Empat Cara Mengatasi Anak Malas Mengaji

Empat Cara Mengatasi Anak Malas Mengaji

Loading...

Empat Cara Mengatasi Anak Malas Mengaji – Membaca al-Quran merupakan sebuah ibadah yang sangat mudah untuk dilakukan dan terbilang sangat fleksibel. Selain itu, balasan untuk orang-orang yang membaca al-Quran juga terbilang fantastis. Allah akan memberikan ganjaran berupa kebaikan-kebaikan, mulai dari pahala yang besar hingga akan dibersamakan dengan bidadari di akhirat nanti.

Hanya saja, dengan banyaknya tantangan masa kini, membaca al-Quran tampaknya sudah mulai sulit dikerjakan oleh banyak orang, hal ini karena banyaknya media sosial yang bahkan bisa menyita waktu seharian. Maka, sudah seharusnya seorang anak dididik sedari kecil agar istiqamah dalam menjalankan ibadah yang luar biasa ini.

Nah, jika Anda mempunyai anak yang sulit membaca al-Quran, alias malas, mungkin bisa mencoba beberapa cara mengatasi anak yang malas untuk mengaji di bawah ini. Cara-cara di bawah ini sangat penting untuk Anda terapkan agar al-Quran menjadi prioritas utama di dalam hatinya, sehingga godaan media sosial atau godaan yang lain akan kalah.

Bertanya Mengapa Anak Malas Mengaji

Bertanya adalah salah satu cara yang paling jitu untuk menemukan titik permasalahan sekaligus mencari solusi. Dalam urusan anak yang malas membaca al-Quran juga sama. Anda bisa bertanya lebih dulu kepada anak, tanyakan mengapa anak malas untuk mengaji.

Agar mendapatkan jawaban yang tepat, Anda juga harus menanyai anak di waktu yang tepat. Anda dapat memancing anak dengan beberapa kisah  misalnya, atau dengan bermain. Setelah asyik dan merasa enjoy, Anda baru mulai menanyainya. Alasan yang diungkapkan anak bisa membuat Anda memutuskan bagaimana cara mengatasinya.

Memahamkan Anak Akan Pentingnya Mengaji

Mungkin, salah satu faktor yang membuat anak malas untuk mengaji adalah ketidaktahuannya akan pentingnya aktivitas ini. Maka, cobalah utnuk memberikan penjelasan yang sederhana, mengapa sebenarnya seorang muslim harus membaca al-Quran, dan mengapa seorang muslim harus beribadah.

Anda tidak harus bergantung pada guru ngaji anak Anda di sekolah, karena bagi seorang anak, Andalah guru pertamanya, sehingga menjelaskan tentang pentingnya membaca al-Quran juga menjadi tanggung jawab Anda.

Jelaskan padanya, bahwa membaca al-Quran merupakan salah satu ibadah yang meski dilakukan oleh semua orang yang beragama Islam. 

Menciptakan Suana Belajar yang Menyenangkan

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menciptakan sebuah suasana belajar yang memang menyenangkan. Hal ini sangat penting Anda perhatikan, karena dengan suasana belajar yang menyenangkan dapat menghilangkan rasa bosan anak Anda selama belajar. Jadi, memperhatikan suasana belajar bukan hanya berlaku pada sistem belajar formal saja ya, tapi juga belajar non formal. Tips sederhana ini sering terbukti ampuh dalam mengatasi anak malas mengaji.

Mengapresiasi Anak

Jangan lupa untuk memberikan apresiasi kepada anak Anda atas apa pun yang sudah dicapainya. Ada banyak kok bentuk apresiasi, misalnya dengan memuji anak atau memberinya sebuah hadiah kecil.

Sekecil apa pun apresiasi yang Anda beri biasanya akan memberikan efek yang baik bagi perkembangan pribadi dan belajar seorang anak. Jadi, mulailah untuk ringan memberikan berbagai apresiasi.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika anak Anda malas atau susah mengaji. Usahakan untuk tetap sabar ketika mengajari anak ya, karena perkembangan dan tingkat kecerdasan setiap anak berbeda, maka Anda harus selalu sabar dan berusaha memberikan pendidikan yang terbaik.

Seiring dengan berjalannya waktu, anak Anda pasti mulai memahami esensi mengapa ia harus mengaji. Maka, jangan pernah bosan untuk mengajarkan anak Anda. Demikianlah ulasan kami mengenai empat cara mengatasi anak malas mengaji. Semoga informasi sederhana ini bisa bermanfaat buat Anda, dan Allah mudahkan kita dalam mendidik anak-anak kita agar menjadi ahlul Quran (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan