Jenis Jenis Sejarah dan Penjelasannya

Jenis Jenis Sejarah dan Penjelasannya, apa saja ?

Loading...

Jenis Jenis Sejarah dan Penjelasannya – Kisah manusia pada masa lampau hampir seluas kehidupan manusia itu sendiri. Sejarah merupakan bidang yang demikian luas, sehingga mereka yang berkecimpung di dalamnya membagi-bagainya atas bagian-bagian yang lebih kecil sesuai dengan berbagai aspek kehidupan.

Ada dua macam pembagian sejarah berdasarkan lapangan khusus. Pertama pembagian atas dasar ruang lingkup geografis, Yakni : Sejarah Dunia, Sejarah Wilayah Regional, Sejarah Nasional, Sejarah Daerah, Sejarah Desa dan Sejarah Kota. Kedua, Pembagian sejarah tematis, Antara lain: Sejarah politik, Sejarah Ekonomi, Sejarah sosial, Sejarah Budaya, Sejarah Hukum, Sejarah Konstitusi, Sejarah militer, Sejarah Maritim, Sejarah Pendidikan dan Lain sebagainya.

Jenis Jenis Sejarah Menurut Wilayahnya

Ada 3 jenis-jenis sejarah berdasarkan wilayahnya, yaitu sejarah lokal atau regional, sejarah nasional dan sejarah global atau dunia.

  1. Sejarah Lokal / Regional. Pengertian sejarah lokal atau regional adalah sejarah yang menggambarkan peristiwa di suatu daerah atau wilayah dalam lingkup lokal saja.
  2. Sejarah Nasional. Pengertian sejarah nasional adalah sejarah yang menggambarkan peristiwa di suatu daerah yang memiliki dampak pada suatu negara atau secara nasional.
  3. Sejarah Global / Dunia. Pengertian sejarah dunia atau global adalah sejarah yang menggambarkan peristiwa di suatu daerah yang memberi dampak secara global atau internasional.

Macam-Macam Sejarah Menurut Bidangnya

Ada 5 macam-macam sejarah berdasarkan jenis-jenis bidangnya, di antaranya adalah sejarah politik, sejarah sosial, sejarah ekonomi, sejarah kebudayaan dan sejarah intelektual.

  1. Sejarah Politik. Pengertian sejarah politik adalah peristiwa di masa lampau yang terjadi akibat masalah dan faktor politik meliputi tokoh politik, sistem pemerintahan, kekuasaan, kepemimpinan, peperangan dan lain-lain.
  2. Sejarah Sosial. Pengertian sejarah sosial adalah peristiwa di masa lampau yang terkait dengan isu sosial yang berkembang di masyarakat di zaman tersebut.
  3. Sejarah Ekonomi. Pengertian sejarah ekonomi adalah sejarah yang membahas tentang masalah dan konsep ekonomi yang terjadi di masa lampau.
  4. Sejarah Kebudayaan. Pengertian sejarah kebudayaan adalah sejarah yang membahas tentang kehidupan manusia yang berkaitan dengan kebudayaan yang berkembang di masyarakat.
  5. Sejarah Intelektual. Pengertian sejarah intelektual adalah sejarah yang membahas tentang ide, cara berpikir manusia terkait ideologi politik, idealisme jiwa, dan pandangan terhadap norma dan nilai di masyarakat.

Jenis Jenis Sejarah Menurut Tujuannya

Ada 3 jenis-jenis sejarah jika diklasifikasikan berdasarkan konsep dan tujuannya, yaitu sejarah ilmiah, sejarah warisan serta sejarah ideologi.

  1. Sejarah Ilmiah atau Akademik. Pengertian sejarah ilmiah atau akademik adalah sejarah yang ditulis dengan gambaran yang jelas terkait masa lampau yang didasari oleh tradisi akademik.
  2. Sejarah Warisan. Pengertian sejarah warisan adalah sejarah yang ingin memberi semangat dan eksistensi di mana ciri utamanya menampilkan kisah pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan.
  3. Sejarah Ideologi. Pengertian sejarah ideologi adalah sejarah yang mempelajari masa lalu demi simbol-simbol dan lambang yang bisa digunakan pada zaman sekarang.

Macam-Macam Sejarah Menurut Isinya

Ada 3 jenis-jenis sejarah jika diklasifikasikan berdasarkan isi dan kebenarannya, yaitu sejarah palsu, sejarah rekayasa serta sejarah asli.

