Manfaat Komunitas Konsumen Bagi Sebuah Produk

Manfaat Komunitas Konsumen Bagi Sebuah Produk

Loading...

Manfaat Komunitas Konsumen Bagi Sebuah Produk – Membangun komunitas adalah salah satu kunci pemasaran dan pencitraan merek sebuah produk. Anda bisa saja menggelontorkan dana maksimal untuk semua strategi tapi bila tanpa diintegrasikan dengan strategi untuk membangun komunitas, tidak akan menemui hasil yang maksimal.

Apa itu komunitas konsumen ? sebenarnya lebih tepat disebut dengan komunitas merek, tapi banyak juga yang mengatakan komunitas konsumen karena anggotanya hampir seluruhnya adalah konsumen suatu merek.

Komunitas konsumen (merek) atau brand community adalah sekumpulan orang yang memiliki peran besar dalam memperkuat suatu merek (brand). Kelompok orang yang dimaksud tentu saja bukan karyawan perusahaan tersebut, melainkan customer yang telah terikat pada suatu brand.

Ada juga yang mengatakan bahwa brand community adalah tempat berkumpulnya orang-orang yang memiliki hubungan emosional dengan sebuah brand. Mereka dapat terhubung satu sama lain dan dapat terhubung juga dengan suatu brand.

Kelompok tersebut kemudian dianggap sebagai bagian dari brand itu sendiri. Komunitas konsumen atau Brand community adalah komunitas yang dibentuk atas dasar keterikatan pada suatu produk atau brand.

Banyak perusahaan memanfaatkan brand community ini sebagai strategi branding dan bisnis mereka. Terutama untuk merek-merek yang sudah mempunyai sejarah cukup panjang. Yang paling ikonik adalah kebangkitan Harley-Davidson yang dimulai dari terbentuknya brand comunity.

Pentingnya mengetahui Manfaat Komunitas Konsumen Merek Produk

Komunitas semakin penting bagi bisnis, kita bisa melihatnya melalui fenomena pemasaran customer-centric, di mana perusahaan memusatkan fokus pada kebutuhan pelanggan. Mendapatkan pelanggan tidak mudah, maka pelanggan yang sudah ada merupakan aset bagi perusahaan.

Kini mempertahankan loyalitas pelanggan menjadi bentuk investasi pertumbuhan perusahaan. Tentunya untuk mempertahankan loyalitas, perusahaan harus mampu memenuhi kebutuhan mereka. Komunitas penting karena itu merupakan bagian dari pelanggan. Melalui membership komunitas, kita bisa memberikan penawaran-penawaran menarik bagi anggotanya.

Dalam membangun sebuah merek, komunitas kini berperan sebagai media promosi, sarana membangun loyalitas, dan juga menjadi alat riset pasar sebelum perusahaan merilis suatu produk. Komunitas juga sebenarnya bisa menjadi public relation bagi perusahaan.

Kita bisa mengambil contoh dari usaha Polygon yang masuk ke komunitas Bike to work. Awalnya Polygon berkerjasama dalam bentuk penyediaan sepeda bagi komunitas. Lalu komunitas memberikan desain yang diinginkan anggotanya. Setelah itu, saat Polygon merilis sepeda tersebut dengan harga sekitar 1 jutaan, ternyata sukses di pasaran. Hal yang paling penting dalam membentuk komunitas yang sustainable adalah komitmen dan konsistensi.

Komunitas yang kita bangun dapat membuat kegiatan menjadi efektif dan langsung mengenai sasaran konsumen yang akan dituju sehingga memiliki dampak langsung yang besar terhadap penjualan produk.

Kita juga bisa mengenal dan mempelajari lebih jauh karakteristik konsumen (seperti : demografi konsumen, preferensi, dan lifestyle), dapat mengetahui keinginan konsumen, serta memperoleh informasi tentang ide produk baru yang sesuai dengan kemauan konsumen.

Secara umum manfaat komunitas konsumen bagi sebuah merek produk adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan brand awareness
  • Mendapat pandangan tentang produk atau jasa
  • Memperkuat nilai brand
  • Mencapai customer success
  • Memudahkan brand untuk berinteraksi dengan konsumen dan mendapat kepercayaan
  • Meningkatkan brand loyalty
  • Mendapat berbagai masukan dan mengetahui inovasi yang benar-benar dibutuhkan

Cara Membangun Komunitas Konsumen

Komunitas merupakan duta merek yang secara otomatis menjadi media promosi kepada masyarakat yang lebih luas. Melalui komunitas akan menimbulkan citra merek yang baik, kesadaran akan merek yang tinggi, serta loyalitas atas merek yang kuat.

Berikut beberapa tips dalam membangun sebuah komunitas:

  1. Definisikan brand dengan baik seuai dengan visi misi dan target konsumen.
  2. Tentukan tujuan dan matriks keberhasilan dari sebuah brand community bagi perusahaan.
  3. Pastikan membangun komunitas yang sesuai dengan nilai dan manfaat dari merek.
  4. Bangun interaksi yang sering dan dekat dengan anggota komunitas.
  5. Buat kegiatan atau gerakan yang melibatkan anggota komunitas secara aktif agar muncul ikatan emosional kepada merek Anda.
  6. Update informasi secara konsisten yang berguna bagi anggota komunitas.
  7. Berikan sarana agar anggota komunitas dengan secara “sukarela” menceritakan, membagikan, dan membela merek Anda.
  8. Tunjukkan kepedulian sebagai merek dan sebagai sesama anggota jika ada anggota komunitas yang membutuhkan bantuan.
  9. Alokasikan biaya secara terencana dalam rangka membangun komunitas.
  10. Bangun peraturan yang berlaku bagi semua anggota komunitas yang tentunya disepakati dan di jalankan secara sukarela.

Demikianlah bahasan sederhana kami manfaat komunitas konsumen bagi sebuah merek produk. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di lain kesempatan (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan