Bermacam Macam Jenis Jenis Solder

Bermacam Macam Jenis Jenis Solder

Bermacam Macam Jenis Jenis Solder – Solder merupakan perkakas elektronika yang sangat penting dan tidak boleh terlupakan, solder merupakan alat yang berfungsi untuk menyambungkan berbagai rangkaian dalam sebuah komponen.

Solder mampu menghasilkan panas yang mampu melelehkan bahan tambahan, seperti timah. Timah tersebut digunakan sebagai bahan tambahan pada proses penyambungan komponen. Adapun prinsip kerja solder sama dengan prinsip kerja las.

Terdapat beberapa jenis jenis solder yang dijual bebas di pasaran, untuk mengetahui lebih lanjut simak ulasan mengenai jenis-jenis solder berikut ini :

1. Solder Jenis Biasa

jenis solder biasa

Ini merupakan jenis solder yang paling sering ditemui di pasaran, harga jual solder jenis ini relatif lebih murah. Solder ini sangat mudah untuk digunakan tanpa memerlukan kemampuan khusus. Meskipun dengan harga yang murah solder ini juga mampu dalam menyambungkan berbagai komponen.

2. Solder Uap

Jenis solder uap

Pernahkah anda mendengar nama solder uap? proses penggunaan solder ini menggunakan udara, untuk itu diberi nama solder uap.

Sebelum menggunakan solder uap, penting untuk mengetahui pengaturan dasarnya yaitu pertama pengaturan mengenai tingkat panas yang dihasilkan melalui mata solder, serta yang kedua adalah tekanan udara yang akan dikeluarkan. Kedua pengaturan ini saling berhubungan satu sama lainnya.

Terdapat beberapa kelebihan untuk solder jenis ini yaitu :

  1. Dapat digunakan untuk proses solder-dioldering komponen Surface Mount Technology
  2. Suhunya dapat diatur, mulai dari 100 derajat celcius hingga 500 derajat celcius.
  3. Mampu melindungi kerusakan komponen yang disebabkan listrik yang tidak stabil.

Namun perlu untuk diketahui bahwa harga jual solder uap cenderung lebih mahal, karena bahan, mekanisme kerja, serta proses penggunaannya yang sedikit berbeda.

3. Solder yang dilengkapi pengontrol suhu

Jenis Solder dengan pengontrol suhu

Jenis solder lainnya yaitu, solder dengan pengontrol suhu. Solder ini memiliki kelebihan dimana suhunya akan tetap stabil meski sudah dihidupkan untuk waktu yang lama. Meskipun tegangan naik turun tidak akan mempengaruhi suhu dari solder. Kestabilan suhu inilah mampu menjaga keawetan dari solder itu sendiri, solder akan mampu bertahan lama.

Spesifikasi teknis dari jenis solder ini adalah sebagai berikut:

  • Elemen pemanas adalah elemen pemanas keramik
  • Kisaran suhu adalah 200-480 ° C
  • Stabilitas suhu ± 1 ° C (tanpa beban)
  • Resistansi puncak ke tanah kurang dari 2Ω
  • Potensi dari chip ke ground kurang dari 2m

Itulah jenis jenis solder yang sering digunakan dalam perkakas elektronika. Pilihlah solder yang sesuai dengan kebutuhan anda, serta jangan lupa untuk memperhatikan besaran tegangannya.

Ohya, masih ada satu lagi nih solder yang belum saya bahas. Solder ini adalah solder jadul yang sudah hampir punah. Saya sering menemuinya ketika masih kecil. Solder ini adalah solder kuno yang dipanaskan menggunakan api atau arang.

solder kuno

Sekarang solder jenis ini sudah tidak digunakan lagi sebagai perkakas elektornika, kalaupun masih digunakan, biasanya oleh tukang patri keliling.

Begitu ya Sob, bermacam macam jenis jenis solder yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa kembali di lain kesempatan (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan