Contoh Norma Hukum, Kebiasaan, dan Kesopanan

Contoh Norma Hukum, Kebiasaan, dan Kesopanan

Contoh Norma Hukum, Kebiasaan, dan Kesopanan – Norma hukum merupakan seperangkat aturan yang diciptakan oleh negara atau pemerintah. Norma hukum berlaku dengan adanya unsur paksaan artinya norma hukum mau tidak mau, suka atau tidak suka harus ditaati dan dipatuhi.

Norma hukum ditegakkan oleh instansi-instansi penguasa seperti jaksa, polisi, hakim, polisi pamong praja, TNI dan aparat-aparat lainnya yang ditunjuk untuk menegakkan hukum. Norma hukum memiliki unsur-unsur diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Norma hukum memiliki aturan-aturan mengenai tingkah laku manusia dalam berinteraksi dengan manusia lainnya.
  2. Aturan-aturan yang ada dalam norma hukum dibuat oleh instansi-instansi resmi negara yang memiliki kewenangan.
  3. Norma hukum bersifat memaksa, artinya norma ini wajib dipatuhi oleh setiap orang yang menempati negara tersebut.
  4. Apabila melanggar norma hukum akan dikenakan sanksi yang tegas dan harus dijalankan.

Norma hukum jika ditinjau dari hubungannya

1. Hukum publik

Hukum politik adalah hukum yang ada pada norma hukum yang memiliki aturan tentang hubungan antar negara atau antar warga negaranya.

2. Hukum privat

Hukum privat adalah hukum yang ada pada norma hukum yang memiliki aturan tentang hubungan antar masyarakat suatu negara.

Norma hukum jika ditinjau dari isinya

Norma hukum jika ditinjau dari isinya adalah sebagai berikut :

  1. Hukum material. Hukum material adalah hukum yang ada pada norma hukum yang memiliki aturan tentang perbuatan melanggar serta sanksinya.
  2. Hukum formal. Hukum formal adalah hukum yang ada pada norma hukum yang memiliki aturan tentang penerapan hukum.

Norma hukum jika ditinjau dari ruang lingkupnya:

1. Hukum nasional
Hukum nasional adalah hukum yang ada pada norma hukum yang berisi aturan-aturan namun terbatas di dalam negara saja.

2. Hukum internasional
Hukum internasional adalah hukum yang ada pada norma hukum yang berisi aturan-aturan namun hukum ini berlakunya tidak terbatas pada batas negara. Misalkan pelanggaran hukum oleh wna. Atau pelanggaran yang dilakukan oleh negara lain.

Norma hukum jika ditinjau dari waktu berlakunya:

  • Hukum constitutum. Hukum constitutum adalah seperangkat aturan yang berlaku saat itu pada suatu kelompok atau suatu daerah saja. 
  • Hukum constituendum. Hukum constituendum adalah seperangkat aturan yang dibuat dalam jangka panjang yang diharpkan dapat berlaku pada masa yang akan dapat.
  • Hukum asasi. Hukum asasi adalah seperangkat aturan yang berlaku menyeluruh pada setiap negara.

Contoh norma hukum misalnya Peraturan membayar pajak, peraturan tentang kepemilikan tanah, peraturan tentang harta kekayaan, peraturan tentang kepemilikan usaha, KUHP, HTN, lalu lintas, Peraturan lalu lintas, dan masih banyak lagi.

Norma Kebiasaan

Norma kebiasaan adalah norma yang didasarkan pada perilaku yang dilakukan secara konsisten dan berkesinambungan yang memiliki pengaruh positif bagi kehidupan orang-orang sekitarnya. Contoh norma kebiasaan misalnya: silaturrahmi pada saat lebaran merupakan kebiasaan yang sudah dilakukan turun temurun, menjenguk tetangga yang sakit, berbelasungkawa apabila ada tetangga atau sanak saudara yang meninggal, mengetuk pintu saat bertamu dan masih banyak lagi.

Norma kebiasaan memiliki ciri-ciri yang dapat membedakan antara kelompok yang satu dengan kelompok yang lainnya, jadi setiap kelompok atau setiap daerah memiliki kebiasaan yang mungkin berbeda-beda atau sedikit sama atau berbeda sama sekali.

Norma Kesopanan

Norma kesopanan dibuat berdasarkan perilaku yang menjadi harapan bagi setiap individu dalam melakukan interaksi di dalam sebuah kelompok atau masyarakat. Pelanggaran atas norma kesopanan akan mendapat sanksi berupa teguran atau gunjingan dari orang sekitarnya.

Contoh norma kesopanan misalnya: menghormati orang yang lebih tua usianya atau orang yang terpandang di daerah tersebut, duduk di tempat yang sepantasnya untuk duduk seperti kursi, tidak membuang kotoran sembarangan, tidak buang angin di depan orang lain, dan masih banyak lagi.

Demikianlah bahasan kami mengenai contoh norma hukum, kebiasaan, dan kesopanan. Semoga ada manfaatnya dan sampai jumpa lagi di lain kesempatan. Salam sukses selalu (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan