Pengertian Teori Belajar Gestalt dan Aplikasinya

Pengertian Teori Belajar Gestalt dan Aplikasinya

Pengertian Teori Belajar Gestalt dan Aplikasinya – Dalam bahasa jerman, Gestalt disebut juga whole configuration atau keseluruhan, kesatuan, pola atau bentuk yang utuh. Artinya, Gestalt adalah keseluruhan yang berarti dari suatu bagian-bagian.

Christian von Ehrenfels yakni seorang filsuf Austria yang menerbitkan esainya berjuadul “On Gestalt Qualities” pada tahun 1890 (Smith, 1988). Gestalt Theory yang diluncurkan oleh Gestalt dianggap sebagai gerakan Gestalt untuk pertama kalinya yang lahir di pada tahun 1912 di Jerman. Gerakan tersebut dipelopori oleh Max Wertheimer (1880-1943). ia dibantu oleh dua temannya, yaitu Wolfgang Kohler dan Kurt Koffka yang meneliti mengenai pengamatan dan problem solving.

Dari pengamatan yang dilakukan olehnya ia menyesalkan dengan adanya penggunaan metode menghafal di sekolah dan menghendaki supaya siswa belajar menggunakan pengertian atau pemahaman dan bukan hanya sekedar hafalan.

Seiring dengan Kohler dan Koffka, Max Wertheimer merupakan salah satu pendukung utama Teori Gestalt yang menekankan tingkat tinggi proses kognitif di tengah-tengah behaviorisme. Fokus teori Gestalt adalah ide tentang “pengelompokan”, yaitu, karakteristik stimulus menyebabkan kita struktur atau menafsirkan bidang visual atau masalah dengan cara tertentu (Wertheimer, 1922).

Faktor utama yang menentukan pengelompokan atau prinsip organisasi adalah:

  • kedekatan – elemen cenderung dikelompokkan bersama menurut kedekatan mereka,
  • kesamaan – item serupa dalam beberapa hal cenderung dikelompokkan bersama,
  • penutupan – item dikelompokkan bersama-sama jika mereka cenderung untuk menyelesaikan beberapa entitas, dan
  • kesederhanaan – butir akan diatur dalam angka sederhana berdasarkan simetri, keteraturan, dan halus.

Faktor-faktor ini disebut hukum organisasi dan dijelaskan dalam konteks persepsi dan pemecahan masalah.

 

Pengertian Teori Belajar Gestalt

Teori belajar gestalt mengemukakan bahwa belajar tidak hanya hubungan antara stimulus dan respons, tetapi terdapat tujuan yang harus dicapai yakni dalam mendapatkan pemahaman terhadap apa yang dipelajari. Proses pembelajaran dapat terlaksana secara efektif jika siswa mengetahui tujuan dari belajar yang akan dicapainya.

Oleh karena itu teori belajar gestalt dapat menunjang proses pemahaman siswa terhadap pembelajaran yang berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Melalui pembelajaran di lingkungan sekitar, siswa dapat lebih mudah dalam mencerna pelajaran yang diajarkan daripada hanya sekedar pengalaman dan hafalan.

Wertheimer terutama berkaitan dengan masalah-masalah. Werthiemer (1959) memberikan interpretasi Gestalt memecahkan masalah episode ilmuwan terkenal (misalnya, Galileo, Einstein) serta anak-anak yang disajikan dengan masalah matematika.

 

Inti dari perilaku pemecahan masalah sukses menurut Wertheimer adalah mampu melihat struktur keseluruhan masalah ini: Sebuah tertentu di wilayah tersebut menjadi bidang penting, difokuskan, tetapi itu tidak menjadi terisolasi. “Sebuah struktur yang lebih dalam baru melihat, dari situasi berkembang, melibatkan perubahan dalam arti fungsional, pengelompokan, dll dari item wilayah.

Disutradarai oleh apa yang dibutuhkan oleh suatu struktur situasi untuk krusial, salah satu adalah menyebabkan prediksi yang wajar, yang seperti bagian lain dari struktur, panggilan untuk verifikasi, langsung atau tidak langsung mendapatkan. dua arah yang terlibat secara keseluruhan, gambar konsisten dan melihat apa struktur memerlukan keseluruhan untuk bagian-bagian

 

Aplikasi Teori Belajar Gestalt

Teori Belajar Gestalt berlaku untuk semua aspek pembelajaran manusia, meskipun berlaku paling langsung ke persepsi dan pemecahan masalah. Pekerjaan Gibson sangat dipengaruhi oleh teori Gestalt. Beberapa contoh dari teori gestalt dapat dilihat dari aplikasinya dalam pembelajaran.

Akhmad Sudrajat menguraikan beberapa Aplikasi teori Gestalt dalam proses pembelajaran antara lain :

  • Pengalaman tilikan (insight); bahwa tilikan memegang peranan yang penting dalam perilaku. Dalam proses pembelajaran, hendaknya peserta didik memiliki kemampuan tilikan yaitu kemampuan mengenal keterkaitan unsur-unsur dalam suatu obyek atau peristiwa.
  • Pembelajaran yang bermakna (meaningful learning); kebermaknaan unsur-unsur yang terkait akan menunjang pembentukan tilikan dalam proses pembelajaran. Makin jelas makna hubungan suatu unsur akan makin efektif sesuatu yang dipelajari. Hal ini sangat penting dalam kegiatan pemecahan masalah, khususnya dalam identifikasi masalah dan pengembangan alternatif pemecahannya. Hal-hal yang dipelajari peserta didik hendaknya memiliki makna yang jelas dan logis dengan proses kehidupannya.
  • Perilaku bertujuan (pusposive behavior); bahwa perilaku terarah pada tujuan. Perilaku bukan hanya terjadi akibat hubungan stimulus-respons, tetapi ada keterkaitannya dengan tujuan yang ingin dicapai. Proses pembelajaran akan berjalan efektif jika peserta didik mengenal tujuan yang ingin dicapainya. Oleh karena itu, guru hendaknya menyadari tujuan sebagai arah aktivitas pengajaran dan membantu peserta didik dalam memahami tujuannya.
  • Prinsip ruang hidup (life space); bahwa perilaku individu memiliki keterkaitan dengan lingkungan dimana ia berada. Oleh karena itu, materi yang diajarkan hendaknya memiliki keterkaitan dengan situasi dan kondisi lingkungan kehidupan peserta didik.
  • Transfer dalam Belajar; yaitu pemindahan pola-pola perilaku dalam situasi pembelajaran tertentu ke situasi lain. Menurut pandangan Gestalt, transfer belajar terjadi dengan jalan melepaskan pengertian obyek dari suatu konfigurasi dalam situasi tertentu untuk kemudian menempatkan dalam situasi konfigurasi lain dalam tata-susunan yang tepat.

Judd menekankan pentingnya penangkapan prinsip-prinsip pokok yang luas dalam pembelajaran dan kemudian menyusun ketentuan-ketentuan umum (generalisasi). Transfer belajar akan terjadi apabila peserta didik telah menangkap prinsip-prinsip pokok dari suatu persoalan dan menemukan generalisasi untuk kemudian digunakan dalam memecahkan masalah dalam situasi lain. Oleh karena itu, guru hendaknya dapat membantu peserta didik untuk menguasai prinsip-prinsip pokok dari materi yang diajarkannya.

 

Demikianlah bahasan sederhana kami mengenai Pengertian Teori Belajar Gestalt dan Aplikasinya. Semoga bermanfaat, selamat belajar, dan sampai jumpa lagi dengan maglearning.id.

Loading...

Tinggalkan Balasan