Materi IPA Kelas 4 Tema 5 Subtema 3 “Sifat Cahaya dan Alat Optik”

Materi IPA Kelas 4 Tema 5 Subtema 3 “Sifat Cahaya dan Alat Optik”

Loading...

Halo jumpa lagi dengan modul BDR online dari maglearning.id. Kali ini kita akan mempelajari materi IPA Kelas 4 Tema 5 Subtema 3 dengan kajian Sifat Cahaya dan Alat Optik.

Cahaya adalah energi berupa gelombang elektromagnetik kasat mata yang memiliki panjang gelombang 380 hingga 750 nm. Dalam dunia fisika, hal ini juga termasuk sebagai radiasi elektromagnetik.

Seperti halnya gelombang elektromagnetik, cahaya tidak memerlukan medium untuk merambat. Karena itu, cahaya dapat melintasi ruang hampa, seperti cahaya yang dihasilkan matahari dan bintang sebelum akhirnya merambat sampai ke Bumi.

Sifat Cahaya

Cahaya memiliki 4 sifat utama, yaitu:

1. Merambat lurus

Sifat cahaya merambat lurus ketika melewati satu medium. Kita bisa mengujinya dengan menyalakan lilin dan cahaya akan terpancar dengan lurus. Juga ketika kita menggunakan lampu senter di malam hari. Karena itu, sifat ini digunakan manusia contohnya pada lampu kendaraan bermotor untuk menerangi jalan.

2. Bisa menembus benda bening

Benda bening adalah benda yang dapat ditembus oleh cahaya, seperti kaca, mika, plastik bening, dan air jernih. Dengan demikian kita mampu melihat benda menembus kaca karena cahaya diteruskan dan tidak dipantulkan.

3. Bisa dipantulkan

Refleksi atau pemantulan cahaya adalah proses kembali terpancarnya cahaya dari permukaan benda yang terkena cahaya. Pemantulan cahaya dibagi menjadi dua jenis, yaitu pemantulan teratur dan pemantulan baur (difus) atau tidak teratur.

Pemantulan teratur adalah pemantulan yang berkas cahaya pantulnya sejajar. Pemantulan teratur dapat terjadi jika cahaya mengenai benda dengan permukaan yang rata dan mengilap atau licin. Salah satu benda yang dapat memantulkan cahaya dengan teratur adalah cermin. Karena itu, kita bisa melihat bayangan di cermin karena cahaya yang terpantul dari tubuh kita, memantul ke permukaan cermin, kemudian ditangkap oleh mata.

4. Bisa dibiaskan

Pembiasan cahaya adalah peristiwa ketika arah rambat cahaya dibelokkan ketika melewati dua medium dengan kerapatan yang berbeda. Sifat ini biasa digunakan manusia untuk membuat alat-alat optik.

Peristiwa pembiasan cahaya dapat kita amati di kehidupan sehari-hari, seperti dasar air yang jernih tampak lebih dangkal dari sebenarnya, sedotan atau benda lurus lain yang terlihat bengkok ketika dimasukkan ke dalam gelas berisi air, dan peristiwa fatamorgana karena berkas cahaya merambat dari udara dingin ke udara panas.

ALAT OPTIK PERISKOP

Pada dasarnya periskop adalah sebuah alat optik yang berfungsi untuk melihat secara lurus dari pengamat terhadap benda yang berada di atasnya. Contohnya adalah periskop yang digunakan oleh kapal selam. Alat yang berfungsi untuk melihat obyek di atas permukaan laut saat kapal selam menyelam adalah Periskop.

ALAT OPTIK PERISKOP

Prinsip Kerja Periskop

Prinsip kerja periskop adalah membentuk bayangan dengan melakukan pemantulan pada dua permukaan cermin datar yang dipasang atau disusun secara sejajar dan diposisikan miring agar mengarah ke pengamat, lalu pemantulan tersebut diteruskan kepada pengamat.

Prinsip Kerja Periskop

Cahaya yang dipantulkan oleh obyek akan dipantulkan oleh cermin pertama yang berada di atas cermin kedua yang dipasang sejajar. Lalu cermin kedua memantulkan kembali cahaya yang bergerak lurus dan dipantulkan oleh cermin pertama ke pengamat.

Sayangnya periskop hanya bisa melihat obyek-obyek yang segaris lurus dengan pengamat.

Video Materi IPA Kelas 4 Tema 5 Subtema 3 “Sifat Cahaya dan Alat Optik”

Video pembelajaran tematik muatan Materi IPA Kelas 4 Tema 5 Subtema 3 tentang Sifat Cahaya dan Alat Optik di atas bisa kamu manfaatkan untuk memperjelas pemahaman kamu tentang materi ini. Jadi silakan pilih gaya belajar kamu ya….

Latihan Soal Materi IPA Kelas 4 Tema 5 Subtema 3 “Sifat Cahaya dan Alat Optik”

Setelah mempelajari materi modul BDR Materi IPA Kelas 4 Tema 5 Subtema 3 tentang Sifat Cahaya dan Alat Optik di atas silakan uji hasil belajar kamu menggunakan kuis online interaktif dengan link di bawah ini:

https://quizizz.com/join/quiz/5e7d5efeaa22c8001d9b222f/start

Latihan Soal Materi IPA Kelas 4 Tema 5 Subtema 3 “Sifat Cahaya dan Alat Optik”

Demikianlah bahan ajar online Materi IPA Kelas 4 Tema 5 Subtema 3 tentang Sifat Cahaya dan Alat Optik yang bisa kami sajikan. Semoga bermanfaat, selamat belajar dengan menyenangkan (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan