Materi IPA Kelas 4 Tema 6 Subtema 2 “Metamorfosis Sempurna dan Tak Sempurna”

IPA Kelas 4 Tema 6 Subtema 2 “Metamorfosis Sempurna dan Tak Sempurna”

Halo jumpa lagi dengan modul BDR online dari maglearning.id. Kali ini kita akan mempelajari materi IPA Kelas 4 Tema 6 Subtema 2 dengan kajian tentang Metamorfosis Sempurna dan Tak Sempurna.

Tahapan pertumbuhan hewan dari kecil sampai dewasa disebut daur hidup hewan. Pada daur hidupnya ada hewan yang mengalami perubahan bentuk, ada juga yang tidak. Hewan yang mengalami perubahan bentuk tubuh dalam daur hidupnya dikatakan mengalami proses metamorfosis.

Proses metamorfosis yang terjadi pada hewan terbagi menjadi dua yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.

Hewan yang mengalami metamorfosis sempurna mempunyai bentuk tubuh yang sangat berbeda pada setiap tahap hidupnya. Pada saat telur menetas, bentuk tubuh hewan tidak sama dengan bentuk induknya. Hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna, setelah menetas memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan induknya.

Perhatikanlah beberapa daur hidup hewan-hewan sebagai materi IPA Kelas 4 Tema 6 Subtema 2 berikut ini!

Daur hidup kupu-kupu

Urutan metamorfosis kupu-kupu adalah telur menetas menjadi ulat, ulat berubah menjadi kepompong. Kemudian kepompong berubah menjadi kupu-kupu. Kupu-kupu merupakan hewan yang bermetamorfosis secara sempurna.

Tahap awal dalam daur hidup kupu-kupu adalah telur. Kupu-kupu biasanya bertelur sebanyak kurang lebih 200 butir, dan diletakkan di daun. Telur-telur ini diletakkan di daun karena daun adalah sumber makanan bagi ulat yang merupakan hasil tetasan dari telur kupu-kupu.

Diharapkan, begitu telur menetas maka makanan sudah tersedia dengan cukup. Telur akan menetas menjadi ulat setelah 2 minggu sampai satu bulan.

Periode ulat memiliki ciri-ciri, yaitu:

  1. merugikan banyak orang terutama petani karena makan daun-daunan,
  2. ulat mengalami lima kali pergantian kulit,
  3. ulat memiliki kelenjar ludah yang nantinya digunakan untuk membentuk kepompong.

Setelah dewasa ulat akan berubah menjadi kepompong. Periode kepompong ini berlangsung selama 2 minggu sampai beberapa bulan.

Ada kepompong yang sangat menguntungkan, yaitu kepompong ulat sutera. Serat dari kepompong ulat sutera dapat dibuat kain sutera yang sangat mahal harganya.

Kupu-kupu yang baru muncul, sayapnya masih melipat. Setelah diam beberapa menit, sayap meluas dan kupu-kupu siap terbang. Kupu-kupu akan terbang untuk mencari makanan yang berupa nektar dari bunga.

Kupu-kupu akan berkembang biak dan bertelur sehingga terjadilah daur hidup terus-menerus.

Adapun skema metamorfosis kupu-kupu adalah:

IPA Kelas 4 Tema 6 Subtema 2 “Metamorfosis Sempurna dan Tak Sempurna” kupu kupu

Daur hidup nyamuk

Urutan metamorfosis nyamuk adalah telur menetas menjadi tempayak atau jentik-jentik, kemudian jentik-jentik berkembang menjadi pupa. Selanjutnya pupa berkembang menjadi nyamuk. Dengan demikian nyamuk mengalami metamorfosis sempurna.

Nyamuk bertelur di air yang tergenang. Nyamuk cepat bertelur di daerah yang panas. Telur nyamuk bisa mencapai 100 butir.

Adapun skema metamorfosis nyamuk adalah:

IPA Kelas 4 Tema 6 Subtema 2 “Metamorfosis Sempurna dan Tak Sempurna” nyamuk

Daur hidup lalat

Lalat mengalami metamorfosis sempurna. Lalat bertelur di tempat-tempat yang kotor, telur menetas menjadi larva, larva berkembang menjadi pupa. Selanjutnya pupa berkembang menjadi lalat. Lalat akan mencari makan di tempat yang kotor juga.

Adapun skema metamorfosis lalat adalah:

Metamorfosis Sempurna dan Tak Sempurna lalat

Daur hidup katak

Katak mengalami metamorfosis sempurna. Katak merupakan hewan amfibi, yaitu hewan yang dapat hidup di dua tempat yaitu darat dan air.

Katak berkembang biak dengan cara bertelur di dalam air. Telur-telur itu akan menetas setelah kurang lebih 10 hari. Telur itu menetas menjadi berudu yang hidup di air. Oleh karenanya, berudu memiliki insang, alat pernapasan untuk bernapas di dalam air, seperti pada ikan.

Tiga minggu kemudian, insang pada katak akan tertutup oleh kulitnya, kemudian tumbuhlah kaki belakang. Pada usia 8 minggu, berudu berkaki berubah menjadi katak yang berekor.

Ekor itu kemudian akan memendek dan ia bernapas dengan paru-paru. Setelah pertumbuhan anggota tubuhnya sempurna, katak akan berubah menjadi katak dewasa.

Adapun skema metamorfosis katak adalah:

IPA Kelas 4 Tema 6 Subtema 2 “Metamorfosis Sempurna dan Tak Sempurna” katak

Daur hidup lipas atau kecoak

Lipas atau kecoak merupakan hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna. Metamorfosis tidak sempurna pada lipas diawali dengan bentuk hewan yang baru menetas mirip dengan induknya. Pada saat metamorfosis itulah terjadi pertambahan ukuran dan perubahan bentuk yang menunjukkan adanya pertumbuhan.

Adapun skema metamorfosis kecoak adalah:

“Metamorfosis Sempurna dan Tak Sempurna” kecoa

Video Materi IPA Kelas 4 Tema 6 Subtema 2 “Metamorfosis Sempurna dan Tak Sempurna”

Video pembelajaran tematik muatan Materi IPA Kelas 4 Tema 6 Subtema 2tentang Metamorfosis Sempurna dan Tak Sempurna di atas bisa kamu manfaatkan untuk memperjelas pemahaman kamu tentang materi ini. Jadi silakan pilih gaya belajar kamu ya….

Latihan Soal Materi IPA Kelas 4 Tema 6 Subtema 2 “Metamorfosis Sempurna dan Tak Sempurna”

Setelah mempelajari materi modul BDR Materi IPA Kelas 4 Tema 6 Subtema 2 tentang Metamorfosis Sempurna dan Tak Sempurna di atas silakan uji hasil belajar kamu menggunakan kuis online interaktif dengan link di bawah ini:

https://quizizz.com/join/quiz/5ec1dc8f6ecfa3001c7cbaa2/start

Latihan Soal Materi IPA Kelas 4 Tema 6 Subtema 2 “Metamorfosis Sempurna dan Tak Sempurna”

Demikianlah modul belajar online materi IPA Kelas 4 Tema 6 Subtema 2 tentang Metamorfosis Sempurna dan Tak Sempurna yang bisa kami sajikan. Semoga bermanfaat, selamat belajar dengan menyenangkan (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan