Sifat Sifat Muatan Listrik, Penjelasan dan Percobaan

Sifat Sifat Muatan Listrik, Penjelasan dan Percobaan

Sifat Sifat Muatan Listrik, Penjelasan dan Percobaan – Kali ini kita akan membahas sifat-sifat muatan listrik, sebelumnya kita sudah membahas pelajaran Fisika SMP Kelas 9 yaitu : Benda Bermuatan Listrik dan Membuat Benda Bermuatan Listrik.

Sifat-Sifat Muatan Listrik

Kamu sudah mengetahui bahwa benda bermuatan listrik, baik positif atau negatif, dapat menarik serpihan kertas kecil. Bagaimanakah jika benda-benda yang bermuatan saling didekatkan? Untuk mengetahui jawabannya cobalah melakukan kegiatan berikut secara berkelompok. Sebelumnya, bentuklah satu kelompok yang terdiri 4 siswa; 2 laki-laki dan 2 perempuan.

Percobaan Sifat Sifat Muatan Listrik

Tujuan: Mengamati sifat dua benda bermuatan listrik.

Alat dan Bahan:

  • Batang kaca
  • Sisir plastik
  • Ebonit
  • Kain wol
  • Statif

Cara Kerja:

  1. Gosoklah batang kaca dengan kain wol, kemudian gantungkan pada statif.
  2. Sisirlah rambut keringmu dengan sisir plastik beberapa kali.
  3. Dekatkan sisir plastik pada salah satu ujung batang kaca. Amatilah ujung batang kaca?
  4. Gosoklah ebonit dengan kain wol kemudian gantungkan pada statif.
  5. Dekatkan sisir plastik dengan ebonit. Amatilah ujung ebonit.

Pertanyaan:

  1. Apakah reaksi batang kaca dengan sisir plastik dan ebonite dengan sisir plastik berbeda? Mengapa?
  2. Nyatakan kesimpulanmu dalam buku kerjamu.

Pada percobaan diperoleh bahwa batang kaca yang didekati sisir plastik akan tarik-menarik. Hal ini terjadi akibat gosokan dengan kain wol batang kaca bermuatan positif dan sisir plastik akan bermuatan negatif. Dengan demikian, muatan yang tidak sama (positif – negatif) apabila berdekatan akan saling menarik. Perbedaan terjadi pada ebonit dan sisir plastik.

Ebonit yang didekati sisir plastik akan tolak-menolak. Hal ini disebabkan jenis muatan listrik yang dihasilkan akibat gosokan antara ebonit dan sisir plastik sama, yaitu muatan negatif. Jadi, muatan yang sejenis (negatif – negatif) jika berdekatan akan tolak-menolak.

Percobaan seperti Gambar a dan Gambar b menunjukkan adanya gaya tarik-menarik dan gaya tolak-menolak antara muatan dari benda yang berbeda, yaitu kaca dengan sisir plastik dan ebonite dengan sisir plastik. Dapatkah gaya tarik-menarik dan gaya tolak menolak terjadi pada benda yang sama?

Gambar  a. Batang kaca akan tarik menarik dengan sisir plastik

Gambar b. Batang ebonit dan sisir plastik akan saling menolak

Gaya tarik-menarik atau gaya tolak-menolak antar muatan dapat terjadi pada benda yang sama, misalnya dua batang kaca. Jika kedua batang kaca digosok dengan kain sutra dan didekatkan, akan tolak-menolak, karena kedua benda bermuatan sejenis. Hal yang sama dapat terjadi pada dua penggaris plastik yang digosok dengan kain wol.

Membuat Benda Bermuatan Listrik 

Kamu sudah mengetahui bahwa atom ada yang bermuatan listrik dan ada yang netral. Demikian pula dengan benda. Benda netral dapat dibuat menjadi bermuatan listrik dengan cara menggosok. Mengapa hal itu dapat terjadi? Untuk memahami lebih jauh membuat benda netral menjadi benda bermuatan listrik ambil penggaris plastik dan serpihan kertas, kemudian gosokkan penggaris plastik pada rambut. Amati apa yang terjadi pada peristiwa tersebut!

