Definisi Psikologi Pendidikan Menurut Para Ahli adalah cabang dari psikologi yang mempelajari bagaimana anak-anak belajar dan bagaimana orang dewasa dapat membantu anak-anak tersebut dalam proses belajar. Ini termasuk studi tentang bagaimana cara terbaik untuk mengajar, bagaimana mengevaluasi hasil belajar, dan bagaimana membantu anak-anak yang mengalami kesulitan belajar.
Psikolog pendidikan juga dapat mempelajari bagaimana cara membuat lingkungan belajar yang efektif dan menyenangkan, serta bagaimana membantu anak-anak mengembangkan kemampuan sosial dan emosional mereka. Mereka juga dapat membantu mengembangkan program pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan individu siswa dan mengevaluasi efektivitas program tersebut.
Beberapa Definisi Psikologi Pendidikan Menurut Para Ahli
Berikut ini adalah definisi psikologi pendidikan menurut para ahli :
- Psikologi Pendidikan Menurut Muhibin Syah adalah sebuah bidang studi yang berhubungan dengan penerapan pengetahuan tentang perilaku manusia untuk usaha-usaha kependidikan. Ia juga mengatakan bahwapsikologi pendidikan adalah disiplin psikologi yang mempelajari masalah psikologis yang terjadi di dunia pendidikan.
- Psikologi Pendidikan Menurut Menurut Eliot adalah penerapan teori-teori psikologi untuk mempelajari perkembangan, belajar, motivasi, pengajaran dan permasalahan yang muncul dalam dunia pendidikan. Seperti halnya yang dikatakan oleh Muhibin Syah, bahwasanya ilmu psikologi perlu diterapkan pada lingkup pendidikan.
- Psikologi Pendidikan Menurut Sumadi Suryabrata adalah suatu pengetahuan psikologi tentang anak didik dalam situasi pendidikan. Apa yang disampaikan atau dituliskan Sumadi mengenai pengertian psikologi pendidikan lebih kepada anak didik. Hal ini menunjukkan antara yang dididik dan pendidik membaur dalam satu wadah yang sama. Keduanya dibungkus dan dilapisi oleh sebuah ilmu yakni psikologi pendidikan.
- Psikologi Pendidikan Menurut Whiterington adalah suatu studi sistematis tentang proses-proses dan faktor-faktor yang berhubungan dengan pendidikan manusia. Tidak hanya sebuah proses pendidikan yang berlangsung antara murid dan guru. Whiterington menyatakan bahwa segala sesuatu yang berhubungan dan menjadi sebab pendidikan berlangsung adalah ranah dari psikologi pendidikan.
- Psikologi Pendidikan Menurut Menurut Barlow adalah suatu pengetahuan berdasarkan riset psikologis yang menyediakan serangkaian sumber-sumber untuk membantu seorang guru dalam proses belajar-mengajar secara lebih efektif. Pernyataan yang dikemukakan oleh Barlow sedikit berbeda dengan pernyataan-pernyataan sebelumnya. Barlow lebih mementingkan variabel guru sebagai objek pendidikan. Sedangkan pengertian lain, murid nuga variabel yang harus diberi perlakuan.
- Psikologi Pendidikan Menurut Tardif adalah suatu bidang studi yang berhubungan dengan penerapan pengetahuan mengenai perilaku manusia dalam berbagai usaha kependidikan. Pengertian tardif mengenai Psikologi pendidikan lebih memandang secara luas. Apa saja kompetensi yang andil dalam bidang pendidikan, ya itulah ranah dari psikologi tersebut.
- Psikologi Pendidikan Menurut Santrock adalah cabang ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan. Penjelasan Santrock adalah penjelasan yang dikupas dengan makna to the point namun sangat pas.
- Psikologi Pendidikan Menurut Arthur adalah sebuah subdisiplin ilmu psikologi yang berkaitan dengan teori dan masalah dalam dunia pendidikan yang berguna dalam hal-hal sebagai berikut:
- Penerapan prinsip belajar di dalam kelas
- Pengembangan dan pembaruan kurikulum sekolah
- Ujian serta evaluasi bakat dan kemampuan yang dimiliki peserta didik
- Penyenggaraan pendidikan terhadap guru
- Psikologi Pendidikan Menurut Borich dan Tombari adalah satu disiplin ilmu yang memfokuskan kajiannya kepada pengetahuan teoretikal dan pengetahuan empirikal mengenai pengajaran dan pembelajaran dalam ruang kelas atau sekolah.
- Psikologi Pendidikan Menurut Bank dan Thompson adalah Kajian tentang perlakuan atau tingkah laku manusia dalam proses pengajaran dan pembelajaran dalam ruang kelas atau sekolah.
- Psikologi Pendidikan Menurut Alice Crow adalah sebuah studi mengenai belajar, kematangan, pertumbuhan seorang individu dan penerapan ilmiah tentang reaksi manusia dalam proses belajar mengajar.
- Psikologi Pendidikan Menurut Soerjabrata adalah ruang lingkup yang dapat dilihat dari situasi dan proses belajar yang pusatnya adalah kajian psikologi tentang peserta didik dalam pengamatan statis dan dinamis dalam situasi belajar di dalam kelas.
- Psikologi Pendidikan Menurut Poerbakawaja dan Harahap yaitu membatasi sebagai cabang ilmu pengetahuan yang mengadakan penyelidikan atas gejala-gejala dan kegiatan-kegiatan jiwa. Dimana gejala-gejala dan kegiatan-kegiatan jiwa tersebut meliputi respons organisme dan hubungannya dengan lingkungannya.
- Psikologi Pendidikan Menurut Pintner adalah sebuah ilmu terapan yang berusaha menerangkan masalah belajar dari sudut pandang prinsip-prinsip dan fakta-fakta mengenai tingkah laku manusia yang telah di tentukan secara ilmiah.
- Psikologi Pendidikan Menurut Henry C.L memiliki tiga Eleman atau Daerah Focalyatitu peserta didik, proses pembelajaran dan situasi belajar (There are three elements of focal areas in educational psychologist and teachers, the learner, the learning process and the learning situation). Pelajar atau peserta didik yang dimaksud dalam definisi ini adalah siswa atau murid yang secara individual dan kolektif menjadi bagian dari kelompok ruang kelas.
Proses pembelajaran merupakan daerah lain yang signifikan untuk studi oleh psikolog pendidikan. Elemen yang ketiga, situasi belajar merupakan proses pendidikan yang mewujudkan lingkungan di mana pelajar menemukan jati dirinya dan di mana terjadi proses pembelajaran.
Psikolog pendidikan juga dapat bekerja di sekolah atau di universitas, atau bekerja secara independen sebagai konsultan pendidikan. Mereka dapat membantu guru dan orang tua dalam memahami bagaimana cara terbaik untuk mendukung anak-anak dalam proses belajar, serta memberikan saran bagaimana cara mengatasi masalah yang mungkin timbul selama proses belajar.
Secara keseluruhan, psikologi pendidikan memainkan peran penting dalam membantu anak-anak mencapai potensi belajar mereka dan mengembangkan kemampuan yang diperlukan untuk menjadi orang dewasa yang sukses dan bahagia.
Psikologi Sangat Terkait Dengan Pendidikan
Melihat beberapa definisi psikologi dari para ahli di atas, psikologi sangat terkait dan tidak terlepas dengan pendidikan karena psikolog mempelajari bagaimana anak-anak belajar dan bagaimana orang dewasa dapat membantu anak-anak tersebut dalam proses belajar. Psikolog pendidikan juga mempelajari bagaimana cara terbaik untuk mengajar, bagaimana mengevaluasi hasil belajar, dan bagaimana membantu anak-anak yang mengalami kesulitan belajar.
Selain itu, psikolog juga dapat membantu mengembangkan program pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan individu siswa dan mengevaluasi efektivitas program tersebut. Ini berguna bagi guru dan orang tua untuk memahami bagaimana cara terbaik untuk mendukung anak-anak dalam proses belajar dan mengatasi masalah yang mungkin timbul selama proses belajar.
Psikolog juga dapat membantu mengembangkan lingkungan belajar yang efektif dan menyenangkan, serta membantu anak-anak mengembangkan kemampuan sosial dan emosional mereka. Hal ini sangat penting karena lingkungan belajar yang positif dapat membantu anak-anak mencapai potensi belajar mereka dan mengembangkan kemampuan yang diperlukan untuk menjadi orang dewasa yang sukses dan bahagia.
Dengan demikian, psikologi sangat terkait dan tidak terlepas dengan pendidikan karena memainkan peran penting dalam membantu anak-anak mencapai potensi belajar mereka dan mengembangkan kemampuan yang diperlukan untuk menjadi orang dewasa yang sukses dan bahagia.
Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan
Dengan memahami definisi definisi psikologi pendidikan menurut para ahli di atas, maka ruang lingkup psikologi pendidikan pada dasarnya adalah sebagai berikut :
- Proses belajar: Psikolog pendidikan mempelajari bagaimana anak-anak menyerap informasi baru dan mengembangkan kemampuan baru. Ini termasuk studi tentang bagaimana anak-anak memahami konsep-konsep baru, bagaimana mereka mengingat informasi, dan bagaimana mereka menerapkan apa yang telah mereka pelajari.
- Mengajar dan pembelajaran: Psikolog pendidikan juga mempelajari bagaimana cara terbaik untuk mengajar, termasuk metode pengajaran yang efektif, cara mengevaluasi hasil belajar, dan bagaimana mengembangkan program pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan individu siswa.
- Lingkungan belajar: Psikolog pendidikan juga mempelajari bagaimana lingkungan belajar dapat mempengaruhi proses belajar anak-anak. Ini termasuk studi tentang bagaimana cara membuat lingkungan belajar yang efektif dan menyenangkan, serta bagaimana membantu anak-anak mengembangkan kemampuan sosial dan emosional mereka.
- Masalah belajar: Psikolog pendidikan juga mempelajari bagaimana membantu anak-anak yang mengalami kesulitan belajar, termasuk anak-anak dengan kebutuhan khusus seperti disleksia atau ADHD. Mereka juga dapat membantu mengembangkan strategi untuk mengatasi masalah belajar yang mungkin timbul selama proses belajar.
- Evaluasi hasil belajar: Psikolog pendidikan juga mempelajari cara mengevaluasi hasil belajar anak-anak, termasuk bagaimana menggunakan tes dan observasi untuk mengukur kemajuan anak-anak dalam proses belajar. Mereka juga dapat membantu mengembangkan sistem penilaian yang efektif untuk mengevaluasi hasil belajar anak-anak.
Demikianlah apa yang bisa kami sampaikan mengenai definisi psikologi pendidikan menurut para ahli. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi dengan kami di lain kesempatan. (maglearning.id).