Multimedia Pembelajaran Interaktif, Apa Saja Formatnya

Multimedia Pembelajaran Interaktif, Apa Saja Formatnya ?

Multimedia Pembelajaran Interaktif, Apa Saja Formatnya ? – Ketika kita membicarakan tentang sebuah kegiatan pembelajaran maka hal tersebut akan mengantarkan kita untuk membicarakan tentang inovasi apa saja yang selama ini dilakukan oleh para penggerak pendidikan untuk memunculkan sebuah kegiatan pembelajaran yang efektif. Salah satunya adalah inovasi multimedia pembelajaran.

Kali ini saya akan mengulas beberapa hal penting tentang multimedia pembelajaran terutama tentang macam macam format media pembelajaran interaktif yang umum digunakan di seluruh dunia, jadi tidak ada salahnya bagi Anda untuk menyimak hal-hal yang daya sajikan berikut ini dengan seksama.

Media pembelajaran ini sangat bermanfaat bagi siswa untuk mendorong aktivitas dan hasil belajarnya. Mengapa aktivitas ? ya karena format interaktif tentu saja membuka peluang setiap siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajarannya sendiri. Media interaktif akan merangsang setiap pengguna untuk melakukan aksi.

Meningkatkan hasil belajar karena mendukung aktivitas inkuiri yang dilakukan oleh siswa. Format media interaktif memungkinkan siswa untuk menelusuri lebih lanjut materi yang dipelajari. Setiap siswa juga bisa mendapatkan pengalaman yang berbeda-beda.

 

Macam macam Format Multimedia Pembelajaran Interaktif

Ada beberapa format multimedia pembelajaran yang interaktif dan menarik bagi para peserta didik dalam sebuah kegiatan pembelajaran. Beberapa format multimedia tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

Format tutorial. Format multimedia pembelajaran yang satu ini merupakan format yang simpel dan mudah dipahami oleh para peserta didik. Karena umumnya format multimedia yang satu ini layaknya penyampaian materi pembelajaran yang disampaikan oleh tenaga pendidik, namun bedanya berbentuk tutorial atau cara-cara melakukan sesuatu hal atau petunjuk kerja saja. Kelebihannya jelas saja terdapat pada efisiensi penggunaannya bagi peserta didik.

Materi tutorial harus bermacam-macam pilihan termasuk medianya. Bisa secara teks, audio, maupun video. Akuisisi semacam ini akan maksimal untuk berbagai tipe belajar siswa.

Format ini juga sangat cocok untuk meningkatkan pemahaman prosedural. Siswa bisa memahami cara melakukan sesuatu atau proses terjadinya sesuatu.

Format drill dan practice. Format multimedia pembelajaran interaktif yang satu ini lebih mendasarkan pada kebutuhan para peserta didik untuk berlatih secara berkesinambungan agar mereka dapat lebih memahami terkait dengan materi pembelajaran atau suatu konsep tertentu. Pada format multimedia seperti ini biasanya berisikan soal atau tes yang berfungsi untuk melatih para peserta didik.

Salah satu format ini telah banyak kami sajikan di Android PlayStore kami. Dan terbukti banyak sekali komentar positif tentang aplikasi interaktif ini. Sebagian besar mampu mendorong hasil belajarnya. Yang perlu dijadikan catatan adalah bagaimana membuat format latihan ini tidak membosankan. Karena mengulangi sesuatu itu cenderung menimbulkan kebosanan.

Format eksperimen. Para peserta didik biasanya suka untuk mempelajari hal baru yang membuat mereka mencoba mengaplikasikan banyak hal. Dan hal tersebut dapat dilakukan dengan multimedia pembelajaran berformat eksperimental atau percobaan.

Format simulasi. Multimedia simulasi akan memberikan pengalaman virtual (tidak sesungguhnya) pada siswa. Mereka bisa berperan seakan akan jadi pengusaha yang harus mengambil keputusan ekonomi, atau juga bisa berperan sebagai perawat binatang maupun peran-peran lainnya.

Multimedia pembelajaran berbasis game. Ketika kita membicarakan tentang media pembelajaran yang menarik perhatian para peserta didik. Maka multimedia pembelajaran berbasis game atau permainan akan menjadi salah satu jenis multimedia pembelajaran yang efektif.

Pertama karena dengan adanya multimedia pembelajaran yang semacam ini maka akan menarik perhatian para peserta didik. Sehingga dengan hal tersebut dapat membangkitkan minat dan semangat para peserta didik untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran.

Kedua karena format multimedia pembelajaran interaktif berbasis gim biasanya bersifat imersif, sehingga siswa tidak menyadari bahwa ia telah belajar lebih lama dari biasanya.

 

Demikianlah yang dapat saya sampaikan kepada anda sekalian pada kesempatan kali ini. Semoga dengannya beberapa hal yang telah saya rangkum di atas dapat memberikan banyak manfaatnya bagi anda sekalian. Sampai jumpa pada ulasan menarik di perjumpaan kita yang selanjutnya (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan