Pembelajaran Berbantuan Komputer, Manfaat dan Kelemahannya

Pembelajaran Berbantuan Komputer, Manfaat dan Kelemahannya

Pembelajaran berbantuan komputer adalah suatu pembelajaran yang dibantu kerja komputer. Anak-anak sangat senang jika belajar menggunakan komputer, karena di dalam proses belajar tersebut, para murid diberikan kesempatan untuk praktek langsung dan mencoba jalannya komputer.

Pelajaran komputer tidak hanya menjelaskan dalam teori saja, namun sang guru terlibat langsung dalam menjelaskannya melalui media komputer yang telah disiapkan dalam lab komputer. Sekolah harus menyediakan beberapa lab diantaranya adalah lab IPA dan juga lab komputer. Jika sekolah tidak menyediakan fasilitas tersebut, maka dipastikan bahwa sekolah tersebut tidak layak untuk dijadikan tempat belajar.

Penggunaan komputer sangat dibutuhkan, mulai dari pelajaran di sekolah hingga penggunaan karyawan yang berada dalam sekolah. Di dalam pembelajaran berbantuan komputer, anak-anak dapat diajarkan bagaimana membuat suatu gambar dalam aplikasi paint, lalu murid juga bisa membuat dokumen atau data dalam Microsoft word. Semua itu butuh proses untuk dimengerti melalui teori, namun jika anak praktek langsung, pasti akan lebih cepat mengerti dan bisa menggunakannya.

Pembelajaran berbantuan komputer sangat berpengaruh bagi kreatifitas siswa. Karena setiap yang diajarkan dalam komuter, sang anak akan mengerjakannya dengan kemampuan dan cara imajinasinya sendiri. Misalnya ketika membuat biodata dalam word, murid-murid bisa memakai tulisan yang berbeda-beda sehingga menghasilkan tulisan yang indah.

Lalu ketika memberikan warna pada tulisan dan ukuran huruf yang digunakan, juga menggunakan imajinasi siswa sendiri. Jadi, guru hanya mengajarkan dasar-dasarnya saja, dan selebihnya para murid lah yang berkreasi sendiri dengan kemampuannya.

Untuk pelajaran komputer biasanya nilai yang didapatkan sangat tinggi, sebab sangat mudah diterapkan dan jika anak sudah mengerti maka akan mudah mengingat meskipun berbentuk teori. Bukan hanya belajar saja yang bisa diterapkan menggunakan komputer, namun saat pelajaran yang disukainya ini sedang berlangsung, sang guru memberikan siswa untuk bermain game yang sudah disediakan. Hal ini membantu anak untuk merefresh pikirannya agar tidak jenuh dengan berbagai materi yang dihadapinya.

Pembelajaran berbantuan komputer sangat membantu sekali dalam dunia sekolah. Karena saat ini dunia teknologi menjadi hal yang paling utama dalam kehidupan manusia, jadi komputer sangat berperan penting bagi pengetahuan siswa.

Model Pembelajaran Berbantuan Komputer

Menurut Rusman (2013), ada empat tipe pembelajaran berbantuan komputer yaitu:

  1. Model Drills
    Model drills adalah suatu model dalam pembelajaran dengan jalan melatih siswa terhadap bahan pelajaran yang sudah diberikan. Melalui model drillsakan ditanamkan kebiasaan tertentu dalam bentuk latihan. Dengan latihan yang terus-menerus, maka akan tertanam dan kemudian akan menjadi kebiasaan. Selain itu, untuk menanamkan kebiasaan , model ini juga dapat menambah kecepatan, ketepatan, kesempurnaan dalam melakukan sesuatu serta dapat pula dipakai sebagai suatu cara mengulangi bahan latihan yang telah disajikan.
  2. Model Tutorial
    Program tutorial pada dasarnya sama dengan program bimbingan, yang bertujuan memberikan bantuan kepada siswa agar dapat mencapai hasil belajar secara optimal. Hal ini juga sering dikaitkan dengan program pembelajaran modular, yaitu siswa dibimbing melaksanakan kegiatan belajar mandiri yang bersumber dari modul-modul dalam bidang studi tertentu.
  3. Model Simulasi
    Model simulasi pada dasarnya merupakan salah satu strategi pembelajaran yang bertujuan memberikan pengalaman belajar yang lebih kongkret melalui penciptaan tiruan-tiruan bentuk pengalaman yang mendekati suasana sebenarnya dan berlangsung dalam suasana yang tanpa risiko.
  4. Model Instruksional Games
    Instructional Games merupakan salah satu bentuk metode dalam pembelajaran berbantuan komputer. Tujuan model ini adalah untuk menyediakan pengalaman belajar yang memberikan fasilitas belajar untuk menambah kemampuan siswa melalui bentuk permainan yang mendidik. Instructional Games tidak perlu menirukan realitas, namun dapat memiliki karakter yang menyediakan tantangan yang menyenangkan bagi siswa.

Manfaat Pembelajaran Berbantuan Komputer

Pembelajaran berbantuan komputer memiliki beberapa manfaat sebagai berikut:

  1. Komputer dapat mengakomodasi siswa yang lamban menerima pelajaran, karena ia dapat memberikan iklim yang lebih efektif dengan cara yang lebih individual, tidak pernah lupa, tidak pernah bosan, sangat sabar dalam menjalankan instruksi seperti yang diinginkan program yang digunakan.
  2. Komputer dapat merangsang siswa untuk mengerjakan latihan dan melakukan kegiatan laboratorium atau simulasi. Hal ini karena tersedianya animasi grafik, warna, dan musik dalam komputer, sehingga dapat menambah realisme.
  3. Kendali berada di tangan siswa, sehingga tingkat kecepatan belajar siswa dapat disesuaikan dengan tingkat penguasaanya.
  4. Kemampuan merekam aktivitas siswa selama menggunakan suatu program pembelajaran memberi kesempatan lebih baik untuk pembelajaran secara perorangan dan perkembangan setiap siswa selalu dapat dipantau.
  5. Dapat berhubungan dan mengendalikan peralatan lain, seperti compact disc, video tape, dan lain-lain, dengan program pengendali dari komputer.

Kelemahan Pembelajaran Berbantuan Komputer

pembelajaran berbantuan komputer memiliki keterbatasan, antara lain:

  1. Meskipun harga perangkat keras komputer cenderung semakin menurun (murah), namun tetap saja membutuhkan investasi yang cukup besar, biaya pemeliharaan yang tidak murah, serta perkembangan spesifikasi komputer yang sangat cept, juga pengembangan perangkat lunaknya masih cukup
  2. Keragaman model komputer (hardware) sering menyebabkan program (software) yang tersedia untuk satu model tidak cocok (compatible) dengan model yang lainnya.
  3. Program yang tersedia saat ini belum memperhitungkan kreativitas siswa, sehingga hal tersebut tentu tidak akan dapat mengembangkan kreativitas siswa.
  4. Komputer hanya efektif bila digunakan oleh satu orang atau beberapa orang dalam kelompok kecil. Untuk kelompok yang besar, diperlukan tambahan peralatan lain yang mampu memproyeksikan pesan-pesan dari monitor ke layar lebih besar.
  5. Sering kali kemampuan guru masih belum sesuai dengan kecanggihan komputer yang digunakan.

 

Demikianlah sekilas ulasan mengenai pembelajaran berbantuan komputer, manfaat dan kelemahannya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di lain kesempatan. (maglearning.id)

 

Loading...

Tinggalkan Balasan