Kumpulan Doa untuk Keselamatan Hidup Di Dunia dan akhirat

Doa untuk Keselamatan Hidup di Dunia dan akhirat

Loading...

Doa untuk Keselamatan Hidup di Dunia dan akhirat – Pada Hakikatnya kita sebagai Hamba Allah di muka bumi ini menginginkan kehidupan yang selamat. Terhindar dari segala bahaya, karena hidup dan mati kita hanya Allah yang tahu.

Segala bahaya bisa datang kapan saja. Seperti bahaya penyakit, bencana, peperangan dan lain sebagainya. Ketika semua hal itu terjadi, hanya satu yang bisa menjadi penolong kita yaitu Allah SWT.

Allah adalah Dzat yang maha kuat, maha agung yang hanya dengan-Nya lah Kita berserah diri.

Dalam Al-Qur’an terdapat beberapa surat yang bisa dijadikan doa untuk keselamatan Hidup di dunia dan akhirat. Bagi muslim dianjurkan untuk rajin membaca doa tersebut karena bisa menjadi pegangan kita, agar Allah jamin keamanan kita dari godaan hidup di akhir zaman ini.

Untuk lebih lengkapnya mengenai kumpulan doa untuk keselamatan dunia dan akhirat, silakan baca ringkasan berikut ini:

Doa untuk Keselamatan Hidup Dunia Akhirat Versi 1

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

“Allaahumma Innaa Nas Aluka Salaamatan Fid Diin, Wa ‘Aafiyatan Fil Jasad, Wa Ziyadatan Fil ‘Ilmi, Wabaròkatan Dir Rizqi, Wa Taubatan Qòblal Maut, Waròhmatan Indal Maut, Wa Maghfiròtan Ba’dal Maut. Allaahumma Hawwin ‘Alainaa Fii Sakaròòtil Maut, Wan Najaata Minan Naar, Wal ‘Afwa Indal Hisaab”

Terjemahannya:

“Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut.”

“Ya Allah, mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab”

Doa ini bisa kita panjatkan untuk memperoleh kelapangan berbagai urusan seperti rezeki, umur, ilmu dan saat proses sakaratul maut. Semoga dengan amalan kita bisa menghindarkan kita dari siksa api neraka yang pedih.

Doa untuk Keselamatan Hidup Dunia Akhirat Versi 2

اللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ تَبَارَكْتَ ذَا الْجَلاَلِ وَالإِكْرَ

“Allaahumma Antas Salaam, Wa Minkas Salaam, Tabaaròkta Dzal Jalaali Wal Ikròòm”.

Artinya :

“Ya Allah, Engkaulah Tuhan yang memberi keselamatan. Dari keselamatan. Maha Suci Allah, Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan”

Doa ini merupakan versi yang lebih ringkas, yang bisa kita baca sewaktu-waktu. Seperti pada waktu mau bekerja, mau sekolah, sehabis sholat dan waktu-waktu lainnya.

Dengan dipanjatkan doa ini, kita berharap berada pada naungan Allah. Kita selamat dunia akhirat.

Asalkan kita selalu memuji nama Allah, seperti Allah Maha Suci. Allah sangat menyukai kebersihan maka dari itu Rosulullah menyeru dalam sebuah Hadist yang berarti “ kebersihan itu sebagian dari iman”

Allah juga maha besar, bisa dilihat dari tanda-tanda yang berada di sekitar kita. Ada bumi, lautan, langit dan seisinya adalah dibuat dan diatur sedemikian rupa oleh Allah. Di bumi kita bisa hidup dan menjadi Khalifah, Di laut terdapat sumber air sebagai penopang kehidupan.

Sementara di langit terdapat bulan, matahari dan bintang-bintang lain yang juga memberi manfaat untuk kehidupan manusia. Oleh karena itulah hanya kepada sang illahi kita meminta keselamatan.

Doa untuk Keselamatan Hidup Dunia Akhirat Versi 3

رَبَّنَا آَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Ròbbanaa Aatinaa Fid Dunyaa Hasanah, Wa Fil Aakhiròti Hasanah, Wa Qinaa ‘Adzaaban Naar”.

Artinya :

“Ya Rabb kami, limpahkanlah kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta peliharalah kami dari siksa neraka”.

Doa ini dikenal sebagai doa sapu jagad. Doa ini juga sering dipanjatkan Nabi Muhammad Saw dalam berbagai kesempatan.

Sebagai umat nabi Muhammad tentunya kita harus mencontoh perilakunya. Mengamalkan doa dalam keseharian akan mendekatkan diri kita kepada sang maha pencipta.

Allah juga menjamin barang siapa memohon kepadanya akan dikabulkan segala keinginannya. Termasuk selamat hidup di dunia maupun akhirat.

Demikian sudah kami jabarkan uraian mengenai kumpulan doa untuk keselamatan hidup dunia akhirat. Semoga Allah masih memberikan kita Hidayah agar selalu teguh di jalan-Nya dan selamat kehidupan Dunia dan akhirat, Aamiin…. (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan