Jenis Bunga Anggrek Yang Hidup Di Indonesia

Jenis Bunga Anggrek Yang Hidup Di Indonesia

Loading...

Jenis Bunga Anggrek Yang Hidup Di Indonesia – Ada berbagai jenis bunga yang bisa ditemukan di bumi Nusantara dan salah satunya adalah bunga anggrek. Bahkan pemerintah sampai membuat undang-undang khusus dalam bentuk Perpu No 7 tahun 1999 untuk melindungi bunga ini dari kepunahan.

Kita patut bangga karena Indonesia merupakan salah negara dengan jenis keanekaragaman anggrek terbanyak di dunia setelah Brazil. Lebih dari 6000 jenis anggrek bisa ditemukan di negara tercinta ini

Untuk mengenal lebih dekat dengan jenis jenis bunga anggrek yang hidup di Indonesia silakan simak artikel di bawah ini:

Anggrek Bulan

Jenis anggrek ini memang fenomenal keindahannya. Anggrek bulan tersohor melalui sebuah lagu yang dinyanyikan beberapa penyanyi Indonesia seperti Chrisye, Rano Karno dan Pinkan Mambo. Anggrek ini mempunya warna yang begitu menenangkan perpaduan antara warna putih dan kuning, mirip dengan rona sinar bulan pada malam hari.

Anggrek Kasut Kumis

Jenis anggrek kedua yang tersebar di Indonesia adalah Anggrek Kasut Kumis. bentuknya unik berbeda dari anggrek lain. Secara kasat mata mirip dengan tumbuhan kantong Semar. Anggrek kasur kumis memiliki mahkota berbentuk kantong dengan tambahan bulu yang terlihat jelas. Bunga bernama latin paraphalaenopsis chamberlainianum memiliki warna dominan ungu, hijau dan putih.

Anggrek Kebutan

Ini adalah salah satu jenis anggrek yang dilindungi kelestariannya oleh pemerintah, karena jumlahnya di alam sangat terbatas. Alasan kenapa diberi nama anggrek kebutan karena jumlah bunganya yang banyak dan berkerumun. Anggrek kebutan begitu cantik tampilannya dengan warna oranye yang mengkilap. Agar tidak punah bunga wajib dijaga bersama-sama.

Anggrek Sendok

Anggrek sendok atau dengan nama latin spathoglottis zurea ini memiliki bentuk mahkota yang mirip sendok. Mahkotanya ramping memanjang, dibalut dengan warna kuning yang cerah. Anggrek sendok memiliki lebih dari 80 Spesial dan sering ditemukan di tempat jual beli tanaman hias karena mudah dirawat.

Anggrek Dendrobium

Jenis bunga anggrek Dendrobium merupakan salah satu jenis anggrek yang banyak menyihir orang. Anggrek dendrobium begitu populer dan sering menjadi incaran banyak orang. Anggrek ini memiliki warna yang dapat menyihir siapa saja. Dengan ciri khas warnanya, ungu, kuning dan putih, tentunya sangat cocok dijadikan penghias dekorasi rumah.

Anggrek Tebu

Jika sobat tertarik memiliki anggrek yang berukuran besar bisa memilih anggrek bulan. Anggrek bulan merupakan spesies anggrek yang besar bahkan beratnya bisa mencapai 1 ton dan menjulang tinggi hingga 3 Meter. Karena ciri fisik seperti itulah Anggrek ini dijuluki anggrek harga harimau. Corak anggrek ini berbintik-bintik kecokelatan dan menimbulkan kesan pemberi saat dijadikan dekorasi rumah

Anggrek Hitam

Indonesia memang kaya akan jenis Berbagai anggrek salah satunya anggrek hitam. Anggrek ini banyak ditemukan di Sumatera, Kalimantan dan semenanjung Melayu. Anggrek ini sangat sulit ditemukan, karena habisnya ekosistem alam, akibat ulah manusia. Anggrek yang berwarna hitam ini juga termasuk jenis anggrek yang dilindungi.

Nah, itulah beberapa jenis bunga anggrek khas Indonesia yang bisa kami sampaikan. Sebenarnya masih ada puluhan bahkan ratusan varian bunga anggrek dengan karakteristik Indonesia, namun beberapa jenis di atas adalah terasuk yang paling populer dan banyak menjadi primadona pecinta tanaman hias.

Semoga sedikit tulisan hiburan ini bisa bermanfaat dan selamat berkebun seraya menikmati kekayaan alam Indonesia yang tak terkira (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan