Pengertian Kesepian dan Sebab Sebabnya

Pengertian Kesepian dan Sebab Sebabnya

Pengertian Kesepian dan Sebab Sebabnya – Kesepian berasal dari kata sepi, artinya sunyi, lengang, tidak ramai, tidak ada orang atau kendaraan, tidak banyak tamu, tidak banyak pembeli, tak ada apa-apa, dan sebagainya. Kesepian adalah keadaan sepi atau hal sepi. Kesepian juga bisa berarti merasa sendiri tidak ada orang dekat yang menemani.

Contoh :

  1. setelah anaknya yang telah menikah itu memiliki rumah sendiri, ibu Hadi merasa kesepian.
  2. setelah tembakan gencar itu berhenti, jalan-jalan tampak sepi. Orang-orang takut keluar, bahkan suara deru mobil pun tak kedengaran.
  3. karena pak Parman dan ibu Parman kurang bergaul, ditambah keadaan hari itu hujan lebat, maka resepsi perkawinan anaknya sepi, tamu kurang sekali.

 

Setiap orang pernah mengalami kesepian, karena kesepian merupakan bagian hidup manusia. Lama atau sebentar perasaan kesepian ini bergantung kepada mental orang dan kasus penyebabnya.

 

Sebab-sebab terjadinya kesepian

Bermacam-macam penyebab terjadinya kesepian. Salah satunya adalah frustrasi. Orang yang frustrasi tidak mau diganggu, ia lebih senang dalam keadaan sepi, tidak suka bergaul, dan sebagainya. Ia lebih senang hidup sendiri.

Contoh :

Pangeran Sidharta, putra raja Kapilawastu, meninggalkan istana, tempat kemewahan, keramaian, dan keindahan. Karena frustrasi menyaksikan kontradiksi keadaan di luar istana yang penuh penderitaan, maka ia meninggalkan istana dan pergi ke hutan ke tempat yang lebih sunyi untuk mencari hakikat hidup.

 

Perbedaan Kesepian dan Keterasingan

Ketika kita sudah memahami pengertian kesepian dan keterasingan maka mungkin kita sedikit bingung dalam membedakannya. Bila kita perhatikan sepintas lalu mungkin keterasingan dan kesepian hampir serupa, tetapi sebenarnya tidak sama, walaupun keduanya ada hubungannya. Perbedaan antara keduanya hanya terletak pada sebab akibat.

Kesepian merupakan akibat dari keterasingan dan keterasingan sebagai akibat sombong, angkuh, kaku, keras kepala, sehingga dijauhi kawan-kawan sepergaulan. Akibatnya, orang yang dijauhi itu hidup terasing, terpencil dari keramaian hidup sehingga mereka merasa kesepian.

Baik kesepian maupun keterasingan yang dialami manusia bila berjalan lama maka kan menimbulkan masalah. Setiap orang harus mampu keluar dari zona itu. Orang-orang terdekat perlu membantu mereka-mereka yang mengalami kesepian.

Sebagi makhluk sosial maka setiap manusia tidak akan tahan menghadapi kondisi kesepian secara terus menerus. Oleh karena ini kita juga perlu untuk mengidentifikasi sebab-sebab merasa kesepian dan berusaha berkomunikasi dengan orang-orang di sekitar kita.

 

Demikianlah tulisan singkat kami mengenai pengertian kesepian dan sebab sebab mengapa kesepian dialami oleh seseorang. Semoga tulisan ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi di lain kesempatan. Salam sehat dan sukses selalu (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan