahukah tentang fakta manfaat beras merah? mungkin diantara sobat ada yang suka mengkonsumsi nasi beras merah dibandingkan dengan nasi putih. Atau mungkin ada yang sering melihat seseorang yang melakukan diet lalu dia makan nasi menggunakan nasi merah.

Sebenarnya tidak ada yang mengkhususkan bahwa nasi merah hanya untuk diet, melainkan nasi merah juga bisa untuk konsumsi sehari-hari, bahkan banyak pihak meyakini bahwa kandungan dalam nasi merah jauh lebih baik dibandingkan dengan nasi putih.

Kemudian tahukan sobat kenapa dokter juga banyak memberikan saran untuk memperbanyak menggunakan nasi merah untuk orang-orang yang sudah obesitas dan untuk orang yang ingin berpola hidup sehat.

Saya coba akan menjelaskannya dalam beberapa point fakta manfaat beras merah berikut ini :

1. Kalori Lebih Rendah Dibandingkan Dengan Nasi Putih

Faktor yang pertama adalah dari segi kandungan kalorinya yang mana nasi merah ini jauh lebih rendah kalori dibandingkan nasi putih. Tentu saja hal ini akan bagus terutama dalam hal menurunkan berat badan dan menjaga tubuh tetap ideal, karena kalau kebanyakan kalori akan mudah mengalami kegemukan atau sering dikenal obesitas.

Loading...

Namun kalau sobat memang berniat untuk diet, tidak cukup dengan memakan nashi merah saja, tentu harus dibarengi dengan olahraga rutin agar kalori yang sudah ada dalam tubuh semakin banyak yang terbakar dengan maksimal.

2. Beras Meras Lebih Tinggi Serat Dibandingkan Beras Putih

Selanjutnya dijelaskan bahwa fakta manfaat beras merah memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dibandingkan dengan beras putih. Ini artinya beras merah lebih bagus dalam hal merawat kondisi sistem pencernaan tubuh. Lebih bagus dan maksimal dalam memberikan kekenyangan pada tubuh namun tidak memperparah kegemukan badan seperti halnya beras putih.

3. Lebih Banyak Vitamin

Fakta selanjutnya yang membuktikan bahwa beras merah lebih baik dari beras putih adalah kandungan vitamin dalam beras merah jauh lebih tinggi dan lebih banyak dibandingkan dengan beras putih. Beras merah merupakan konsumsi sebagai sumber thiamine, vitamin B6m dan juga zat niacin. Berbeda dengan beras putih yang memiliki vitamin B namun hilang pada saat proses memasak beras menjadi nasi.

4. Lebih Banyak Mineral

Sebuah fakta yang lain yang menunjukkan bahwa beras merah jauh lebih baik ketimbang beras putih adalah dari segi kandungan mineralnya. Hal ini tentu lebih baik karena akan memberikan nutrisi lebih pada tubuh kita tanpa harus kelebihan kalori.

Loading...

Beras merah dipercaya dan terbukti mempunyai kandungan magnesium dan juga fosfor yang lebih tinggi ketimbang beras putih. Zat-zat tersebut selain asupan bagus untuk tubuh juga akan menguatkan tulang dan gigi.

5. Membantu Menetralkan Gula Darah

Fakta manfaat beras merah yang kelima yang akan menjadikan beras merah lebih baik dibandingkan dengan beras putih adalah dalam hal membantu mengontrol dan menstabilkan kadar gula dalam darah. Hal ini juga sudah dibuktikan dalam International Journal of Food Science and Nutrition tahun 2006, bahwa orang-orang yang mau mengutamakan konsumsi beras merah mempunyai kadar gula lebih rendah daripada yang terus menggunakan beras putih.

Tentu saja hal ini juga disebabkan karena beberapa faktor sebelumnya bahwa banyak kandungan baik yang lebih tinggi daripada beras putih yang menjadikan beras merah mampu mengontrol gula darah. Selain itu ini juga sebuah kabar bagus bagi kita untuk membiasakannya sebagai pola hidup sehat yang menangkal resiko tekena diabetes.

Bagaimana sobat setelah mengetahui beberapa fakta diatas, sudah semestinya kita mencoba untuk sesekali atau bahkan lebih sering membudayakan menggunakan beras merah sebagai menu utama makanan pokok sehari-hari agar kita bisa memaksimalkan pola hidup yang sehat.

Demikian mengenai penjelasan dari saya tentang fakta manfaat beras beras merah dan keunggulannya dibandingkan beras putih dari segi kesehatan. Semoga bisa memberikan manfaat serta hudip sobat semakin sehat dan menyenangkan. Terima kasih (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan