Pengertian Kewargaan Digital Adalah ini jawabannya !

Pengertian Kewargaan Digital Adalah ? ini jawabannya !

Loading...

Pengertian kewargaan digital adalah norma perilaku yang tepat dan bertanggung jawab atas penggunaan teknologi dengan baik dan benar. Untuk penjelasan lebih lengkap tentang apa itu kewargaan digital silakan simak tulisan ini baik-baik ya.

Dunia maya sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat modern. Hampir tidak ada satu pun sisi kehidupan manusia yang tidak terlepas dari peran dunia maya. Mulai dari kesehatan, pendidikan, sampai persoalan kulineran.

Dalam hal berkomunikasi, dunia maya tidak jauh berbeda dengan dunia nyata. Komunikasi antar individu, maupun beberapa individu sekaligus dapat terjadi baik di dunia maya maupun dunia nyata.

Tidak heran, berbagai karakteristik, pribadi, ide, maupun tujuan yang berbeda dapat tertuang di dunia maya. Namun, sifat dunia maya yang tidak mempertemukan individu-individu tersebut secara langsung dapat mendorong menipisnya, bahkan hilangnya norma-norma sopan santun, tanggung jawab, dan etiket dalam berkomunikasi.

Apakah Anda menggunakan Internet untuk berbagi pakai (share) informasi tentang diri Anda dan rekan lain, berkomunikasi dengan kawan-kawan, mengomentari yang Anda lihat secara daring, bermain gim, mengunduh bahan untuk mengerjakan tugas, atau membeli barang secara daring?

Apa itu Warga Digital ?

Kita semua saat ini adalah bagian dari warga digital. Apa itu warga digital ?

Warga digital adalah orang yang sadar apa yang baik apa yang salah, menunjukkan kecerdasan perilaku teknologi, dan membuat pilihan yang tepat ketika menggunakan teknologi. Warga digital adalah individu yang memanfaatkan TI (teknologi informasi) untuk membangun komunitas, bekerja, dan berekreasi.

Warga digital secara umum telah memiliki pengetahuan dan kemampuan mengoperasikan TI untuk berkomunikasi maupun mengekspresikan sebuah ide. Contohnya berkomunikasi melalui facebook, menulis blog, mencari informasi di forum, melakukan twit di Twitter, dan lain-lain.

Sama halnya dengan warga dunia nyata, semua warga digital memiliki kewajiban untuk menjaga etiket dan norma, serta memiliki rasa tanggung jawab di dunia maya.

Mengapa kewargaan digital itu penting? Jika Anda ingin memperoleh yang terbaik dalam menggunakan Internet dan menjaga keamanan serta kesehatan Anda dan rekan, gunakan bahan-bahan berikut ini untuk mempelajari bagaimana menjadi warga digital yang positif.

Apa itu Kewargaan Digital ?

Pengertian kewargaan digital adalah norma perilaku yang tepat dan bertanggung jawab terkait dengan penggunaan teknologi yang baik dan benar. Hal ini amat penting menjadi perhatian siapa pun, baik itu orang tua, guru, pemerintah, maupun lembaga sosial lainnya.

Rentang usia warga digital mulai bergeser, seiring dengan semakin mudahnya akses teknologi, tampilan dan fitur yang semakin memanjakan pengguna, membuat anak-anak di usia belia telah dapat memanfaatkan teknologi tersebut untuk berkomunikasi, mencari dan bertukar informasi di dunia maya.

Usia yang masih belia semakin membuka kemungkinan adanya pelanggaran norma-norma maupun penyebaran informasi penting yang dapat disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Pengertian kewargaan digital adalah konsep yang dapat digunakan untuk memberikan pengetahuan mengenai penggunaan teknologi dunia maya dengan baik dan benar. Penggunaan teknologi dunia maya dengan baik dan benar memiliki banyak implikasi, pemilihan kata yang tepat dalam berkomunikasi, tidak menyinggung pihak lain dalam update status WhatsApp, tidak memberikan informasi penting kepada publik, tidak membuka tautan yang mencurigakan, dan lainnya.

Jadi pemahaman terhadap pengertian kewargaan digital menjadi sangat penting bagi setiap lapisan masyarakat. Hal ini tidak lain untuk melindungi generasi muda bangsa kita dari kemerosotan moral dan menjaga norma-norma yang berlaku di masyarakat Indonesia.

Lingkungan Kewargaan Digital Siswa

Siswa atau peserta didik secara umum masuk dalam lingkungan kewargaan digital yang ada dalam masyarakat. Minimal ada tiga lingkungan kewargaan digital di mana siswa berperan aktif di dalamnya.

