Model Atom Thompson dan Teori Atom John Dalton

Model Atom Thompson dan Teori Atom John Dalton

Model Atom Thompson dan Teori Atom John Dalton – Joseph John Thomson adalah seorang ahli fisika berkebangsaan Inggris, dilahirkan pada 18 Desember 1856 di Cheetham, Inggris. Thomson merupakan seorang pendiri Laboratorium Cavendish yang sangat terkenal, sehingga banyak ilmuwan lain melakukan penelitian yang sama dengan dirinya.

Penemuan elektron oleh percobaan-percobaan yang dilakukan oleh Hittroff, Crookes, Lenard, Stark, dan Thomson mengakibatkan teori-teori tentang bagaimana atom itu dibangun mengalami babak baru. Percobaan Thomson tentang konduksi listrik melalui gas-gas dalam tabung Crookes, menghasilkan suatu pendapat bahwa sinar katode terdiri atas partikel-partikel bermuatan negatif yaitu elektron.

Selain itu logam-logam dengan pengaruh sinar UV atau panas dapat membebaskan partikel bermuatan negatif. Oleh karena itu, Thomson menyimpulkan bahwa elektron-elektron adalah partikel yang berasal dari atom.

Gambar tabung sinar katoda yang digunakan dalam percobaan thomson kurang lebih adalah sebagai berikut.

Thomson menganggap atom selain terdapat elektron juga terdapat muatan positif, sehingga teorinya menyatakan atom sebagai suatu bola pejal bermuatan positif dan di permukaannya terdapat elektron-elektron atau lebih dikenal dengan “model kue kismis”.

Coba jelaskan mengapa model atom Thomson disebut model kue kismis ? Ilustrasi gambar model atom Thomson adalah sebagai berikut :

gambar model atom Thomson
gambar model atom Thomson bola pejal dengan elektron-elektron di permukaannya

Teori Atom John Dalton

John Dalton dilahirkan pada tanggal 6 September 1766 di Eaglefeld, Inggris. Pendapat Dalton tentang atom disebut dengan teori atom Dalton. Teorinya dapat menerangkan beberapa peristiwa kimia, di antaranya sebagai berikut.

  1. Atom adalah bagian terkecil dari suatu unsur yang tidak dapat dibagi lagi.
  2. Unsur terdiri atas atom-atom yang sama, sehingga mempunyai sifat-sifat sama, seperti ukuran, bentuk, dan massa.
  3. Reaksi kimia terjadi karena penggabungan, pemisahan, atau pertukaran atom suatu unsur dengan atom unsur lain, sehingga atom tidak dapat dimusnahkan atau diciptakan dengan reaksi kimia biasa.
Gambar Teori Atom John Dalton
Gambar Teori Atom John Dalton

Dalam perkembangannya, teori atom Dalton memiliki beberapa kelemahan sehingga memerlukan penyempurnaan, yaitu teorinya tentang atom adalah bagian terkecil dari unsur dan tidak dapat dibagi lagi dan unsur terdiri atas atom-atom yang sama, sehingga mempunyai sifat fisika dan kimia yang sama.

Hal ini setelah terjadi:

  1. Penemuan elektron oleh Hittoff, Crookes, Thomson, Lenard, dan lain-lain.
  2. Penemuan proton oleh Goldstein.
  3. Penemuan isotop oleh Thomson.
  4. Penemuan radioaktivitas oleh Becquerel.

Demikian bahasan singkat kami Model Atom Thompson dan Teori Atom John Dalton ini kami sajikan. Kurang lebihnya kami mohon maaf. Semoga bermanfaat (maglearning.id).

Loading...

One comment

Tinggalkan Balasan