Fungsi Public Relation Dalam Perusahaan

Fungsi Public Relation Dalam Perusahaan (Organisasi)

Loading...

Fungsi Public Relation dalam perusahaan atau organisasi sangat vital bagi sebuah perusahaan/organisasi yang menganut sistem terbuka untuk mengelola hubungan atau interaksi serta komunikasi dengan pihak-pihak luar. Kehadiran Public Relations (PR) dalam organisasi menjadi sangat diperlukan karena PR lah yang bertugas sebagai perantara atau penghubung antara organisasi dengan lingkungannya.

Secara fungsional, PR tidak harus ada sebagai state of being atau sebuah bagian tersendiri (yang memiliki fasilitas ruang pemimpin dan staf tersendiri. Secara struktural, PR telah terlembagakan ke dalam bagian tersendiri.

Dalam hal ini, Djanaid (2000) mengklasifikasikan Public Relations menjadi dua, yaitu sebagai state of being dan method of communication. Dalam method of communication, PR dipahami sebagai sebuah aktivitas yang berhubungan dengan publik melalui pendekatan komunikasi yang dilakukan oleh siapa saja yang berada dalam organisasi. Sedangkan dalam state of being, PR telah terlembagakan ke dalam bagian-bagian struktur organisasi.

Berikut beberapa faktor yang memengaruhi keberadaan PR dalam organisasi:

  1. Besar kecilnya organisasi. Hal ini mencakup kemampuan sumber daya yang dimiliki organisasi.
  2. Kemauan pemimpin. Beberapa kalangan memandang istilah media relations officer lebih tepat daripada public relations officer (jika yang diangkat itu adalah petugas humas untuk mengelola hubungan dengan media massa).

Istilah journalist in house juga dipandang lebih tepat disematkan untuk petugas humas yang diberi wewenang dan tugas mengelola media internal. Cutlip, Center, dan Broom (1985) menggambarkan kedudukan PR dalam sebuah organisasi: Posisi PR idealnya diletakkan sejajar dengan fungsi-fungsi penting organisasi lainnya. Sebuah organisasi besar biasanya memiliki tiga lini manajemen, yaitu manajemen lini atas, manajemen lini tengah (middle line management), dan manajemen lini bawah (lower line management).

PENTINGNYA FUNGSI PUBLIC RELATION BAGI ORGANISASI

Dalam organisasi atau perusahaan, Public Relations memiliki peran penting bagi kelangsungan dan kelancaran proses pekerjaan. Berikut peran penting Public Relations dalam organisasi atau perusahaan menurut Lattimore, dkk. (2010):

  1. Peran Public Relations sebagai teknisi. Artinya, PR mewakili sisi seni yang mencakup aktivitas menulis, mengedit, mengambil foto, menangani produksi komunikasi, membuat event khusus, dan melakukan kontak telepon dengan media. Kegiatan ini menitikberatkan pada implementasi strategi komunikasi manajemen yang menyeluruh.
  2. Peran Public Relations sebagai manajer. Artinya, PR berfokus pada kegiatan membantu organisasi untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah terkait Public Relations. Misalnya, manajer PR memberi saran kepada manajer senior tentang kebutuhan komunikasi atau manajer PR bertanggung jawab terhadap pencapaian organisasi skala luas.

TUJUAN PUBLIC RELATIONS

Tujuan utama Public Relations adalah menciptakan, mempertahankan, dan melindungi reputasi perusahaan atau organisasi. Public Relations juga bertujuan untuk memperluas prestise dan menampilkan citra-citra yang mendukung. Riset menunjukkan bahwa konsumen atau pelanggan lebih sering melakukan buying decision atau keputusan pembelian berdasarkan citra perusahaan.

Intinya, tujuan utama Public Relations (sesuai tujuan utamanya) adalah

  1. Untuk mengevaluasi sikap dan opini publik.
  2. Untuk merumuskan dan mengimplementasikan prosedur dan kebijakan organisasi terhadap komunikasi organisasi atau perusahaan dengan publik.
  3. Untuk mengoordinasikan program-program komunikasi.
  4. Untuk mengembangkan hubungan dan goodwill lewat proses komunikasi dua arah.
  5. Untuk mengembangkan hubungan positif antara organisasi dan publik.

MANFAAT PUBLIC RELATIONS BAGI ORGANISASI

Loading...

Berikut manfaat Public Relations dalam Jefkins (1998):

1. Manajemen Krisis.

Beberapa dekade belakangan, boleh dikatakan hampir seluruh organisasi pernah mengalami krisis. Oleh karena itu, para pemimpin dan pihak manajemen organisasi pun mulai menyadari pentingnya serangkaian persiapan dan kesiapan tersendiri untuk mengatasi berbagai masalah mendesak. Terlebih yang berkaitan dengan hubungan pers atau media. Setiap organisasi atau perusahaan perlu membentuk sebuah tim permanen untuk manajemen krisis.

2. Penerbitan Desktop.

Sistem penerbitan desktop memiliki banyak manfaat. Namun, organisasi membutuhkan operator yang berdedikasi. Kebanyakan waktu editor saat ini masih dihabiskan untuk metode pengeditan konvensional. Mereka masih menggunakan pensil, tumpukan kertas, dan logam-logam pembentuk huruf.

3. Identitas Perusahaan.

Salah satu tanggung jawab staf PR adalah menciptakan identitas perusahaan. Hal ini menyangkut semua aspek organisasi secara keseluruhan dan menjadi bagian yang sangat penting dari keseluruhan komunikasi yang dijalankan organisasi.

Loading...

4. Hubungan-Hubungan Parlementer.

Dalam konteks ini, hubungan parlementer adalah hubungan-hubungan antara berbagai organisasi (baik secara langsung maupun melalui perantara konsultan khusus) dengan pihak pemerintah, anggota parlemen, serta birokrat dari berbagai departemen dan instansi pemerintah.

Hubungan parlementer biasanya terdiri dari dua unsur:

  1. Upaya-upaya mendorong para politisi dan pejabat pemerintah untuk menyadari atau mengetahui kepentingan dari suatu organisasi atau perusahaan.
  2. Upaya-upaya memperoleh berbagai informasi bagi organisasi atau perusahaan yang bersangkutan agar masing-masing orang mengetahui adanya peraturan atau undang-undang baru yang sedikit banyak akan menimbulkan dampak tertentu terhadapnya.

5. Public Relations Keuangan.

Para konsultan Public Relations yang mengkhususkan kegiatannya di bidang keuangan (Public Relations keuangan atau financial Public Relations) dan operasi bisnis perusahaan (Public Relations perusahaan atau corporate Public Relations) di pusat keuangan, memang sudah ada sejak lama. Mereka melakukan kegiatan Public Relations terkait peristiwa keuangan atau bisnis dalam rangka mendukung rencana perusahaan kliennya memasuki bursa saham atau mendukung peluncuran laporan keuangan tahunan.

Media Pembelajaran Interaktif Public Relations

Anda bisa belajar dengan mudah secara offline menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Android yang telah kami sediakan di Android Play Store. Silakan unduh aplikasinya di SINI.

fungsi public relations

Sekian dulu pembahasan kami tentang Fungsi Public Relation dalam perusahaan atau organisasi Semoga bermanfaat. (maglearning.id)

Loading...

Tinggalkan Balasan