Fungsi Sel Badan Golgi, Apa Saja

Fungsi Sel Badan Golgi, Apa Saja ?

Fungsi Sel Badan Golgi, Apa Saja ? – Badan golgi adalah salah satu bagian organel yang terdapat di dalam tubuh hewan. Setiap hewan memiliki organel sel badan golgi. Sebenarnya badan golgi tidak hanya terdapat pada tubuh hewan saja, namun badan golgi terdapat pada semua makhluk yang melaksanakan kegiatan ekskresi, hanya saja namanya berbeda beda antara makhluk yang satu dengan yang lainnya.

Jika pada hewan organel sel tersebut disebut badan golgi, pada manusia organel sel tersebut disebut dengan istilah ginjal, hal ini juga berbeda dengan sebutan pada tubuh tumbuhan, badan golgi yang terdapat pada tubuh tumbuhan disebut dengan istilah diktiosom.

Struktur badan golgi yang terdapat di dalam tubuh hewan berupa sebuah berkas kantung yang berbentuk menyerupai sebuah cakram bercabang membentuk rangkaian pembuluh yang sangat kecil. Badan golgi pada hewan di bentuk oleh membrane berupa tubulus dan vesikula.

Dari sebuah tubulus tersebut dilepaskan beberapa kantung kecil yang di dalamnya terisi oleh bahan-bahan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti enzim yang sangat dibutuhkan untuk proses pembentukan dinding sel.

Bisa anda bayangkan betapa pentingnya fungsi organel sel badan golgi terhadap kelangsungan hidup hewan, sebab badan golgi sama halnya dengan ginjal bagi manusia. Saat ginjal tersebut sudah tidak berfungsi lagi maka kelangsungan hidupnya dapat terancam. Nah, maka dari itu saya ingin mengulas tentang fungsi sel badan golgi.

Fungsi Sel

Sel adalah bagian penting yang terdapat di dalam tubuh makhluk hidup. Di dalam tubuh makhluk hidup terdapat beberapa sel yang memiliki fungsi masing-masing. Pengertian dari sel itu sendiri adalah sekumpulan materi yang sederhana sebagai sebuah unit penyusun bagi setiap makhluk hidup.

Sel adalah mesin kehidupan bagi makhluk hidup, sebab sel yang akan melakukan seluruh kegiatan kehidupan makhluk hidup mulai dari hal yang paling kecil sampai hal yang paling besar. Adapun fungsi sel itu sendiri adalah untuk mempertahankan kelangsungan hidup dari pada setiap makhluk hidup.

Fungsi Badan Golgi

Fungsi utama badan golgi adalah bertanggung jawab di dalam menangani makromolekul yang dibutuhkan guna fungsi sel yang tepat. Hal ini merupakan suatu proses dan juga paket dari molekul untuk digunakan dalam kegiatan sekresi.

Badan golgi memodifikasi seluruh protein yang diterima dari sel reticulum endoplasma yang kasar, akan tetapi hal ini mampu mengangkut lipid menuju bagian yang penting dari pada sel dan menciptakan adanya lisosom. Badan golgi melakukan kerja sama dengan sistem endomembran sebagai suatu bagian yang terdapat di dalam sel eukariotik.

Fungsi lain dari sel badan golgi adalah sebagai alat untuk memproduksi glikosaminoglikan yang menghilang guna pembentukan bagian dari sebuah jaringan ikat. Badan golgi juga akan memakai link xilosa untuk membentuk proteoglikan.

Fungsi Badan Golgi Pada Tumbuhan

Sebenarnya masih banyak lagi fungsi sel badan golgi yang lainnya. Misalnya fungsi badan golgi pada tumbuhan yaitu sebagai berikut:

  • Membentuk membrane plasma
  • Mengolah protein atau hasil sintesis secara aktif dari reticulum endoplasma.
  • Sebagai organel yang berperan dalam mobilisasi metabolisme.
  • Sebagai organel yang berperan penting dalam proses sintesis protein tertentu.
  • Memilah protein tertentu seperti pembentuk lipoprotein.
  • Berpartisipasi dalam pembentukan lipoprotein baru bersama dengan reticulum endoplasma.
  • Saat terjadi kesalahan dalam perakitan karbohidrat, badan golgi dapat berperan untuk memperbaikinya.
  • Membentuk akromosom pada spermatozoa.
  • Membentuk kantung vesikula untuk melancarkan fungsi sekresi.

Jadi badan golgi atau Aparatus Golgi terlibat dalam sintesi banyak senyawa dalam sel. Organel ini berfungsi untuk memproses dan mengemas makromolekul seperti protein dan lipid yang disintesis oleh sel.

Aparatus Golgi juga berfungsi memodifikasi, menyortir dan mengemas protein untuk sekresi atau dikeluarkan dari sel. Aparatus Golgi mengatur ke bagian sel mana molekul seperti protein tadi akan dikirim atau di transportasikan. Dalam fungsi ini Aparatus Golgi mirip sebagai sebuah kantor pos.

Selain pada protein, fungsi sintesis, pemilahan, modifikasi dan pengemasan ini juga dilakukan dalam pengangkutan lipid di sekitar sel. Aparatus Golgi juga berperan dalam penciptaan lisosom. Lisosom adalah organel sel berupa kantong yang berisi enzim yang berguna untuk mengontrol pencernaan di dalam sel.

Untuk memodifikasi protein, kompleks golgi mengimpor zat mineral seperti nukleotida dari sitosol sel. Modifikasi oleh tubuh Aparatus golgi menentukan tujuan akhir di bagian mana dari sel bagi protein ini.

Aparatus Golgi juga berperan penting dalam produksi proteoglikan. Proteoglikan adalah molekul yang ada dalam matriks ekstraselular sel hewan. Selain itu aparatus Golgi juga merupakan lokasi utama sintesis karbohidrat pada sel.

Nah, ternyata banyak dan penting banget ya fungsi sel badan golgi. Saya rasa cukup sekian rangkuman kami mengenai apa saja fungsi badan golgi. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di lain kesempatan (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan