Cara Mengajarkan Anak Sholat Sejak Dini

Cara Mengajarkan Anak Sholat Sejak Dini

Loading...

Cara Mengajarkan Anak Sholat Sejak Dini – Setiap agama memiliki aturan ibadahnya masing-masing yang harus dilaksanakan pemeluknya. Setiap ibadah tentu memiliki tujuan positif.

Dalam agama Islam salah satu ibadah yang wajib dilaksanakan adalah sholat. Dengan adanya sholat iman akan terbentengi, dijauhkan dari godaan setan dan lebih dekat kepada Allah SWT.

Sholat seyogyanya diperkenalkan kepada Anak agar fondasi agamanya kuat. Seperti dalam sebuah hadits berikut ini:

“Perintahlah anak-anakmu agar mendirikan shalat tatkala mereka telah berumur tujuh tahun, dan pukullah (secara ringan dan tidak menyakiti) karenanya tatkala mereka telah berumur sepuluh tahun.” (HR. Abu Dawud dan Al- Hakim)

Waktu terbaik untuk untuk mengajari anak sholat adalah saat usianya memasuki usia baligh. Antara umur 7 sampai 10 tahun.

Untuk lebih lengkapnya mengenai cara mengajarkan anak sholat sejak dini silakan simak ulasan singkat di bawah ini:

Kenalkan Buah Hati Tentang Allah SWT

Tahapan pertama agar anak belajar sholat adalah memperkenalkannya kepada Allah. Ceritakanlah kebesaran Allah. Beritahu bahwa Allah-lah yang menciptakan dunia dan seisinya, beritahu bahwa Allah-lah yang menciptakan surga dan neraka.

Semakin dalam anak mengenal Allah SWT, maka akan tumbuh kecintaan dalam hatinya. Maka ketika kita menyuruhnya sholat ia akan senang hati melakukannya.

Beritahu anak tentang pentingnya beribadah

Setelah Anak sudah mengerti tentang eksistensi Allah SWT. Maka pada step kedua ini orang tua bisa memberikan nasehat tentang adab sholat dan manfaatnya.

Nasehati anak secara lembut jangan membuat mereka takut dengan sholat. Beritahu mereka tentang kenapa setiap muslim harus sholat dan apa pahala orang-orang yang mengerjakan sholat. Dengan nasehat yang telaten anak akan lebih mudah diarahkan untuk sholat.

Beri contoh yang konkret

Saat memerintahkan anak sholat, sebaiknya orang tua juga memberinya contoh. Praktekan langkah-langkah sholat mulai dari wudhu, niat sholat, membaca surat, rukuk, sujud hingga mengucapkan salam.

Anak-anak cenderung akan apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Cara terbaik mengajarkan anak sholat sejak dini adalah dengan contoh langsung.

Berikan mereka waktu yang longgar untuk sholat

Agar anak tau seberapa vital sholat dan mau melakukannya. Kita bisa membuatkan ruangan khusus sholat dirumah. Lengkapi dengan sajadah, alat dzikir dan aksesoris yang dibutuhkan untuk sholat.

Intinya buatlah anak merasa nyaman saat mengerjakan sholat. Jika anak sudah membiasakan sholat, ini akan menjadi awal yang penting mengajarkan ilmu-ilmu agama yang lebih kompleks.

Biasakan Anak Untuk Sholat Berjamaah

Agar anak tidak merasa bosan, ajaklah anak untuk sholat berjamaah bersama kita. Anak akan merasa senang dengan hal ini karena bisa mengerjakan ibadah bersama orang tuanya.

Akan lebih baik lagi kalau anak juga diajak sholat berjamaah di masjid. Lakukanlah hal ini sampai membentuk kebiasaan. Jika dari kecil sudah diperkirakan sholat, maka saat usianya dewasa kebiasaan sholat ini tidak akan ditinggalkan olehnya.

Begitulah ulasan ringkas kami tentang cara mengajarkan anak sholat sejak dini, semoga bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung ke maglearning.id.

Loading...

Tinggalkan Balasan