Bentuk Bentuk Perubahan Sosial Budaya

Bentuk Bentuk Perubahan Sosial Budaya

Loading...

Bentuk Bentuk Perubahan Sosial Budaya – Perubahan sosial budaya meliputi berbagai hal seperti cara berpikir, berperilaku, dan alat- alat. Dalam cara berpikir masyarakat juga mengalami perubahan, misalnya perubahan dari berpikir magis ke rasional juga dari penggunaan alat dari tradisional ke alat yang lebih modern.

Kingsley Davis dalam Soerjono Soekanto (2014) mengatakan bahwa perubahan sosial adalah bagian dari perubahan kebudayaan. Perubahan dalam kebudayaan mencakup hal-hal seperti kesenian, ilmu pengetahuan, teknologi, dan filsafat. Menurutnya bentuk bentuk perubahan sosial sebagai perubahan pada sistem sosial, struktur, dan fungsi masyarakat.

Bentuk Perubahan Sosial Budaya

Perubahan sosial budaya dalam masyarakat sangat banyak dan beragam baik bentuk ataupun jenisnya. Oleh karena itu untuk mempermudah mempelajari bentuk perubahan sosial budaya perlu diklasifikasikan sebagai berikut.

Kerangka Bentuk Bentuk Perubahan Sosial Budaya

Bentuk Perubahan Sosial Dilihat dari Waktunya

Perubahan sosial yang terjadi mempunyai kecepatan atau waktu yang berbeda-beda antara masyarakat satu dengan masyarakat yang lain. Pada masyarakat tradisional kecepatan perubahan sosial budayanya lebih lambat dibandingkan dengan masyarakat modern, karena masyarakat modern lebih terbuka dan heterogen.

1). Perubahan Sosial Lambat atau Evolusi

Perubahan sosial lambat dikenal juga dengan evolusi. Perubahan sosial lambat atau evolusi merupakan perubahan sosial yang memerlukan waktu lama dan diikuti oleh rentetan perubahan kecil yang terjadi secara lambat. Perubahan sosial pada masyarakat tradisional dapat dikategorikan mengalami perubahan lambat ini. Dalam masyarakat tradisional perubahan yang terjadi kecil dan cukup lama sehingga mereka seolah tampak tidak mengalami perubahan.

2). Perubahan Sosial Cepat atau Revolusi

Revolusi industri adalah bentuk perubahan sosial budaya yang dapat dikategorikan dalam perubahan sosial cepat. Revolusi industri sebenarnya berlangsung cukup lama yaitu tahun 1750-1850. Namun karena revolusi industri mengakibatkan perubahan secara besar-besaran maka waktu 100 tahun bukan menjadi waktu yang lama.

Apakah yang dimaksud perubahan sosial budaya cepat atau revolusi? Revolusi adalah perubahan sosial yang berlangsung dalam waktu yang cepat dan hal-hal mendasar dalam masyarakat ikut mengalami perubahan.

Perubahan besar apa saja yang terjadi sebagai akibat dari revolusi industri? Perubahan besar terjadi di bidang pertanian, manufaktur, pertambangan, transportasi, dan teknologi. Revolusi industri dimulai di Britania Raya dan menyebar ke seluruh Eropa Barat, Amerika, dan Jepang.

Revolusi industri membawa akibat dalam berbagai bidang kehidupan bagi negaranya ataupun bagi negara lain, antara lain sebagai berikut.

  1. Proses mekanisasi dalam usaha industri
  2. Perdagangan makin berkembang
  3. Transportasi lancar
  4. Berkembangnya urbanisasi
  5. Terjadinya kesenjangan sosial

Selain akibat di atas, setelah adanya revolusi industri terjadi perubahan pada sendi atau dasar dari kehidupan masyarakat terutama pada lembaga kemasyarakatan.

Bentuk Perubahan Sosial Dilihat dari Pengaruhnya

1). Perubahan yang Pengaruhnya Kecil

Perubahan yang pengaruhnya kecil diikuti oleh sebagian kecil orang. Perubahan ini tidak membawa perubahan mendasar pada bidang kehidupan.

Perubahan yang pengaruhnya kecil merupakan perubahan yang tidak membawa perubahan pada unsur struktur sosial masyarakat. Perubahan yang pengaruhnya kecil artinya perubahan tersebut hanya dianut oleh sebagian kecil orang yang menyukainya saja sehingga perubahan ini tidak membawa pengaruh berarti bagi sebagian besar masyarakat.

2). Perubahan yang Pengaruhnya Besar

Perubahan yang pengaruhnya besar adalah perubahan yang membawa perubahan dalam sendi-sendi kehidupan dalam suatu masyarakat. Industrialisasi merupakan salah satu contoh dari bentuk perubahan ini.

Industrialisasi membawa pengaruh besar terhadap berbagai bidang kehidupan di masyarakat. Industrialisasi merupakan proses perubahan sosial ekonomi yang mengubah sistem mata pencaharian masyarakat agraris menjadi masyarakat industri.

Bentuk Perubahan Sosial Dilihat dari Perencanaannya

1). Perubahan yang Direncanakan/Planned Change

Perubahan yang direncanakan atau planned change adalah perubahan yang memang diinginkan dan dikehendaki oleh masyarakat atau pihak yang menginginkan perubahan. Pembangunan dapat dikatakan sebagai contoh perubahan sosial yang dikehendaki dan direncanakan. Salah satu contoh pembangunan yang dilakukan di Indonesia adalah pembangunan jalan.

2). Perubahan yang Tidak Direncanakan/Unplanned Change

Perubahan sosial budaya yang tidak direncanakan adalah perubahan yang terjadi di luar jangkauan pengawasan masyarakat. Bencana alam seperti gunung meletus, gempa bumi, banjir dan sebagainya akan membawa perubahan bagi masyarakat yang mengalaminya.

Perubahan sosial budaya yang tidak direncanakan terkadang terjadi sebagai akibat perubahan yang direncanakan. Sebagai contoh, perubahan penggunaan traktor dalam teknologi pertanian merupakan sebuah perubahan yang direncanakan. Kemajuan dan penerapan teknologi tersebut menguntungkan petani karena menghemat tenaga, waktu, dan biaya. Namun di sisi lain menimbulkan dampak yang tidak direncanakan, misalnya, banyak buruh tani kehilangan pekerjaan.

Video Pembelajaran Perubahan Sosial Budaya

Berikut ini adalah video pembelajaran untuk memperkaya pengalaman belajar Anda.

Asesmen Online Perubahan Sosial Budaya

Silakan kerjakan latihan soal berikut ini untuk mengukur sampai di mana hasil belajar Anda.

https://quizizz.com/join/quiz/5d9c77609aad21001aef4fb2/start

Asesmen Online Bentuk Bentuk Perubahan Sosial Budaya

Demikianlah rangkuman materi Bentuk Bentuk Perubahan Sosial Budaya dari kami. Semoga bermanfaat dan selamat belajar dengan menyenangkan (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan