Cara Hadapi Tekanan Kerja di Kantor, Wajib Tahu!

Cara Hadapi Tekanan Kerja di Kantor, Wajib Tahu!

Loading...

Cara Hadapi Tekanan Kerja di Kantor, Wajib Tahu! – Beragam kerjaan yang diberikan Kantor sering membuat karyawan mengalami tekanan. Perasaan dihantui pekerjaan yang tak kunjung selesai dan hal lainnya bisa membuat semangat bekerja kita jadi menurun.

Nah, sebenarnya mengelola tekanan kerja ini sangat penting. Selain untuk menjaga motivasi dan kinerja kita, juga justru dengan tekanan yang bisa kita atasi akan membuat kepuasan kerja menjadi meningkat.

Tidak ada satu pun pekerjaan yang tanpa tekanan. Semua pekerjaan pasti mengandung tekanan kerja. Jangan dikira ketika kita sebagai bawahan merasa tertekan oleh bos, lalu memandang bos lebih leluasa memerintah dan bekerja tanpa tekanan. Justru pimpinan akan mendapat tekanan yang lebih banyak dan kuat.

Tekanan kerja bagi seorang pimpinan atau bos itu bisa datang dari mana saja. Dari pimpinan yang lebih tinggi, dari pemegang saham, dari pesaing, dan dari kondisi ekonomi yang tidak menentu ini. Ibarat sebuah pohon, maka semakin tinggi maka akan diterpa angin semakin kencang.

Tekanan kerja juga membuat pikiran negatif menjadi-jadi. Inilah yang perlu dikelola dengan baik. Hal ini tentu perlu dikontrol agar kita tidak mengalami depresi. Berpikir positif adalah kebiasaan yang perlu diterapkan untuk menghadapi masalah seperti ini.

Untuk informasi lebih lengkapnya tentang beberapa cara efektif hadapi tekanan kerja di kantor yang wajib diketahui oleh siapa pun, silakan simak ulasan maglearning.id berikut ini:

Biasakan tersenyum

Langkah pertama sebagai cara efektif hadapi tekanan kerja di kantor adalah berpikir positif dan membiasakan diri untuk tersenyum. Berikan sapaan hangat kita untuk rekan kerja dan orang di sekeliling kita. Tersenyum akan menghasilkan energi positif yang bermanfaat untuk membantu pikiran menjadi lebih jernih.

Meskipun ini tidak mudah, tapi langkah pertama ini harus bisa dilakukan. Jika kita terus mengeluh terhadap pekerjaan yang dihadapi, tentu akan semakin membuat kita tertekan dalam bekerja. Hasilnya, kita tidak akan menikmati hidup yang indah ini. Pekerjaan menjadi sesuatu yang membebani yang akhirnya menurunkan kinerja kita.

Kalau sudah begini karier kita tidak hanya akan mandek tapi juga terancam hancur. Namun, dengan tersenyum maka akan terbangun suasana hati yang gembira dan pola pikir yang segar.

Bangun interaksi dengan rekan kerja

Memang membangun interaksi dengan rekan kerja bukan hal simpel yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Kita perlu membangun chemistry agar hal ini bisa terjadi. Menjalin relasi adalah hal penting saat kita bekerja kantoran. Karena mereka adalah orang yang akan kita temui sehari-hari, karena mereka adalah orang yang nantinya bekerja sama dan membantu kita bila ada masalah.

Dengan relasi yang baik kita akan mendapatkan bantuan dari rekan kerja saat menghadapi kesulitan. Juga suasana pekerjaan menjadi hangat dan menyenangkan, karena saling bantu membantu sehingga beban pekerjaan terasa ringan plus efisien.

Mempelajari hal baru

Untuk menghindari bosan dan stres saat bekerja, kita perlu terbuka untuk mempelajari hal-hal baru. Jangan membiarkan otak terus sibuk memikirkan pekerjaan. Segera alihkan dengan hobi atau melakukan sesuatu di luar pekerjaan.

Mempelajari hal baru akan menghindari kita dari kebosanan. Dan kita juga memiliki sudut yang luas dalam menyikapi masalah. Belajar hal baru bisa kita lakukan dengan mengikuti seminar, Webinar, ikut kursus atau juga melihat video-video di YouTube, tapi jangan drakor lho ya.

Ikuti kegiatan informal

Belajar bersosialisasi dan mengenali lingkungan sekitar akan membantu kita untuk berpikir positif dalam menghadapi masalah. Mengikuti kegiatan lomba 17an, mengikuti kerja bakti di lingkungan tempat tinggal dan kegiatan sosial lainnya. Bisa membantu kita untuk lepas dari segala pemikiran negatif tentang pekerjaan.

Bersosialisasi dengan rekan kerja juga perlu untuk ditingkatkan. Karena mereka adalah orang yang akan banyak menghabiskan waktu dengan kita. Bisa jadi mereka bisa menjadi solusi dari masalah yang dihadapi. Ini adalah salah satu cara efektif untuk hadapi tekanan kerja di kantor.

Menata ruangan kerja

Pikiran negatif saat kerja juga bisa terjadi karena ruangan kerja yang tidak nyaman. Untuk mengatasi hal ini jangan malas untuk merapikan kembali dokumen-dokumen yang berantakan, bersihkan ruangan kerja bila sudah dikotori debu, agar suasana semakin kondusif beri parfum ruangan yang berfungsi sebagai aroma terapi penenang pikiran.

Dengan ruangan kerja yang bersih akan memicu hadirnya energi positif . Energi yang membuat kita lebih sabar dalam menghadapi tugas kerja.

Demikianlah beberapa cara efektif untuk hadapi tekanan kerja di kantor yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat, dan tetap semangat dalam bekerja sambil belajar dengan cara yang menyenangkan (maglearning.id).

Loading...

One comment

Tinggalkan Balasan