Pengertian dan Jenis jenis Pengangguran

Pengertian dan Jenis jenis Pengangguran

Pengertian dan Jenis jenis Pengangguran – Pengangguran adalah orang yang masuk dalam usia kerja (angkatan kerja) yaitu orang yang berumur 15 sampai 65 tahun dan sedang mencari pekerjaan namun belum mendapatkannya atau orang yang memang tidak sedang mencari pekerjaan.

Misalnya ibu rumah tangga, siswa sekolah, mahasiswa, dan lain sebagainya yang karena suatu hal belum atau tidak membutuhkan pekerjaan sebenarnya tidak terasuk pengangguran.

 

Untuk lebih memperjelas tentang pengertian dan jenis-jenis pengangguran, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara rinci mengenai pengertian dan jenis-jenis pengangguran.

Pengertian pengangguran tidak terlepas dari permasalahan ekonomi makro yang dampaknya sangat besar kepada masyarakat, salah satunya adalah pengangguran. Pengangguran adalah permasalahan ekonomi makro yang dapat mempengaruhi manusia secara langsung serta merupakan masalah yang memiliki pengaruh paling berat.

 

Definisi Pengangguran

Menurut OJK, pengangguran adalah keadaan yang menggambarkan tidak ikut sertanya tenaga kerja yang sebetulnya produktif dalam proses produksi karena jumlah pekerjaan lebih kecil jika dibandingkan dengan tenaga kerja yang tersedia (unemployment).

Sedangkan menurut Wikipedia pengangguran atau tunakarya (bahasa Inggris: unemployment) adalah istilah untuk orang yang tidak bekerja sama sekali, sedang mencari kerja, bekerja kurang dari dua hari selama seminggu, atau seseorang yang sedang berusaha mendapatkan pekerjaan yang layak.

Jadi, pengangguran adalah istilah yang mengacu pada individu yang dapat dipekerjakan dan secara aktif mencari pekerjaan tetapi tidak dapat menemukan pekerjaan. Termasuk dalam kelompok ini adalah orang-orang dalam angkatan kerja yang bekerja tetapi tidak memiliki pekerjaan yang layak.

Pengangguran dalam ekonomi makro biasanya diukur dengan tingkat pengangguran, yaitu membagi jumlah orang yang menganggur dengan jumlah total angkatan kerja, pengangguran berfungsi sebagai salah satu indikator status ekonomi suatu negara.

Bagi sebagian besar orang, kehilangan pekerjaan berarti merupakan salah satu penyebab penurunan standar kehidupan serta penyebab terjadinya tekanan psikologis. Jadi, tidaklah mengherankan jika masalah pengangguran menjadi topik yang sangat sering dibicarakan dan diperdebatkan oleh para pakar politik.

Para ekonom dunia mempelajari karakteristik pengangguran untuk mengidentifikasi apa yang menjadi penyebab masalah pengangguran terjadi dan untuk membantu mencari jalan keluar yang dapat dijadikan alternatif pilihan untuk memperbaiki kebijakan publik yang mempengaruhi pengangguran.

Sebagian dari kebijakan-kebijakan yang ditawarkan tersebut contohnya seperti program pelatihan kerja serta membantu orang mendapatkan pekerjaan. Kebijakan lainnya yang ditawarkan pemerintah seperti asuransi pengangguran atau bantuan yang diperikan pemerintah untuk mengurangi kesulitan yang dialami oleh pengangguran. Akan tetapi, kebijakan- kebijakan tersebut sering kali memunculkan pengangguran lainnya.

Misalnya saja undang-undang yang menetapkan untuk menaikkan upah minimum yang relatif tinggi cenderung akan memicu pengangguran di kalangan pekerja yang kurang terdidik dan kurang memiliki pengalaman.

 

Jenis jenis Pengangguran

Setelah memahami pengertian pengangguran, berikut ini adalah jenis jenis pengangguran:

Pengangguran jika dilihat dari jam kerjanya

  • Pengangguran terselubung adalah orang yang kerjanya tidak optimal
  • Setengah menganggur adalah orang yang kerjanya kurang dari 35 jam dalam seminggu
  • Pengangguran terbuka adalah orang yang benar-benar tidak memiliki pekerjaan sama sekali

Pengangguran jika dilihat dari penyebab terjadinya

  • Pengangguran friksional adalah pengangguran yang sifatnya hanya sementara
  • Pengangguran konjungtural adalah pengangguran yang terjadi akibat dari naik-turunnya perekonomian
  • Pengangguran struktural adalah pengangguran terjadi akibat dari perubahan struktur ekonomi
  • Pengangguran musiman adalah pengangguran terjadi akibat dari adanya fluktuasi kegiatan ekonomi jangka pendek
  • Pengangguran siklikal adalah pengangguran terjadi akibat dari imbas naik turun siklus ekonomi
  • Pengangguran teknologi adalah pengangguran terjadi akibat dari perubahan tenaga manusia yang diubah menjadi tenaga mesin
  • Pengangguran siklus adalah pengangguran terjadi akibat dari menurunnya kegiatan perekonomian atau permintaan pasar.

 

Penyebab Pengangguran

Banyaknya pengangguran atau tingkat pengangguran dalam sebuah negara dapat disebabkan oleh beberapa hal di bawah ini:

  • Banyaknya jumlah tenaga kerja tidak sebanding dengan kesempatan atau lapangan kerja.
  • Rendahnya tingkat pendidikan
  • Kurangnya keterampilan yang dimiliki pelamar kerja sehingga tidak memenuhi kriteria lowongan pekerjaan.
  • Kemajuan teknologi, yang pada akhirnya dapat menggantikan tenaga kerja manusia.
  • Resesi ekonomi.
  • Tenaga kerja antar daerah dimanfaatkan secara tidak seimbang.
  • Pemerintah yang membuat kebijakan untuk menghentikan pengiriman TKI ke luar negeri
  • Persaingan pasar global, banyak perusahaan, terutama perusahaan asing di Indonesia yang lebih memilih menggunakan tenaga kerja dari negara lain dibandingkan tenaga kerja lokal karena dinilai tidak memiliki kemampuan yang memadai.

 

Demikianlah bahasan kami mengenai pengertian dan jenis jenis pengangguran. Semoga bermanfaat dan sampa jumpa lagi di lain kesempatan bersama maglearning.id.

Loading...

Tinggalkan Balasan