Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Fotosintesis

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Fotosintesis

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Fotosintesis – Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang tumbuhan hijau lebih tepatnya tentang faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis. Fotosintesis adalah suatu kegiatan yang erat hubungannya dengan tumbuhan hijau. Pada waktu Anda belajar di sekolah dasar, pasti Anda sudah pernah mendengar atau diajarkan tentang fotosintesis pada mata pelajaran IPA.
Tahukah Anda jika dalam proses fotosintesis tersebut, ada faktor faktor tertentu yang bisa memengaruhi proses fotosintesis tersebut. Mungkin saat ini Anda sedang bertanya tanya pada diri Anda tentang faktor apa sajakah yang dapat mempengaruhi laju proses fotosintesis. Hmmm, jika Anda ingin tahu jawabannya, bacalah postingan artikel saya yang satu ini.

Dengan Anda membaca postingan artikel yang satu ini, Anda akan segera mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut.

Faktor faktor fotosintesis

Laju pada proses fotosintesis itu sebetulnya dipengaruhi oleh adanya beberapa faktor, faktor faktor yang mempengaruhi fotosintesis tersebut bisa berasal dari faktor internal ataupun dari faktor eksternal. Faktor-faktor yang bisa mempengaruhi laju proses fotosintesis tersebut diantaranya adalah seperti adanya kadar CO2 yang terdapat di udara, adanya suhu, adanya cahaya, adanya air, adanya kadar O2, adanya kadar kandungan hara yang terdapat pada tanaman.
Nah, semua poin yang telah saya sebutkan tadi itulah yang merupakan faktor faktor yang dapat memengaruhi terjadinya laju fotosintesis. Dimana dalam kegiatan fotosintesis proses pembentukan bahan organik itu dibantu oleh faktor faktor tersebut di atas. Dan

faktor tersebutlah yang menjadi satu acuan yang bisa mempengaruhi laju fotosintesis. Sebab, fotosintesis itu sendiri bisa untuk membantu manusia dalam hal bernapas hal ini dikarenakan fotosintesis dapat menghasilkan zat O2 sehingga proses fotosintesis itu bisa berperan penting pada kehidupan di dunia ini baik untuk manusia, untuk hewan ataupun yang lainnya. Di bawah ini akan saya jelaskan secara lebih rinci tentang faktor faktor yang dapat memengaruhi proses terjadinya fotosintesis.

Faktor yang mempengaruhi fotosintesis

Di atas sudah saya sebutkan faktor yang dapat mempengaruhi fotosintesis. Nah, berikut ini akan saya jelaskan secara lebih rinci, agar Anda dapat mengetahui secara lebih detail. Faktor faktor yang mempengaruhi fotosintesis di antaranya adalah sebagai berikut :

  1. Kadar CO2 yang terdapat di udara. Proses laju fotosintesis itu bisa untuk ditingkatkan apabila terjadi peningkatan pada kadar CO2 di udara. Namun, jika kadar tersebut terlalu tinggi bisa meracuni ataupun menyebabkan stomata menjadi tertutup, dan hal ini akan mengganggu laju fotosintesis.
  2. Suhu. Jika suhu di udara semakin tinggi, maka sudah dapat dipastikan jika laju fotosintesis juga semakin tinggi pula. 
  3. Energi cahaya. cahaya yang telah diserap oleh suatu tumbuhan akan bergantung pada intensitas cahaya, intensitas panjang gelombang dari cahaya, dan juga lamanya penyinaran. 
  4. Air. Kandungan air sangat diperlukan dalam kegiatan proses fotosintesis. apabila tidak terdapat kandungan air yang cukup, maka hal tersebut akan dapat mengganggu proses pembentukan zat karbohidrat. 
  5. Kadar zat O2. apabila kadar zat O2 dan juga udara diturunkan dari 20% ke 1%, maka fotosintesis akan naik menjadi 30%. Jadi dapat diartikan jika O2 memiliki daya yang dapat menghambat terjadinya laju fotosintesis. 
  6. Kandungan hara pada tanaman. Unsur zat Mg dan juga N adalah jenis unsur yang dibutuhkan pada saat proses pembentukan klorofil. Jika kedua unsur tersebut tidak cukup tersedia, maka proses pembentukan klorofil akan terhambat. Dan hal ini akan menurunkan laju fotosintesis.

Nah, itu tadi penjelasan singkat tentang faktor faktor yang dapat mempengaruhi proses terjadinya fotosintesis. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa kembali dengan maglearning.id.

Loading...

Tinggalkan Balasan