  1. Sejarah Palsu. Pengertian sejarah palsu adalah sejarah yang tidak pernah ada, tetapi kemudian diadakan dan dibenarkan demi maksud dan tujuan tertentu.
  2. Sejarah Rekayasa. Pengertian sejarah rekayasa adalah sejarah yang dibuat dengan rekayasa, artinya sejarah tersebut memang benar terjadi tapi dilakukan penambahan dan pengurangan dari sudut pandang dan sisinya.
  3. Sejarah Asli. Pengertian sejarah asli adalah sejarah yang menceritakan sebuah sejarah yang terjadi tanpa adanya rekayasa dan betul-betul asli.

Jenis Jenis Sejarah Menurut Waktunya

Ada 3 jenis-jenis sejarah jika diklasifikasikan berdasarkan waktunya, yaitu sejarah masa lalu, sejarah masa kini serta sejarah masa depan.

  1. Sejarah Masa Lalu. Pengertian sejarah masa lalu adalah sejarah yang terjadi di masa lalu, sebagian besar masih tersembunyi  dan sebagian sudah diketahui pada masa kini.
  2. Sejarah Masa Kini. Pengertian sejarah masa kini adalah sejarah yang sudah benar-benar diketahui pada masa kini dan dibuktikan dengan bukti-bukti yang kuat berupa tulisan maupun benda bersejarah.
  3. Sejarah Masa Depan. Pengertian sejarah masa depan adalah sebuah peristiwa yang terjadi pada saat ini apabila ada usaha untuk menyajikannya.

Dalam penulisan sejarah di Indonesia di Kenal ada tiga bentuk tulisan berdasar ruang dan waktu, yaitu penulisan sejarah Lokal, Nasional dan Global. Sedang apabila ditinjau dari isi dan tujuan penulisan sejarah dapat di bedakan menjadi kisah-cerita, bentuk didaktis, bentuk dramatis bentuk Heroik, bentuk patriotis, bentuk sastra politik dan bentuk karya sejarah ilmiah.

Penulisan sejarah tradisional meliputi ciri-ciri sebagai berikut ini :

  1. Pada Umumnya karya-karya tersebut kuat dalam hal geneologi, Kronologi dan biografi.
  2. Tekanannya pada gaya cerita yang penggunaannya untuk pengajaran agama.
  3. Pertimbangan-pertimbangan kosmologis dan strologis cenderung untuk menyimpangkan mengenai sebab akibat dan ide kemajuan.
  4. Lebih menekankan konsep kemajuan raja dan kesetiaan atau loyalitas yang bercorak ortodoks.

Penulisan sejarah kolonial lebih bercorak, Nederlandosentrrisme atau Eropasentrisme, dengan penekanan pada aspek politis, ekonomis dan institusional. sedangkan penulisan sejarah Nasional terdapat dua ciri yang menonjol, yaitu penggunaan metode-metode ilmiah secara terampil dan histografi untuk kepentingan nasional seperti tumbuh dan berkembangnya nasionalisme.

Menurut Taufik Abdullah dan Abdurahman Surjomihardjo (1985) penulisan sejarah Indonesia dibedakan atas tiga jenis penulisan, Yaitu :

  1. Sejarah ideologis, mempelajari masa lampau (sejarah) tidak semata-mata demi pengetahuan masa lampau tetapi demi lambang yang bisa diadakan untuk masa kini.
  2. Sejarah Pewarisan, Ciri utamanya adalah kisah kepahlawanan perjuangan kemerdekaan.
  3. Sejarah Akademik, Sejarah jenis ini tidak bersifat ideologis dan tidak bersifat filosofis, penulisan sejarah ini berusaha memberikan gambaran yang jelas mengenai masa silam yang ditopang dengan tradisi akademik.

Latihan Soal Penilaian Harian

Setelah belajar materi sejarah Indonesia di atas, silakan kerjakan latihan soal penilaian harian berikut ini.

https://quizizz.com/join/quiz/5db914dc76a6c8001bdbf992/start

Latihan Soal Penilaian Harian jenis sejarah

Demikianlah bahasan kami mengenai jenis jenis sejarah Indonesia beserta penjelasannya. Semoga bermanfaat dan sampai ketemu lagi dengan maglearning.id.

Loading...

Tinggalkan Balasan