Komunikasi dengan Karyawan di Tengah Krisis

Komunikasi dengan Karyawan di Tengah Krisis

Komunikasi dengan Karyawan di Tengah Krisis – Di tengah krisis ekonomi global ini, sehari-hari, kita disuguhi berbagai berita buruk baik dari dalam maupun luar negeri. Berita-berita terbaru dari Indonesia, misalnya, terjadi penggelapan dana nasabah dari salah satu sekuritas ternama, serta dilikuidasinya salah satu bank swasta.

Seringkali, dalam kasus seperti ini, karyawan tidak memperoleh notifikasi ataupun peringatan terlebih dulu sebelumnya. Akhirnya, karyawan yang menjadi korban, karena nasibnya menjadi tidak jelas.

Tentunya kasus-kasus semacam ini mengakibatkan karyawan-karyawan di perusahaan lain menjadi ketar-ketir. Apakah bank mereka akan dilikuidasi? Apakah mereka akan mengalami PHK di masa depan? Pertanyaan-pertanyaan tersebut yang mengganggu konsentrasi karyawan di tempat kerja, dan akibatnya bisa berdampak buruk terhadap kinerja.

Padahal, masalah ini dapat diantisipasi jika seandainya perusahaan sudah melakukan pendekatan yang tepat sebelumnya. Nah, berikut ini beberapa kita melakukan komunikasi dengan karyawan perusahaan kala menghadapi krisis dan juga sering berlaku untuk perusahaan yang sedang berkembang serta menghadapi persaingan.

Be Plain and Honest

Sebagian karyawan mungkin merasakan keraguan dan ketidakpastian terhadap perusahaannya, namun sebagian lagi mungkin sama sekali tidak merasakan apa pun karena perusahaan sepertinya dalam kondisi aman-aman saja. Hanya saja, yang jelas karyawan berhak untuk memahami apa yang terjadi dalam perusahaan. Oleh karena itu, pemimpin bertanggung jawab untuk memberitahukan kondisi yang ada sebenar-benarnya, jangan ada yang ditutupi.

Misalnya, perusahaan mengalami kesulitan dan harus melakukan PHK, maka beritahukan dengan jujur kepada para karyawan, bahwa diantara mereka, ada yang akan mengalami PHK, disebabkan kondisi bisnis yang sedang tidak kondusif. Dengan demikian, maka karyawan dapat mengambil ancang-ancang untuk mencari pekerjaan lainnya. Kemudian, jika seandainya kondisi bisnis lancar, maka ungkapkan demikian supaya karyawan tidak dirundung kekhawatiran.

Tell Immediately

Jika ada yang harus diketahui karyawan, maka ungkapkan secepatnya, misalnya jika perusahaan merasa bahwa bisnis sudah tidak dapat dipertahankan lagi. Sehingga ini meminimalisir tingkat shock karyawan, dan menjadikan mereka lebih siap ketika harinya sudah tiba.

Connect Frequently

Untuk mengetahui kondisi karyawan, maka pemimpin harus berusaha untuk menjalin hubungan dengan karyawan secara lebih sering. Dengan berkomunikasi secara rutin, maka pemimpin akan memahami apa saja yang dipikirkan karyawan, yang mereka khawatirkan, serta bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mereka ajukan. Selain itu, dengan berhubungan baik maka pemimpin juga dapat memberikan keyakinan terhadap karyawan bahwa bisnis akan dapat melewati krisis.

Family Culture

Demi menjalin hubungan yang baik dengan karyawan, maka perusahaan dapat menerapkan family culture di perusahaan. Sehingga, komunikasi yang terjadi bersifat kekeluargaan, tidak terlalu formal dan kaku.

Meskipun family culture, namun budaya saling menghormati antara bawahan-atasan harus tetap dijaga. Dengan family culture, maka karyawan bisa serius bekerja namun dalam kondisi yang santai dan tidak tegang. Hal ini penting karena kondisi di luar sana mungkin sudah terlampau penuh tekanan bagi karyawan.

Celebrate Small Successes

Lakukan selebrasi terhadap keberhasilan-keberhasilan kecil, sehingga karyawan akan merasa berharga dan jerih payahnya diakui. Hal ini penting demi meningkatkan motivasi dan level engagement dari karyawan.

Demikian adalah beberapa kiat yang bisa dilakukan oleh pemimpin dalam berkomunikasi dengan karyawan, berkaitan dengan kondisi perusahaan di tengah krisis. Dengan demikian maka diharapkan karyawan dapat memperoleh informasi yang tepat mengenai tempat ia bekerja, serta tetap dapat mempertahankan motivasinya. Jikalau akan menemui kemungkinan buruk, maka diharapkan karyawan juga sudah melakukan persiapan terlebih dulu.

 

Demikianlah bahsan kami mengenai beberapa tips komunikasi dengan karyawan perusahaan di tengah krisis. Semoga krisis ini cepat usai dan usaha kita semua semakin berkembang. Salam sukses selalu (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan