Materi IPA Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 “Metamorfosis”

Materi IPA Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 “Metamorfosis”

Loading...

Halo jumpa lagi dengan modul BDR online dari maglearning.id. Kali ini kita akan mempelajari materi IPA Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 dengan kajian tentang metamorfosis.

Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

Semua makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Hewan dan manusia mengalami beberapa tahapan pertumbuhan dan perkembangan dalam kehidupannya. Tahapan pertumbuhan dan perkembangan hewan membentuk sebuah siklus hidup atau daur hidup.

Hewan mengalami tahapan pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda-beda. Ada jenis hewan yang mengalami perubahan bentuk di setiap tahap hidupnya. Namun, ada pula hewan yang tidak mengalami perubahan bentuk pada setiap tahapannya, selain bertambah besar saja.

Hewan yang mengalami perubahan bentuk dalam siklus hidupnya berarti mengalami metamorfosis. Sedangkan hewan yang tidak mengalami perubahan bentuk dalam siklus hidupnya berarti tidak mengalami metamorfosis.

Di antara hewan yang mengalami metamorfosis, ada hewan yang mengalami perubahan bentuk pada setiap tahapannya, ada juga yang tidak. Hewan yang mengalami perubahan bentuk pada setiap tahapan pertumbuhan dan perkembangannya dinamakan mengalami metamorfosis sempurna.

Sedangkan hewan yang mengalami perubahan bentuk hanya pada beberapa tahap tumbuh kembangnya dinamakan mengalami metamorfosis yang tidak sempurna.

Daur Hidup Tanpa Metamorfosis

Sebagian besar hewan yang ada di sekitar kita mengalami daur hidup tanpa metamorfosis, misalnya ayam. Ayam menghasilkan anak dengan cara bertelur. Telur ayam dierami selama kurang lebih 21 hari agar dapat menetas.

Setelah menetas, anak ayam mirip dengan induknya, yang membedakan hanyalah ukuran dan bulunya yang masih halus. Akhirnya, ketika sudah besar, ayam betina menjadi seperti induknya. Ayam jantan menjadi seperti ayam jantan (jago) dewasa.

Kucing merupakan contoh lain hewan yang tidak mengalami metamorfosis. Kucing beranak menghasilkan kucing anakan dengan ukuran tubuh kecil.

Bayi kucing matanya belum membuka dan kondisinya lemah. Oleh karena itu, induknya siap menjaga dan melindunginya dari pemangsa lain dan kondisi lingkungan yang membahayakan.

Pada usia 3 bulan atau lebih, anak kucing disapih. Pada usia setahun atau lebih anak kucing sudah mencapai dewasa.

Daur Hidup dengan Metamorfosis

Mari kita lanjutkan belajar materi IPA Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 dengan mempelajari daur hidup dengan metamorfosis. Berdasarkan prosesnya, terdapat dua macam metamorfosis, yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.

a. Metamorfosis sempurna

Metamorfosis sempurna memiliki ciri-ciri:

  1. saat menetas bentuk hewan jauh berbeda dari induknya,
  2. mengalami masa pupa atau kepompong,
  3. urutan metamorfosis: telur → larva → pupa → hewan dewasa.

Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna yaitu kupu-kupu, nyamuk, dan lalat.

b. Metamorfosis tidak sempurna

Metamorfosis tidak sempurna memiliki ciri-ciri:

  1. saat menetas bentuk hewan sudah mirip induknya,
  2. tidak mengalami masa pupa atau kepompong,
  3. urutan metamorfosis: telur → hewan muda → hewan dewasa.

Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna yaitu jangkrik, lipas atau kecoak, belalang, dan capung.

Metamorfosis Belalang dan Kupu-kupu

Kepompong merupakan bagian dari pertumbuhan dan perkembangan kupu-kupu. Di dalam kepompong itu ulat akan berubah menjadi kupu-kupu. Proses pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup mulai dari lahir atau menetas hingga dewasa disebut siklus hidup atau daur hidup.

Kita sudah mengetahui daur hidup hewan peliharaan, seperti ayam, kelinci, dan kucing. Kupu-kupu memiliki daur hidup yang berbeda dengan daur hidup hewan-hewan tersebut. Kupu-kupu mengalami proses perubahan bentuk selama daur hidupnya. Proses perubahan bentuk tersebut dinamakan metamorfosis.

Metamorfosis Kupu-Kupu

Berikut ini metamorfosis kupu-kupu.

  1. Kupu-kupu yang siap bertelur mencari tanaman yang cocok untuk meletakkan telurnya.
  2. Telur kupu-kupu.
  3. Telur menetas mengeluarkan larva (ulat).
  4. Larva berubah menjadi pupa (kepompong).
  5. Kepompong akan menetas menjadi kupu-kupu.
materi IPA Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 dengan kajian tentang metamorfosis kupu-kupu

Metamorfosis Belalang

Berikut ini metamorfosis pada belalang.

  1. Belalang dewasa siap bertelur
  2. Telur belalang
  3. Nimfa tak bersayap
  4. Nimfa bersayap
Materi IPA Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 “metamorfosis” belalang

Video Materi IPA Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 “metamorfosis”

Video pembelajaran tematik muatan Materi IPA Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 tentang metamorfosis di atas bisa kamu manfaatkan untuk memperjelas pemahaman kamu tentang materi ini. Jadi silakan pilih gaya belajar kamu ya….

Latihan Soal Materi IPA Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 “metamorfosis”

Setelah mempelajari materi modul BDR Materi IPA Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 tentang metamorfosis di atas silakan uji hasil belajar kamu menggunakan kuis online interaktif dengan link di bawah ini:

https://quizizz.com/join/quiz/5fb0c9ec800991001beffe52/start

Latihan Soal Materi IPA Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 “metamorfosis”

Demikianlah modul belajar online materi IPA Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 tentang metamorfosis yang bisa kami sajikan. Semoga bermanfaat, selamat belajar dengan menyenangkan (maglearning.id).

Loading...

One comment

Tinggalkan Balasan