Skill Wajib Yang Harus Dimiliki Web Developer

Skill Wajib Yang Harus Dimiliki Web Developer

Loading...

Skill Wajib Yang Harus Dimiliki Web Developer – Menjadi Web Developer memang dituntut untuk selalu memperbaiki kemampuan, istilah kerennya adalah lifelong-learning (belajar sepanjang hayat). Kemampuan bahasa pemrograman harus wajib dikuasai, selain itu seorang web developer juga harus mengupgrade skill lain. Skill yang komplit akan membuat Anda berada di level web developer yang andal.

Banyak orang menganggap menjadi web developer adalah pekerjaan mudah karena hanya belajar coding saja. Padahal pada kenyataannya tidak sesederhana itu. Agar sukses di bidang ini, seorang web developer harus bisa bersaing dan terlihat menonjol dari pesaingnya.

Pada artikel ini akan dibahas secara detail tentang skill wajib yang harus dimiliki seorang web developer.

Hard Skill

Struktur dan Algoritma

Skill wajib yang harus dikuasai web developer dari sisi teknis adalah struktur dan algoritma. Kemampuan ini sangat fundamental karena akan menjadi dasar perusahaan dalam memilih karyawan. Kemampuan algoritma yang baik akan mempermudah seorang web developer dalam pencarian kerja.

Penguasaan algoritma dan struktur akan membantu dalam mengelola data dan penyelesaian masalah coding. Bisa dibilang kedua hal ini adalah jantungnya bahasa pemrograman yang harus dikuasai para Web Developer.

Bahasa Pemrograman

Keandalan seorang web developer juga dinilai dari banyaknya bahasa pemrograman yang dikuasai. Bahasa pemrograman ada banyak sekali macamnya mulai dari JavaScript, HTML, Ruby dan Phyton.

Menguasai Bahasa pemrograman adalah hal fundamental yang harus dikuasai karena digunakan sebagai alat perintah komputer agar mengerjakan fungsi sesuai dengan keinginan kita. Tanpa bahasa pemrograman komputer tidak akan bisa menjalankan aplikasi, game dan perintah lainnya.

Software Development Life Cycle

SDLC adalah sebuah framework yang dipakai untuk mengembangkan software agar bisa menjawab kebutuhan konsumen pada masa kini.

Sebagai seorang Web Developer kita harus bisa mengaplikasikan SDLC ini pada saat membuat software. SDLC sangatlah penting untuk dipraktikkan karena akan mempengaruhi kualitas dari sebuah software.

Sebuah Software harus mampu menghadirkan inovasi-inovasi baru agar tetap eksis di pasaran. Maka dari itu perlu yang namanya analisis kebutuhan pasar sangat penting diketahui oleh seorang software developer.

Softskill

Problem Solving

Jika ingin jadi Web Developer andal kemampuan problem solving sangatlah diperlukan. Karena masalah akan sering terjadi saat mengoperasikan bahasa pemrograman. Tidak selamanya aplikasi bisa langsung terbuat dengan lancar, adakalanya memang terjadi eror yang perlu untuk dipecahkan.

Pemahaman akan problem solving akan membuat seorang web developer lebih mudah mencari akar permasalahan dan menemukan solusi atas apa yang dihadapi.

Dunia pemrograman memang dituntut untuk teliti dan harus memiliki analisis yang tinggi. Satu kesalahan saja bisa membuat aplikasi tidak berjalan. Oleh karena problem solving adalah soft skill yang diperlukan untuk jadi seorang web developer andal.

Bahkan menurut Gitconnected , salah satu faktor kemajuan karier web developer sangat dipengaruhi oleh kemampuan problem solvingnya.

Komunikasi

Meskipun pekerjaan web developer kebanyakan berada di balik layar, kemampuan komunikasi juga diperlukan agar bisa menjaring client lebih luas. Dalam dunia kerja komunikasi merupakan hal penting untuk dikuasai. Bukan hanya profesi seperti presenter atau artis saja.

Meskipun Seorang web developer mayoritas waktunya di depan komputer dan mengotak-atik bahasa pemrograman tapi ada momen-momen khusus yang membutuhkan komunikasi.

Misalnya saat client menjabarkan brief, menegosiasikan harga, menentukan deadline dan yang lainnya. Komunikasi yang baik tentunya akan menciptakan kerja sama yang baik. Komunikasi juga akan meminimalisir kesalahpahaman.

Kerja sama

Jangan lupa bahwa kemampuan kerja sama juga diperlukan dan menjadi skill untuk jadi web developer berkualitas. Profesi ini tidak bisa berjalan sendiri. Kerja sama diperlukan untuk membuat sebuah produk digital yang berkualitas.

Membuat software terlebih dengan susunan yang kompleks tidak bisa dilakukan oleh satu orang saja. Pengembangan aplikasi juga tak sesimpel yang dikira perlu trial and eror untuk membuat aplikasi yang benar-benar matang.

Dalam membuat 1 aplikasi saja bisa melibatkan beberapa orang. Seperti bagian front end, back end, UI Desainer, hingga digital marketer. Sebuah kerja sama diperlakukan untuk melengkapi kelebihan dan kekurangan masing-masing bidang profesi.

Kesimpulan

Web developer adalah profesi dambaan banyak orang. Tingginya gaji sering menjadi alasan kenapa hal ini terjadi. Namun perjalanan menjadi web developer andal tidaklah mudah. Selain skill dan kemampuan coding, seorang web developer juga dituntut kemampuan-kemampuan lain agar bisa bersaing di tengah ketatnya persaingan kerja (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan