Pengertian dan Contoh Simbiosis Mutualisme

Pengertian dan Contoh Simbiosis Mutualisme

Pengertian dan Contoh Simbiosis Mutualisme – Tentu sebuah kesenangan tersendiri jika saya kembali bisa mengisi konten-konten di blog ini, Karena banyaknya kegiatan yang menghadang saya di dunia Offline ataupun di Dunia online sehingga beberapa waktu yang lalu saya sempat menghentikan posting di blog Lagendaris ini.

Tentunya para pembaca banyak yang tidak menyadarinya, karena seolah-olah blog ini setiap hari menerbitkan minimal 1 artikel, namun sebenarnya sudah saya tinggal beberapa waktu. Ya, karena posting artikelnya sudah saya jadwalkan jauh-jauh hari sebelum bulan-bulan sibuk saya. Jadi yang posting adalah robot hehehe.

Akan tetapi bukan berarti mimin meninggalkan blog ini, bukan tentu saja bukan buktinya saya kembali update materi tentang Pendidikan ini, Yang akan saya share kali ini adalah Pengertian dan Contoh Simbiosis Mutualisme, Tentunya teman-teman sudah penasaran dengan artikel kali ini, Yuk langsung disimak saja ya sobat.

Setelah sebelumnya kita sempat membahas tentang interaksi dua makhluk hidup di mana dalam makhluk yang satunya dirugikan sementara makhluk hidup yang lain diuntungkan atau dikenal dengan simbiosis parasitisme, pada kesempatan kali ini kita akan membahas kondisi interaksi dua makhluk hidup di mana dalam kondisi ini kedua pihak sama-sama diuntungkan. Yup, kita akan mengulas tentang pengertian dan contoh simbiosis mutualisme.

Pengertian Simbiosis Mutualisme

Pengertian simbiosis mutualisme adalah suatu hubungan timbal balik 2 makhluk hidup yang saling menguntungkan. Dalam simbiosis ini, masing-masing simbion (organisme yang berinteraksi) memperoleh manfaat dari interaksi yang dilakukannya.

Contoh Simbiosis Mutualisme

Adapun dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat menemukan contoh simbiosis mutualisme pada interaksi beberapa makhluk hidup, di antaranya yaitu:

1. Interaksi Burung Jalak dan Kerbau

Contoh simbiosis mutualisme yang pertama, dapat kita temukan dalam interaksi antara burung jalak dan kerbau. Burung jalak biasanya menghinggapi tubuh kerbau untuk mencari kutu yang berada di kulitnya. Burung jalak memperoleh manfaat karena ia bisa makan kutu secara gratis, sedangkan si kerbau mendapatkan keuntungan karena rasa gatal yang diakibatkan kutu bisa sedikit berkurang.

2. Interaksi Bunga dan Lebah

Contoh simbiosis mutualisme selanjutnya dapat ditemukan dalam pola interaksi lebah dan bunga. Lebah memperoleh madu atau nektar yang berada dalam sari kelopak bunga sebagai makanannya, sedangkan bunga sangat terbantu proses penyerbukannya karena keberadaan lebah yang mencari madu.

3. Interaksi Kupu-kupu dan bunga

Interaksi antara bunga dan kupu-kupu memiliki pola yang sama dengan interaksi bunga dan lebah. Ini juga merupakan contoh simbiosis mutualisme karena kupu-kupu juga memperoleh madu, sedang si bunga terbantu penyerbukannya.

4. Interaksi Rayap dan Protista

Interaksi rayap dan protista tertentu juga merupakan contoh simbiosis mutualisme. Rayap dapat memakan selulosa dari kayu-kayuan karena dalam ususnya terdapat protista. Protista membantu rayap dalam mencerna selulosa, sedangkan rayap menyediakan tempat tinggal bagi protista.

5. Manusia dan Bakteri Usus Halus

Bakteri dalam usus manusia membantu kita untuk dapat mencerna makanan dan menguraikan vitamin dalam makanan menjadi vitamin B12. Sedangkan kita menyediakan tempat hidup dan makanan secara terus menerus bagi bakteri tersebut. Interaksi ini tergolong contoh simbiosis mutualisme karena baik manusia maupun bakteri, keduanya memperoleh manfaat dan keuntungan.

6. Contoh Simbiosis Mutualisme Burung Oxpecker dan Zebra

Burung Oxpecker biasa memakan kutu dan serangga lainnya yang menjadi parasit bagi tubuh zebra. Sedangkan zebra memperoleh manfaat tubuhnya menjadi bersih dari kutu dan parasit tersebut. Burung oxpecker juga menjadi sinyal pertanda bagi zebra jika ada pemangsa datang. Saat singa atau harimau mengendap untuk menerkam zebra, burung oxpecker akan berteriak dan menjerit.

7. Interaksi Buaya dan Burung Plover

Burung plover memiliki kebiasaan memakan kotoran atau sisa makanan yang ada di gigi buaya. Dengan kebiasaan tersebut, buaya terbebas dari penyakit mulut dan burung plover memperoleh makanan secara gratis. Oleh karena itu, interaksi ini juga tergolong contoh simbiosis mutualisme.

8. Kelelawar Berbulu Wol dan Kantung Semar

Kelelawar berbulu wol tinggal di tempat yang nyaman di sekitar tanaman kantung semar. Keberadaannya itu membuat kantung semar memperoleh pupuk yang berasal dari kotoran kelelawar yang kaya unsur nitrogen (guano).

Nah, itulah tadi bahasan kami mengenai pengertian dan contoh simbiosis mutualisme. Semoga tulisan ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi dengan maglearning.id.

Loading...

Tinggalkan Balasan