Kegunaan Unsur Karbon dalam Kehidupan

Kegunaan Unsur Karbon dalam Kehidupan

Kegunaan Unsur Karbon dalam Kehidupan – Karbon (C) adalah salah satu dari 6 unsur yang paling banyak ditemukan di alam semesta, dan memiliki berbagai kegunaan dalam kehidupan kita sehari-hari. Hal ini dapat ditemukan dalam kelompok 14 dari tabel periodik, dan jumlah atom karbon adalah 6. Penggunaan karbon, yang merupakan elemen non-logam, dapat dipahami lebih baik setelah sifat-sifat unsur jelas.

Karbon adalah salah satu unsur yang paling stabil yang dikenal manusia. Sumber utama karbon di dunia saat ini adalah deposit batubara yang ditambang. Ada 3 alotrop karbon yang ditemukan secara alami – grafit, berlian, dan karbon bentuk amorf. Kualitas yang menyoroti banyak kegunaan adalah bahwa, unsur ini dapat dikombinasikan dengan hampir semua elemen lain dan membentuk berbagai senyawa yang berguna. Yang paling banyak ditemukan senyawa karbon adalah karbon monoksida (CO) dan karbon dioksida (CO2).

Kegunaan umum Unsur Karbon dalam Kehidupan

Dalam bentuk unsurnya, karbon mungkin memiliki kegunaan yang terbatas. Tapi unsur ini memiliki kemampuan untuk mewujudkan dirinya menjadi zat yang sangat berguna untuk beberapa hal setelah menggabungkan dengan unsur-unsur lain. Berikut adalah beberapa penggunaan umum ditemukan unsur ini.

  • Dipakai sebagai alat dekoratif dalam barang-barang perhiasan.
  • Digunakan sebagai dasar untuk tinta yang digunakan dalam printer inkjet.
  • Digunakan dalam rims mobil sebagai pigmen asap hitam.
  • Sayuran karbon atau karbon aktif, kadang-kadang digunakan sebagai agen pemutih, atau gas penyerap. Hal ini juga banyak digunakan dalam sistem filtrasi.
  • Karbon (dalam bentuk karbon dioksida), juga digunakan dalam minuman bersoda, alat pemadam kebakaran, dan juga sebagai es kering bila dalam keadaan padat.
  • Dalam metalurgi, karbon monoksida digunakan sebagai agen reduksi dalam rangka untuk memperoleh unsur dan senyawa lainnya.
  • Karbon dalam bentuk ‘Freon’, digunakan dalam perangkat pendingin dan sistem.
  • Banyak pemotong logam, dan alat-alat tahan panas dan perangkat juga diproduksi dengan karbon.
  • Salah satu bahan yang paling berlimpah digunakan di Bumi, plastik, dihasilkan dari polimer karbon sintetik.

 

Penggunaan Unsur Karbon dalam Tubuh Manusia

Selain kegunaan umum unsur karbon dalam kehidupan di atas, tubuh manusia juga memerlukan karbon pada hampir setiap tahap perkembangannya dan keberadaannya. Karbon bertindak sebagai makronutrien bagi tubuh dalam bentuk karbohidrat, dan dengan demikian sangat diperlukan. Hal ini diperkuat oleh fakta bahwa setiap bagian dari tubuh berisi dan membutuhkan sejumlah besar elemen ini. Elemen ini digunakan sebagai sebuah blok bangunan untuk banyak proses kehidupan yang kompleks dan penting. Ini adalah karbon ada dalam tubuh kita yang membawa banyak atom yang beragam dalam tubuh bersama-sama, dan membuat mereka untuk berfungsi, untuk membantu pertumbuhan, dengan cara yang kohesif.

Berikut manfaat dan peran karbon dalam tubuh manusia:

  1. Karbon bertindak sebagai nutrien makrobagi tubuh dalam bentuk karbohidrat. Untuk diketahui, setiap bagian tubuh manusia terdiri dan memerlukan sejumlah besar unsur ini.
  2. Karbon berperan utama dalam banyak proses kehidupan yang kompleks dan penting. Karbon dalam tubuh berikatan dengan banyak atom lain sehingga membuat tubuh berfungsi serta membantu pertumbuhan. Sekitar 18% tubuh manusia terdiri dari karbon.
  3. Unsur ini merupakan dasar dari protein, lemak, dan asam nukleat dalam tubuh manusia. Ini berarti karbon memainkan peran penting dalam fisiologi tubuh manusia.
  4. Karbon dioksida yang kita keluarkan pada saat respirasi mengandung karbon. Kadar tidak normal karbon dioksida dalam tubuh dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Oleh karena itu, penting untuk menjaga tingkat normal karbon dioksida dalam tubuh.
  5. Semua kegiatan metabolisme yang berlangsung dalam tubuh melibatkan karbon sebagai komponen dasar. Sebagai contoh, hormon dan enzim mengandung karbon.
  6. Arang aktif digunakan dalam pengobatan untuk menyerap berbagai racun atau gas yang diproduksi dalam tubuh manusia.

 

Grafit

Grafit adalah salah satu alotrop karbon, dan melayani banyak tujuan. Ini adalah salah satu zat yang paling lembut yang ditemukan di alam. Berikut adalah kegunaan utamanya –

  • Digunakan sebagai pelumas.
  • Digunakan sebagai utama dalam pensil.
  • Dalam bentuk kokas, digunakan dalam proses produksi baja.
  • Digunakan dalam baterai.
  • Grafit, menjadi konduktor listrik yang baik, digunakan dalam elektroda.
  • Hari ini grafit digunakan secara luas dalam kampas rem, bukan asbes.
  • Sebuah bentuk sintetis dari grafit (grafit nuklir) sebelumnya digunakan dalam reaktor nuklir. Mereka telah digantikan oleh deuterium oksida (air berat).
  • Blok grafit digunakan dalam blast furnace karena mereka adalah konduktor panas yang baik.

 

Berlian

Seiring dengan penggunaan banyak industri, ada sejumlah penggunaan komersial elemen ini. Yang paling jelas dari penggunaan ini, adalah ketika Anda mempertimbangkan nilai dan pentingnya berlian, yang merupakan alotrop lain unsur.

Ada sejarah besar dan tradisi di balik berlian, dan mereka juga telah menjadi penyebab perang secara penuh antara bangsa-bangsa. Berharganya mereka dan yang jarang di antara golongan batu permata yang berharga tidak diragukan lagi, dan ini dapat dilihat dalam biaya sepotong yang agak kecil dari batuan kristal.

Berlian adalah kebalikan total grafit, dan merupakan salah satu zat yang paling sulit dapat Anda temukan. Properti berlian dimasukkan untuk digunakan dalam pembuatan banyak perangkat yang digunakan untuk tujuan pemotong.

 

Karbon amorf

Alotrop karbon lain, yang tidak dapat diklasifikasikan sebagai grafit atau berlian, yang disebut karbon amorf. Hal ini juga disebut bebas atau karbon yang reaktif, dan tidak seperti alotrop lainnya, tidak memiliki struktur kristal. Seringkali jenis murni karbon, seperti batu bara dan jelaga disebut karbon amorf. Hal ini biasanya dibentuk oleh pembakaran tidak sempurna (pembakaran dalam kekurangan oksigen) dari beberapa bentuk karbon.

 

Kegunaan Lan Unsur Karbon dalam Kehidupan

Karbon dating

Ini adalah metode yang umum digunakan untuk menemukan usia fosil dan mineral yang telah ada selama berabad-abad. Sebuah isotop radioaktif karbon, yang dikenal sebagai karbon-14, digunakan untuk tujuan untuk melakukan kegiatan ini.

Jumlah senyawa yang dibentuk oleh atom karbon sekitar sepuluh juta. Seluruh cabang kimia yang disebut kimia organik, dikhususkan untuk studi tentang sifat, dan penggunaan karbon dalam berbagai bentuk.

Manfaat karbon untuk tubuh manusia, dan untuk banyak keperluan industri lainnya yang tak tertandingi, dan semua sifat ini dikombinasikan membuat unsur karbon yang sangat penting untuk mempertahankan kehidupan manusia.

 

Demikianlah apa yang bisa kami sampaikan mengenai Kegunaan Unsur Karbon dalam Kehidupan. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi dengan kami di topik-topik yang lain. (maglearning.id)

Loading...

Tinggalkan Balasan