Tips Mengatasi Overheating Pada Smartphone Android

Tips Mengatasi Overheating Pada Smartphone Android

Loading...

Tips Mengatasi Overheating Pada Smartphone Android – Smartphone merupakan perangkat penunjang kebutuhan manusia. Baik untuk kebutuhan telekomunikasi, ekonomi serta bisnis, juga untuk hiburan tentunya. Digitalisasi juga membuat fungsi smartphone semakin dibutuhkan. Sehari tanpa membawanya, membuat berbagai keperluan bisa terganggu.

Pemakaian smartphone dari waktu ke waktu semakin meningkat. Apalagi di masa-masa pandemi ini, yang membuat banyak orang mempunyai banyak waktu luang. Alhasil memainkan smartphone menjadi pelampung untuk mengisi kekosongan waktu tersebut.

Nah, terkadang kita suka sebel bila sedang bekerja atau hanya sekedar melepas penat dengan bantuan smartphone ini, tapi hape kita terasa panas atau mengalami overheating. Smartphone jadi tidak nyaman untuk digenggam dan sering kali performanya turun drastis. Parahnya bila kita paksa terus bekerja bisa mengakibatkan kerusakan fatal.

Bila Sobat tidak mau mengalami hal ini, lalu apa saja tips yang bisa dilakukan mengatasi overheating pada smartphone baik Android maupun iOs? Simak tips mudah dan ulasan singkat berikut ini.

Istirahatkan smartphone saat panas

Tips yang paling mendasar untuk menghindari overheating adalah mengistirahatkannya saat suhunya panas. Kondisi panas bisa terjadi karena pemakaian terlalu lama seperti mengakses internet, Bermain sosial media, atau Bermain game. Pengaturan cahaya yang terang juga menjadi penyebab hp cepat panas.

Bila hal ini terjadi segera istirahatkan hp, jangan memaksa bermain karena akan menyebabkan kerusakan komponen-komponen penting. Menggunakan hp dalam batas wajar juga membantu umur hp tetap panjang.

Hindari dari kontak matahari langsung

Faktor Overheating pada smartphone juga bisa disebabkan oleh faktor eksternal salah satunya adalah paparan sinar matahari. Saat memakai smartphone usahakan agar tidak terkendali sinar matahari langsung. Apalagi saat siang hari , di mana kondisi cuaca sedang panas-panasnya.

Smartphone adalah perangkat yang sangat sensitif terhadap sinar matahari, bila interaksi keduanya berlangsung lama, akan merusak komponen penting handphone.

Atur setting pencahayaan smartphone

Tips mengatasi overheating pada smartphone selanjutya adalah mengatur pencahayaan. Sebagian masalah panas pada smartphone disebabkan oleh pengaturan cahaya yang terlalu terang. Jika memang tidak diperlukan tidak usah mengatur cahaya smartphone pada settingan maksimal.

Semakin tinggi cahaya smartphone akan menghabiskan daya baterai semakin cepat, selain smartphone akan cepat panas. Konsleting bisa terjadi bila kebiasaan ini berlangsung dalam waktu lama.

Jangan bermain game dalam waktu lama

Bermain game memang mengasyikkan tapi harus dalam jangka waktu yang wajar. Jangan biarkan kita terlalu asyik memainkannya karena bisa menyebabkan overheating.

Semakin berat spesifikasi sebuah game, membuat chipset bekerja lebih keras sebagai konsekuensinya suhu handphone akan menjadi lebih panas.

Untuk meminimalisir terjadinya overheating , sahabat juga bisa memilih smartphone yang dilengkapi fitur cooling System. Yang mampu menjaga suhu hp tetap stabil saat dipakai untuk keperluan berat seperti main game dan lainnya.

Bermain di tempat dingin

Bila sobat berencana menggunakan hp / smartphone dalam waktu yang lama, maka sebaiknya cari tempat yang dingin. Misalnya di ruang yang ber-AC atau tempat yang sirkulasi udaranya bagus. Suhu ruangan yang dingin akan membantu suhu smartphone tetap dingin. Sedangkan sirkulasi udara yang bagus akan membantu energi panasnya terlepas ke suhu yang lebih rendah.

Tips mengatasi overheating pada smartphone ini sangat simpel namun punya efek yang sangat signifikan. Kita juga bisa menjadi berlama-lama mengoperasikan smartphone.

Gunakan smartphone di tempat minim cahaya

Saat menggunakan hp / smartphone di tempat yang minim cahaya, maka kita tidak perlu mengatur pencahayaan yang tinggi pada layar. Sehingga tingkat panas yang diakibatkan oleh kinerja baterai menjadi berkurang.

Selain tidak merangsang overheating, durasi pemakaian juga bisa lebih lama. Kita juga bisa lebih nyaman dalam menggunakannya.

Ok Sob, itu tadi beberapa tips sederhana mengatasi overheating pada smartphone. Semoga bermanfaat (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan