Materi IPA Kelas 6 Tema 2 Subtema 1 “Ciri Khusus pada Tumbuhan”

Materi IPA Kelas 6 Tema 2 Subtema 1 “Ciri Khusus pada Tumbuhan”

Loading...

Halo jumpa lagi dengan modul BDR online dari maglearning.id. Kali ini kita akan mempelajari materi IPA Kelas 6 Tema 2 Subtema 1 dengan kajian tentang Ciri Khusus pada Tumbuhan. Tumbuhan memiliki ciri khusus yang membedakannya dengan tumbuhan lain. Ciri-ciri ini berhubungan dengan kemampuannya menyesuaikan diri terhadap lingkungan.

Dengan penyesuaian diri, tumbuhan bisa bertahan hidup. Beberapa tumbuhan yang memiliki ciri khusus adalah sebagai berikut.

1. Mawar

Tanaman mawar memiliki bunga yang indah. Namun, berhati-hatilah bila ingin memetiknya. Sebab, kalian bisa terkena duri-durinya yang tajam.

Duri pada batang adalah ciri khusus yang dimiliki tanaman mawar. Duri tersebut berfungsi melindungi diri dari musuh. Musuh yang mendekat akan terkena duri tajam mawar.

2. Kaktus

Kaktus berasal dari daerah tandus dan bercurah hujan rendah. Kaktus memiliki bentuk beraneka macam. Ada yang berbulu seperti sikat atau batang berbintik-bintik besar. Ada juga yang berbentuk batang silinder.

Tumbuhan kaktus dapat hidup dalam pelbagai kondisi. Pada kondisi tandus, daun kaktus akan mengecil atau sama sekali tidak berdaun.

Selain itu, batang kaktus juga menebal dan berlapis lilin. Batang tersebut berfungsi sebagai tempat penyimpanan air.

3. Kantong Semar

Kantong semar termasuk tanaman yang unik. Tanaman ini memiliki kantong di bagian ujung daun. Kantong tersebut sebenarnya adalah ujung daun yang berubah bentuk. Fungsinya untuk menangkap hewan, terutama serangga.

Saat serangga masuk ke kantong, kantong segera menutup. Kantong semar kemudian mengeluarkan enzim untuk membunuh serangga. Nah, serangga inilah yang dijadikan makanan kantong semar.

Kantong semar hanya mengandalkan kantongnya untuk mendapatkan makanan. Kantong semar tidak memerlukan pupuk. Pemberian pupuk pada tanaman ini justru dapat membuatnya mati.

4. Teratai

Teratai tumbuh di perairan. Bunganya besar dan berwarna indah. Daun dan bunga teratai tampak di permukaan air. Akan tetapi, akarnya berada di dasar perairan. Hal Ini karena teratai memiliki tangkai yang panjang.

Pada tangkai dan akar teratai terdapat rongga-rongga udara. Rongga udara ini membantu pernapasan teratai.

5. Putri Malu

Putri malu memiliki daun yang dapat mengatup apabila disentuh. Dahannya halus, bercabang, dan berduri tajam. Namun, letak durinya jarang. Duri-duri tersebut untuk melindungi diri dari serangan musuh.

Jika tanaman putri malu dipotong, umbinya dapat bersemi. Bahkan, batangnya yang dipotong pun mampu menumbuhkan akar baru. Selanjutnya, akar tersebut tumbuh sebagai tanaman baru.

6. Bunga Raflesia

Bunga raflesia merupakan bunga raksasa. Berat bunga ini dapat mencapai tujuh kg. Bunga ini mengeluarkan bau busuk. Bau busuk tersebut menyebabkan serangga tertarik dan mendekatinya. Setelah dekat, serangga tersebut dimangsa oleh raflesia.

Selain itu, bunga raflesia juga memantulkan cahaya. Cahaya ini akan didekati oleh lalat. Ketika lalat mendekat, raflesia akan memangsanya.

Setiap jenis tumbuhan memiliki ciri khusus. Jadi masih sangat banyak lagi yang belum dibahas dalam modul BDR PJJ. Jika ingin mengetahui lebih banyak, carilah pada sumber-sumber lain. Kalian dapat menemukannya melalui buku-buku lain atau melalui internet.

Tiga Macam Adaptasi Makhluk Hidup

Adaptasi makhluk hidup dibedakan menjadi tiga. Pengertian masing-masing adaptasi adalah sebagai berikut:

  1. Adaptasi morfologi merupakan penyesuaian bentuk tubuh makhluk hidup terhadap lingkungannya. Adaptasi morfologi dapat dilihat dengan jelas. Contohnya, kaki berselaput pada bebek dan antena pada semut.
  2. Adaptasi fisiologi merupakan penyesuaian fungsi alat-alat tubuh makhluk hidup terhadap lingkungannya. Salah satunya berupa enzim yang dihasilkan oleh suatu organisme. Contohnya, bunga raflesia mengeluarkan enzim untuk menarik serangga. Sementara itu, kantong semar mengeluarkan enzim untuk membunuh serangga.
  3. Adaptasi tingkah laku merupakan penyesuaian berupa perubahan tingkah laku. Contohnya, cecak memutuskan ekornya saat ditangkap musuh. Contoh lain, putri malu mengatupkan daunnya bila disentuh.

Video Materi IPA Kelas 6 Tema 2 Subtema 1 “Ciri Khusus pada Tumbuhan”

Video pembelajaran tematik muatan Materi IPA Kelas 6 Tema 2 Subtema 1 tentang Ciri Khusus pada Tumbuhan di atas bisa kamu manfaatkan untuk memperjelas pemahaman kamu tentang materi ini. Jadi silakan pilih gaya belajar kamu ya….

Latihan Soal Materi IPA Kelas 6 Tema 2 Subtema 1 “Ciri Khusus pada Tumbuhan”

Setelah mempelajari materi modul BDR Materi IPA Kelas 6 Tema 2 Subtema 1 tentang Ciri Khusus pada Tumbuhan di atas silakan uji hasil belajar kamu menggunakan kuis online interaktif dengan link di bawah ini:

https://quizizz.com/join/quiz/5d6f1b5e370141001a6f0a70/start

Latihan Soal Materi IPA Kelas 6 Tema 2 Subtema 1 “Ciri Khusus pada Tumbuhan”

Demikianlah modul online pembelajaran individu Materi IPA Kelas 6 Tema 2 Subtema 1 tentang Ciri Khusus pada Tumbuhan yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat, selamat belajar dengan menyenangkan di mana saja dan kapan saja (maglearning.id).

Loading...

One comment

Tinggalkan Balasan