  • Lingkungan pertama adalah lingkungan belajar dan akademis. Komunikasi digital telah menjadi bagian dari lingkungan belajar dan akademis, apa lagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Baik pengajar dan siswa secara aktif memanfaatkan IT dalam mencari informasi, data, maupun literatur yang digunakan untuk keperluan akademis.
  • Lingkungan kedua adalah lingkungan sekolah dan tingkah laku. Lingkungan ini sedikit berbeda dengan lingkungan akademis, lingkungan sekolah dan tingkah laku tidak hanya terkait dengan aktifitas pembelajaran. Namun, anggota lingkungan ini bisa saja adalah masyarakat sekolah dan sekitarnya.
  • Lingkungan ketiga adalah kehidupan siswa di luar lingkungan sekolah. Dimana mereka juga punya akses pada lingkungan digital di luar kehidupan sekolah, misalnya keluarga, kelompok hobi, komunitas bermain, dan lain sebagainya.

Komponen Komponen Kewargaan Digital

Kita sudah membahas bahwa pengertian kewargaan digital adalah konsep yang dapat digunakan untuk memberikan pengetahuan mengenai penggunaan teknologi dunia maya agar warga digital lebih bertanggung jawab atas segala tindakannya. Lalu apa yang menjadi komponen-komponen kewargaan digital ?

Komponen kewargaan digital dapat dibagi menjadi 9 komponen, Yaitu sebagai berikut:

  • Komponen 1. Akses Digital. Setiap orang seharusnya memiliki hak yang sama dalam mengakses fasilitas IT. Namun kemudian, setiap pengguna TIK harus menyadari bahwa tidak setiap orang memiliki kesempatan yang sama dalam mengakses teknologi, baik itu dibatasi oleh infrastruktur maupun oleh lingkungan komunitas pengguna itu sendiri.
  • Komponen 2. Komunikasi Digital. Dalam lingkungan belajar, akademis, maupun lingkungan kerja dan masyarakat umum nantinya, komunikasi merupakan kewajiban yang harus dilakukan setiap orang untuk dapat bertukar informasi dan ide. Komunikasi dapat dilakukan secara satu arah, dua arah, antarpribadi maupun komunikasi dalam forum.
  • Komponen 3. Literasi Digital. Dunia pendidikan telah mencoba untuk mengintegrasikan teknologi digital ke dalam proses belajar mengajar, sehingga siswa mampu menggunakan teknologi digital untuk mencari dan bertukar informasi.
  • Komponen 4. Hak digital. Sama halnya dengan perlindungan hak asasi di dunia nyata, para warga digital juga memiliki perlindungan hak di dunia digital. Setiap warga digital memiliki hak atas privasi, kebebasan berbicara, dll.
  • Komponen 5. Etiket digital. Sering kali pengguna teknologi digital tidak peduli dengan etiket penggunaan teknologi, tetapi langsung menggunakan produk tanpa mengetahui aturan serta tata krama penggunaannya.
  • Komponen 6. Keamanan digital. Dalam setiap komunitas terdapat individu yang mencuri karya, merusak, ataupun mengganggu individu lainnya.
  • Komponen 7. Hukum digital. Hukum digital mengatur etiket penggunaan teknologi dalam masyarakat. Warga digital perlu menyadari bahwa mencuri ataupun merusak pekerjaan, data diri, maupun properti daring orang lain merupakan perbuatan yang melanggar hukum.
  • Komponen 8. Transaksi digital. Warga digital perlu menyadari bahwa sebagian besar dari proses jual beli telah dilaksanakan secara daring.
  • Komponen 9. Kesehatan digital. Di balik manfaat teknologi digital, terdapat beberapa ancaman kesehatan yang perlu diperhatikan, seperti kesehatan mata, telinga, tangan, bahkan keseluruhan badan. Tidak hanya kesehatan fisik, kesehatan mental dapat juga terancam jika pengguna tidak mengatur penggunaan teknologi digital.

Apa itu THINK ?

Untuk menyederhanakan 9 komponen di atas, kita dapat menggunakan konsep “T.H.I.N.K.” sebelum Anda berkomunikasi di dunia digital.

Apa kepanjangan dari THINK ?  T.H.I.N.K. adalah akronim dari:

  • Is it True (Benarkah)?
  • Is it Hurtful (Menyakitkankah)?
  • Is it illegal (Ilegalkah)?
  • Is it Necessary (Pentingkah)?
  • Is it Kind (Santunkah)?

Soal Latihan Kewargaan Digital

Untuk lebih mendalami tentang apa itu pengertian kewargaan digital, silakan kerjakan soal latihan interaktif berikut ini.

https://quizizz.com/join/quiz/5e6c43fccc6c8d001b4586bd/start

Soal Latihan Kewargaan Digital

Demikianlah rangkuman kami mengenai pengertian kewargaan digital adalah ? dan jawabannya. Semoga bermanfaat dan salam sehat selalu (maglearning.id).

Loading...

One comment

Tinggalkan Balasan