Pelayanan Yang Bermutu Tinggi, Bagaimana Cara Membangunnya

Pelayanan Yang Bermutu Tinggi, Bagaimana Cara Membangunnya ?

Dari tema yang saya coba angkat mengenai Pelayanan yang bermutu tinggi kali ini, mari kita lihat dahulu definisi dari pelayanan itu sendiri. Definisi Pelayanan adalah setiap kegiatan atau manfaat yang ditawarkan suatu pihak kepada pihak lain yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan apa pun dan Produksi layanan dapat berupa fisik atau tidak.

Pelayanan yang bermutu tinggi adalah sebuah konsep yang penting dalam manajemen bisnis dan industri layanan. Konsep ini dapat didefinisikan sebagai upaya untuk memberikan layanan yang berkualitas tinggi, efisien, efektif, dan memuaskan pelanggan secara konsisten. Hal ini meliputi semua aspek dari interaksi antara pelanggan dan penyedia layanan, termasuk produk, komunikasi, dan dukungan.

Banyak ahli manajemen telah mengembangkan definisi pelayanan bermutu tinggi. Salah satu definisi yang terkenal adalah yang dikembangkan oleh Parasuraman, Zeithaml, dan Berry dalam karyanya pada tahun 1985 yang berjudul “A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research”. Menurut mereka, pelayanan yang bermutu tinggi terdiri dari lima dimensi, yaitu keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik. Keandalan berkaitan dengan kemampuan penyedia layanan untuk memberikan layanan yang konsisten dan dapat diandalkan, sedangkan daya tanggap berkaitan dengan kemampuan penyedia layanan untuk merespon kebutuhan pelanggan dengan cepat dan efisien. Jaminan berkaitan dengan jaminan yang diberikan penyedia layanan kepada pelanggan mengenai kualitas layanan yang diberikan. Empati berkaitan dengan kemampuan penyedia layanan untuk memahami dan merespon kebutuhan dan keinginan pelanggan, dan bukti fisik berkaitan dengan tampilan fisik dan kualitas lingkungan tempat layanan diberikan.

Ahli lainnya, seperti Gronroos (1984) dan Berry (1995), telah mengembangkan definisi yang mengacu pada konsep hubungan pelanggan-kepenyedia layanan. Gronroos (1984) menekankan pentingnya “hubungan pribadi” dalam pelayanan bermutu tinggi, sementara Berry (1995) memperluas konsep hubungan pelanggan-kepenyedia layanan untuk mencakup hubungan antara pelanggan dan seluruh organisasi penyedia layanan. Menurut Berry, pelayanan yang bermutu tinggi harus mencakup aspek-aspek seperti perencanaan, pelaksanaan, dan pengukuran kinerja organisasi secara keseluruhan, bukan hanya departemen atau individu tertentu.

Selain itu, beberapa ahli juga menekankan pentingnya pengalaman pelanggan dalam konsep pelayanan bermutu tinggi. Pine dan Gilmore (1999) mengembangkan konsep “ekonomi pengalaman” yang mengarahkan perusahaan untuk mempertimbangkan bagaimana mereka dapat menciptakan pengalaman pelanggan yang menyenangkan dan berkesan. Menurut mereka, pengalaman pelanggan yang bermutu tinggi meliputi lima elemen: pengertian, keterlibatan, estetika, keaslian, dan kepuasan.

Karakteristik Pelayanan

Terdapat empat karakteristik layanan yang membedakan dengan barang, yaitu :

  • Intangibility

Artinya layanan tidak dapat dilihat, dirasa, diraba, didengar sebelum dibeli. Hasil layanan ini dapat dinilai setelah menikmatinya. Bila pelanggan membeli layanan maka dia hanya menggunakan, memanfaatkan layanan yang dibelinya.

  • Inseparability

Pelayanan yang dijual terlebih dahulu baru diproduksi dan dikonsumsi secara bersama-sama. Dalam hal ini penyedia layanan dan yang mendapatkan layanan sama-sama berpartisipasi, penyedia layanan dan klien mempengaruhi hasil layanan.

  • Variability

Merupakan layanan yang bersifat sangat variabel. Artinya, banyak variasi bentuk, kualitas dan jenis tergantung pada siapa, kapan dan dimana layanan tersebut dihasilkan.

  • Perishability

Layanan merupakan komoditas yang tidak tahan lama dan tidak dapat disimpan.
Setiap orang atau Perusahaan pada umumnya pastilah sangat senang kalau dipuji, akan tetapi berhati-hatilah dengan pujian yang anda terima dari orang-orang yang anda layani, sebab itu dapat menjadi boomerang bila anda tidak waspada, karena setiap pujian dapat menjadi seperti pedang bermata dua yang dapat melukai bila tidak diwaspadai.

Membangun Pelayanan Yang Bermutu Tinggi

Setiap orang yang menginginkan mendapatkan kesuksesan dalam hidup haruslah memikirkan pelayanan bermutu tinggi kepada setiap orang yang  ditemui atau dilayani. Oleh sebab itu, tidak ada alasan apa pun untuk tidak memiliki keinginan yang tulus dalam melayani  secara berkualitas dan sempurna.

Apabila pelayanan yang diberikan tidak dilakukan dengan ketulusan, maka setiap upaya pelayanan yang dilakukan hanya berpotensi menjadi obsesi yang tidak sempurna. Semakin pikiran dan hati di motivasi untuk melayani dengan ketulusan memberikan pelayanan kepada setiap orang, maka semakin bersinarlah nilai pelayanan yang diberikan di dalam hati setiap orang yang menerima pelayanan.

Ciptakan kesan pelayanan yang tidak pernah hilang dari ingatan siapa pun hal ini sangatlah penting. Tekuni semua peluang dengan mengarahkan segenap pengetahuan Anda untuk tetap memberikan pelayanan berkualitas super tinggi buat siapa pun.

Berikan kepuasan dan kenyamanan dari setiap pelayanan Anda kepada setiap orang yang membutuhkan pelayanan Anda.

Berikan pelayanan berkualitas tinggi dengan kuantitas pelayanan beragam yang menciptakan rasa puas, dan pastikan setiap orang yang menerima jasa pelayanan Anda merasa bahagia dan terpenuhi secara sempurna.

Pelayanan bukanlah laksana menyaksikan pameran busana yang hanya berniat untuk memamerkan hasil karya tanpa peduli cocok atau tidak karya tersebut untuk orang lain atau hadirin. Pelayanan lebih  kepada memberikan kenyamanan yang bersifat realistis untuk semua orang yang ditemui atau dilayani.

Pelayanan berkualitas tinggi adalah kunci kesuksesan, jadi lakukanlah pelayanan itu dengan standar berkualitas tinggi bersama sumber daya yang memiliki persepsi yang sama.

Berikan semua kualitas pelayanan yang terbaik tanpa mengurangi setitik pun kenyamanan dan keamanan dari produk dan jasa yang ditawarkan pada orang banyak. Tidak peduli seberapa besar Anda harus berjuang untuk bekerja keras agar menghasilkan kualitas sesuai keinginan dan harapan dari orang banyak, kerjakanlah semuanya dengan pikiran positif dan dengan ketulusan , dan yakinlah bahwa melalui pelayanan berkualitas tinggi, sudah pasti akan meraih kesuksesan.

Selamat mempraktekkan Pelayanan yang bermutu tinggi.
Salam sukses !! (maglearning.id)

Loading...

Tinggalkan Balasan