Gerak Taksis Pada Tumbuhan (Ringkasan IPA)

Gerak Taksis Pada Tumbuhan (Ringkasan IPA)

Gerak Taksis Pada Tumbuhan (Ringkasan IPA) – Gerak adalah satu bentuk ciri- ciri dari makhluk hidup. Gerakan yang terjadi pada setiap makhluk hidup memiliki tujuan untuk melakukan seluruh rutinitas hidupnya.

Gerak pada tumbuhan sangatlah berbeda dengan gerak yang dilakukan oleh makhluk hidup lainnya seperti hewan dan juga manusia. Ada banyak banget jenis gerak pada tumbuhan, seperti gerak autonom, gerak esionom, gerak higroskopis. Di dalam gerak esionom ada suatu gerakan yang sering dikenal dengan gerak taksis pada tumbuhan.

 

Gerak pada tumbuhan

Gerakan yang terjadi pada tumbuhan memiliki sifat yang pasif, gerakan pada tumbuhan tidak bisa berpindah tempat yaitu tumbuhan itu masih berada di suatu tempat yang sama tidak bisa beralih ke tempat yang lain seperti yang sering dilakukan pada hewan dan juga manusia. Gerakan pada tumbuhan bisa terjadi dikarenakan adanya suatu rangsangan atau stimulus dari makhluk hidup yang lain.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwasanya tumbuhan memiliki berbagai jenis gerakan, dan dari masing-masing gerakan tersebut terjadi karena rangsangan yang berbeda- beda dari makhluk yang lainnya.

 

Macam macam Gerak Pada Tumbuhan

Gerak pada tumbuhan terjadi karena adanya rangsangan dari makhluk hidup yang lainnya. Ada beberapa gerak yang terjadi pada tumbuhan diantaranya adalah :

  • Gerak autonom. Gerak autonom yaitu gerak yang terjadi pada tumbuhan yang diakibatkan oleh adanya sebuah rangsangan dari luar. Gerak autonom sering dikenal dengan gerak endonom atau juga disebut dengan gerak spontan
  • Gerak esionom. Gerak esionom merupakan gerakan yang terjadi pada tumbuhan yang diakibatkan karena adanya rangsangan dari makhluk lain atau rangsangan yang tidak berasal dari dalam tubuh tumbuhan itu sendiri.
  • Gerak higroskopis. Gerak higroskopis adalah gerak pada tumbuhan yang dipengaruhi karena adanya perubahan yang terjadi pada kadar air yang terkandung di dalam sel tumbuhan dan menyebabkan adanya pengerutan pada tumbuhan.

 

Gerak taksis pada tumbuhan

Gerak taksis pada tumbuhan adalah suatu gerakan yang terjadi karena adanya rangsangan dari luar atau karena adanya rangsangan dari makhluk hidup lain seperti hewan dan manusia. Gerakan pada tumbuhan ada juga yang terjadi karena mendapat rangsangan dari dalam tubuhnya sendiri. Gerak taksis akan mengakibatkan semua tubuh pada tumbuhan bergerak, arah gerak yang terjadi pada tumbuhan ditentukan dari arah pada rangsangannya.

Macam macam Gerak Taksis pada Tumbuhan

Dilihat dari jenis rangsangannya, gerak taksis dapat dibedakan menjadi beberapa macam di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Fototaksis adalah suatu gerakan yang terjadi karena mendapat rangsangan cahaya
  • Kemotaksia adalah suatu gerakan yang terjadi karena adanya rangsangan dari zat kimia
  • Galvanotaksis adalah gerakan yang terjadi karena mendapat rangsangan dari listrik
  • Termotaksis adalah gerakan yang terjadi karena adanya pengaruh rangsangan suhu
  • Gravitaksis adalah gerakan yang terjadi akibat adanya rangsangan dari gravitasi bumi
  • Tigmotaksis adalah gerakan yang terjadi karena adanya sentuhan dengan makhluk lain
  • Reotaksis adalah gerakan yang terjadi karena rangsangan air
  • Phonotaksis adalah gerakan yang terjadi karena adanya rangsangan suara

 

Latihan Soal Pembelajaran

Berikut ini adalah latihan soal online yang bisa kalian manfaatkan untuk mengukur hasil belajar kamu di rumah maupun di sekolah. Lakukan latihan pengerjaan soal ini secara berulang sampai mendapatkan hasil yang sempurna. Klik link di bawah ini untuk mulai berlatih.

https://quizizz.com/join/quiz/5d7f401f7e4de8001afe2ca3/start

 

Demikianlah ringkasan materi IPA tentang gerak taksis pada tumbuhan yang bisa kami sajikan. Semoga bermanfaat, selamat belajar dan sukses selalu (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan