Keterampilan Komunikasi Interpersonal, Wajib Tahu !

  1. Konsekuensi dari identifikasi peristiwa dan alur peristiwa

Di saat individu telah mengetahui suatu peristiwa dan serangkaian alurnya ia dapat mengambil poin positif dan negatif dari suatu peristiwa tersebut. Contohnya di saat seseorang berbelanja ke pasar dan mengetahui urutan lokasi berbelanja beserta watak dari penjualnya kita dapat menghemat waktu dan uang karena orang tersebut telah memahami alur dan kegiatan berbelanja tersebut.

Terkadang individu juga dapat memprediksi suatu kejadian apakah akan berakhir baik atau buruk melalui alur dari peristiwa yang sedang berlangsung. Membutuhkan proses untuk menjadi terampil akan sesuatu hal. Sama halnya dengan keterampilan komunikasi interpersonal.

Keterampilan berkomunikasi bukanlah sebuah keterampilan yang muncul secara tiba-tiba, atau sebuah keterampilan yang didapat sejak individu dilahirkan ke dunia. Keterampilan berkomunikasi itu didapat dengan cara dipelajari.

Untuk itu, keterampilan komunikasi dapat dipelajari dengan (Harahap Edi, Syarwani Ahmad. 59:2016):

  1. Individu harus menyadari apa hal yang menyebabkan sebuah keterampilan berkomunikasi itu penting untuk dikuasai dan dikenal kegunaannya oleh semua orang.
  2. Selain itu, individu yang ingin mendapatkan keterampilan komunikasi harus menyadari arti dari sebuah keterampilan dalam berkomunikasi, termasuk bentuk-bentuk dari komponen perilaku yang hendaknya dikuasai untuk meraih keterampilan dalam komunikasi.
  3. Seorang Individu yang ingin mendapatkan keterampilan komunikasi ini harus rajin dan pandai dalam memperhatikan situasi, dimana saat yang tepat untuk individu mempraktikkan keterampilannya.
  4. Dalam mempraktikkan keterampilan, individu harus menghilangkan sifat segan, atau perasaan malu ketika akan membutuhkan pertolongan kepada orang lain, seperti meminta untuk memberikan penilaian terhadap kemajuan ataupun kekurangan pada penampilan.
  5. Untuk meraih keterampilan berkomunikasi, seseorang hendaknya tidak merasa bosan untuk belajar dan terus berlatih.
  6. Dalam kegiatan latihannya, hendaknya terbagi ke dalam bagian-bagian tertentu agar tampak keberhasilan dari proses latihan.
  7. keberadaan teman sebagai kawan berlatih akan sangat membantu dalam proses ini.
  8. Praktik dan latihan yang dilaksanakan terus menerus, sehingga keterampilan berkomunikasi yang didapat akhirnya menjadi bagian yang tidak dapat dipidahkan pada diri seseorang.

 

Etika Komunikasi Interpersonal

Etika komunikasi interpersonal juga harus dikuasai sebagai bagian dari keterampilan komunikasi interpersonal. Dalam dunia akademis etika komunikasi interpersonal adalah bidang studi yang muncul di persimpangan penelitian ilmiah sosial dan beasiswa etika komunikasi, membahas masalah-masalah yang muncul ketika orang dihadapkan dengan keputusan tentang apakah, dan bagaimana cara, mengkomunikasikan pesan yang kemungkinan memiliki pengaruh signifikan pada orang lain dan dapat dinilai berdasarkan beberapa standar benar dan salah.

Karena komunikasi antarpribadi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesejahteraan manusia, etika komunikasi antarpribadi adalah bidang studi yang penting bagi siswa dan sarjana komunikasi antarpribadi. Sebagai contoh, sebuah bisnis dengan praktik komunikasi yang tidak etis. Bisa mengaburkan bukti bahwa itu merusak lingkungan atau melanggar hukum karena kurangnya transparansi; sementara bisnis dengan praktik komunikasi etis akan segera mengirimkan rilis ke pihak yang terkena dampak.

Dalam contoh ini, transparansi membuat bisnis lebih efektif karena memberi tahu klien, calon atau mapan, penyedia / pemasok, atau afiliasi lainnya tentang potensi bahaya lingkungan atau pelanggaran hukum.

Dengan kata lain, dalam contoh ini, transparansi akan mendorong kepercayaan dan itikad baik, bahwa bisnis yang efektif tidak akan menyembunyikan apa yang menjadi kepentingan audiensnya.

Komunikasi sebagai dialog menetapkan komunikasi sebagai kepedulian sejati bagi kesejahteraan dan pemenuhan orang lain. Ini juga menekankan pilihan yang diambil dalam menanggapi tuntutan situasi tertentu. Dibutuhkan kepekaan terhadap “tanggung jawab peran dari hubungan seperti gurumurid, dokter-pasien,” dll.

 

10 Dasar-dasar Komunikasi Etis

  1. Berusahalah untuk “memperoleh yang terbaik” dalam komunikasi dan interaksi dengan anggota kelompok lainnya.
  2. Dengarkan ketika orang lain berbicara.
  3. Berbicaralah tanpa menghakimi.
  4. Berbicaralah dari pengalaman dan perspektif Anda sendiri, ungkapkan pikiran, kebutuhan, dan perasaan Anda sendiri.
  5. Berusahalah untuk memahami orang lain (daripada menjadi “benar” atau “lebih etis daripada kamu.
  6. Hindari berbicara untuk orang lain, misalnya dengan mengkarakterisasi apa yang dikatakan orang lain tanpa memeriksa pemahaman Anda, atau dengan menguniversalkan opini, keyakinan, nilai-nilai, dan kesimpulan Anda, dengan asumsi semua orang membagikannya.
  7. Kelola batasan pribadi Anda: bagikan hanya apa yang Anda rasa nyaman untuk dibagikan.
  8. Hormati batas-batas pribadi orang lain.
  9. Hindari interupsi dan percakapan sampingan.
  10. Pastikan bahwa setiap orang memiliki waktu untuk berbicara, bahwa semua anggota memiliki “waktu udara” yang relatif sama jika mereka menginginkannya.

 

Etika Berkomunikasi Saat Berbicara Langsung

  1. Saat memulai berbicara haruslah dengan kata-kata yang sopan.
  2. Harus dengan hati yang tenang.
  3. Jangan menunjuk lawan bicara kita dengan menggunakan jari telunjuk dikarenakan itu tidak sopan.
  4. Jangan menyinggung kejelekan orang lain atau kelemahan orang lain.
  5. Mendengarkan orang lain berbicara dan tidak memotong saat orang lain sedang berbicara.
  6. Jaga jarak lah saat ingin berbicara dengan orang lain.
  7. Jangan mengeluarkan suara yang terlalu kuat.
  8. Saat pembicara telah selesai maka kita harus memberi ucapan terimakasih.

 

Ebook Online Keterampilan Komunikasi Interpersonal

Berikut ini adalah ebook online komunikasi Interpersonal, Intrapersonal, Impersonal, Kelompok yang berisi materi lebih lengkap dan detail.

[fliph5 id=”iipds-ydol” width=”700px” height=”400px”]

 

Latihan Soal Online Komunikasi Interpersonal

Untuk melengkapi pembelajaran Anda silakan lakukan asesmen secara mandiri menggunakan kuis latihan soal berikut ini.

 

https://quizizz.com/join/quiz/5dca36ce03f145001d1f1073/start

 

Demikianlah bahasan kami mengenai Keterampilan Komunikasi Interpersonal yang sederhana ini. Semoga bermanfaat, sampai jumpa lagi di lain kesempatan (maglearning.id).

 

One comment

Tinggalkan Balasan