Penggaris plastik yang semula dalam keadaan netral (tidak bermuatan listrik), sehingga tidak mampu menarik serpihan kertas kecil. Ketika penggaris plastik digosok kain wol berarti memberikan energi kepada elektron untuk berpindah. Perpindahan elektron terjadi pada kain wol menuju penggaris plastik.

Penggaris plastik akan bermuatan negatif karena mendapat sejumlah elektron dari kain wol. Akibatnya penggaris plastik kelebihan elektron. Pindahnya elektron pada kain wol mengakibatkan kain wol kekurangan elektron sehingga kain wol bermuatan positif. Penggaris plastik yang telah bermuatan listrik dapat menarik serpihan kertas kecil. Sekarang kamu sudah tahu salah satu dari sifat sifat muatan listrik.

Sifat Sifat Muatan Listrik

Perpindahan elektron dari kain wol ke penggaris

Benda bermuatan positif maupun negatif dapat menarik benda netral. Benda yang bermuatan listrik berusaha memengaruhi muatan yang tidak sejenis pada benda netral dan berupaya menarik ke arahnya. Akibatnya pada benda netral tersebut terjadi pemisahan muatan. Peristiwa pemisahan muatan listrik pada benda netral akibat benda bermuatan listrik didekatkan disebut induksi listrik.

Induksi (pengaruh) listrik ini dapat digunakan untuk membuat benda netral menjadi bermuatan listrik. Benda bermuatan negatif jika didekatkan benda netral akan menarik semua muatan positif benda netral ke salah satu ujung, akibatnya ujung yang lain bermuatan negatif. Jika muatan negatif dihubungkan dengan bumi kemudian diputus, benda netral tadi akan berubah menjadi benda bermuatan positif.

Penggaris plastik yang digosok dengan kain wol dapat menarik kertas-kertas kecil. Serpihan kertas kecil dapat ditarik penggaris plastik yang telah bermuatan listrik negatif, karena kertas kecil yang netral itu terinduksi oleh muatan negatif dari mistar plastik. Elektron pada ujung kertas yang dekat dengan mistar akan ditolak dan pindah ke bagian ujung lainnya.

Adapun, muatan positif kertas kecil akan ditarik dan berkumpul mendekati bagian ujung kertas yang dekat dengan penggaris. Akibat perbedaan jenis muatan tersebut, terjadilah tarik-menarik antara kertas dengan penggaris. Karena penggaris memiliki jumlah muatan yang lebih banyak, maka penggaris dapat menarik kertas kecil.

Sifat-Sifat Muatan Listrik

Penggaris yang sudah bermuatan listrik mampu menarik serpihan kertas

Kejadian yang sama terjadi pada batang kaca dan kain sutra yang mula-mula merupakan dua benda netral. Jika batang kaca digosok dengan kain sutra, elektron-elektron dari kaca akan berpindah menuju kain sutra. Kaca menjadi bermuatan positif, karena kekurangan elektron. Kain sutra yang mendapat tambahan elektron akan bermuatan negatif.

Jenis muatan yang dihasilkan bergantung jenis benda yang digosok dan jenis benda yang digunakan untuk menggosok. Kain wol dapat bermuatan positif jika digunakan untuk menggosok penggaris plastik. Namun, kain sutra dapat bermuatan negatif jika digunakan untuk menggosok kaca.

Kaca dan kain sutra mula-mula termasuk benda netral. Jika batang kaca digosok dengan kain sutra, akan terjadi perpindahan elektron dari kaca menuju kain sutra. Kaca akan kekurangan elektron sehingga bermuatan positif.

Demikianlah bahasan kami mengenai sifat sifat muatan listrik. Semoga bila ada pertanyaan jelaskan sifat-sifat muatan listrik ! maka Anda bisa menjawabnya dengan mudah. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa kembali di lain kesempatan (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan