Banyak ahli ekonomi berpendapat bahwa perilaku investasi seseorang ditentukan oleh tingkat literasi finansialnya. Di jaman modern ini perilaki investasi sangat penting dalam menjaga kontinuitas kualitas kehidupan seseorang.
Namun, di lain sisi literasi finansial tidak datang begitu saja. Ada latar belakang pendidikan dan lingkungan yang menentukan. Bagaimana dengan keluarga atau orang tua dimana nota bene adalah lingkungan pendidikan yang pertama dan utama bagi seorang individu?
Orang tua adalah agen sosialisasi pertama dan utama bagi seseorang, terutama remaja atau orang dewasa muda. Penting untuk mengenali pengaruh perilaku keuangan orang tua yang dirasakan dalam membentuk literasi keuangan dan perilaku investasi anak-anak mereka.
Dalam konteks ini, penelitian ini bertujuan untuk menguji persepsi pengaruh orang tua terhadap literasi keuangan. Selain itu, juga menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung dari literasi keuangan pada perilaku investasi seseorang.
Metode dan Temuan
Penelitan ini menggunakan data cross-sectional berbasis survei. Model persamaan struktur kuadrat terkecil parsial atau secara formal sering disebut dengan istilah VB SEM digunakan untuk memperkirakan dan menguji hubungan yang dihipotesiskan penelitian ini.
Perilaku keuangan orang tua yang dirasakan terbukti berpengaruh signifikan terhadap tingkat literasi keuangan seseorang. Pada gilirannya, literasi keuangan secara positif mempengaruhi perilaku investasi individu tersebut. Selain itu, persepsi individu tentang kepercayaan diri atas kemampuan untuk mengambil keputusan keuangan yang tepat mendorong keputusan mereka untuk berinvestasi.
Implikasi dan Value
Hasil penelitian ini menyiratkan bahwa ada kebutuhan untuk intervensi terencana dari pembuat kebijakan untuk memastikan bahwa orang dewasa muda melek finansial. Ini mungkin perlu diselenggarakan sosialisasi program atau seminar dan workshop yang direncanakan di tingkat sekolah menengah atau atas. Program-program ini harus membantu orang dewasa muda memahami perlunya fokus dan investasi jangka panjang tanpa adanya manfaat sosial.
Studi ini adalah salah satu karya awal untuk menguji persepsi pengaruh orang tua terhadap literasi keuangan orang dewasa muda dan selanjutnya menghubungkannya dengan perilaku investasi yang sebenarnya.
- Dari sisi Aplikasi : Penelitian Terapan
- Menurut Tujuan : Penelitian Korelasional
- Metode yang digunakan : Penelitian Kuantitatif
Judul Asli Artikel:
Parental influence, financial literacy and investment behaviour of young adults
Url Abstrak :
https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/JIBR-10-2021-0357/full/html
Sitasi :
Chawla, D., Bhatia, S. and Singh, S. (2022), “Parental influence, financial literacy and investment behaviour of young adults”, Journal of Indian Business Research, Vol. 14 No. 4, pp. 520-539. https://doi.org/10.1108/JIBR-10-2021-0357