Bagaimana Cara Mendidik Anak di Usia Emas

Bagaimana Cara Mendidik Anak di Usia Emas ?

Loading...

Bagaimana Cara Mendidik Anak di Usia Emas ? Tuhan memberikan kita anak sebagai titipan yang harus diperlakukan dengan baik. Kita harus merawatnya, memberi tempat tinggal yang layak, mencurahkan kasih sayang, dan mendidiknya.

Mendidik anak adalah suatu kewajiban yang harus diberikan untuk anak. Agar anak bisa memaksimalkan daya pikirnya dan memiliki Budi pekerti luhur. Terlebih bila anak sudah mulai memasuki usia golden age alias usia emas. Anak akan mengalami perkembangan otak dan fisik yang cepat. Biasanya usia golden age anak, saat memasak usia menjelang 5 tahun.

Golden age atau periode emas adalah tahapan pertumbuhan dan perkembangan yang paling penting  pada masa awal kehidupan anak. Golden age meliputi 1000 hari pertama kehidupan anak yang dihitung dari masa dalam kandungan sampai dengan usia anak mencapai dua tahun.

Masa golden age sangat penting dan perlu diperhatikan khusus oleh orang tua. Pada masa golden age otak bertumbuh secara maksimal, begitu pula pertumbuhan fisik. Sekitar 80 persen otak anak berkembang pada periode yang disebut dengan “golden age”, atau masa-masa keemasan, usia 0 hingga lima tahun. Pada masa-masa tersebut, peran orang tua sangat dibutuhkan dalam mengawasi tumbuh dan berkembangnya otak anak.

Selain itu, masa tersebut juga terjadi perkembangan kepribadian anak dan pembentukan pola perilaku, sikap, dan ekspresi emosi. Jika berbagai kebutuhan anak diabaikan pada masa golden age, anak dikhawatirkan mengalami tumbuh kembang yang kurang optimal.

Lalu bagaimana caranya mendidik anak di usia emas nya ? Silakan simak artikel di bawah ini

Rajin memberi rangsangan yang tepat

Kunci keberhasilan pendidikan anak pada saat usianya memasuki usia emas adalah pemberian rangsangan yang tepat. Ada dampak positif saat orang tua berhasil memberikan rangsangan yang tepat yaitu anak akan memiliki kepercayaan diri yang tinggi karena orang tua hadir untuk memotivasi dan meyakinkan anak akan potensinya. Anak akan lebih mandiri, karena orang tua melatih anaknya untuk berusaha agar mendapat apa yang ia mau. Anak juga akan pintar beradaptasi karena diperkenalkan dengan sosialisasi.

Buat belajar anak jadi menyenangkan

Buatlah anak nyaman saat belajar. Caranya dengan membuat suasana belajar jadi menyenangkan. Anak akan lebih mudah menerima pendidikan saat ia merasa senang dan nyaman. Anak-anak juga akan menuruti perintah dari orang tua.

Kombinasikan pelajaran dengan hal-hal yang disukai anak. Seperti belajar berhitung dengan puzzle, belajar membaca dengan aplikasi game dan lain sebagainya. Dengan metode belajar seperti ini anak akan lebih cepat menyerap pengetahuan baru.

Beri perhatian dan kasih sayang kepada anak

Saat memasuki periode anak usia emas, tentu kemampuan emosional berkembang sangat cepat. Maka dari itu orang tua harus setia mendampingi anak dengan penuh perhatian dan rasa kasih sayang. Agar nantinya anak memiliki kepentingan yang baik terhadap sesamanya.

Ingat bahwa anak meniru dan mengingatkan perilakunya kita sehari-hari. Hindari membentak anak, menggunakan kata-kata kasar dan melakukan kekerasan fisik kepadanya. Hal ini tidak akan meminta anak berkembang. Anak malah menjadikan trauma dan besar kemungkinannya akan melakukan hal yang sama terhadap orang lain.

Jadilah pendengar yang baik untuk anak

Pada saat anak berada di fase golden age, ia mungkin akan belajar mengeksplorasi kemampuan bicaranya, ia mungkin akan berkomentar terhadap apa yang terjadi di sekitarnya, anak juga akan menanyakan berbagai hal yang ingin diketahuinya.

Kita sebagai orang tua harus menjadi pendengar yang baik untuk anak, beri mereka waktu untuk anak Berbicara dan kita memberikan tanggapan yang sesuai dengan apa yang ia harapkan. Ini juga akan melatih anak untuk berani mengutarakan pendapatnya. Demikianlah bahasan sederhana kami tentang bagaimana caranya mendidik anak di usia emas nya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di lain kesempatan (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan