Cara Kerja Ingatan Otak Manusia – Setiap saat kita dibombardir dengan berbagai informasi yang diindera oleh panca indera kita. Pesan sarat emosi datang kepada kita dengan cepat, dan otak kita harus memutuskan apa yang harus diperhatikan dan apa yang harus dibuang. Apalagi di jaman serba online dan cepat ini, hampir setiap detik laju informasi masuk ke otak kita, memenuhi sel sel memori otak kita.
Memori itu rapuh. Tetapi dalam kasus ini, Kita sebagai guru memiliki beberapa teknologi untuk membantu kita. Salah satu dari banyak dilema yang dihadapi para pendidik saat ini adalah: Apakah kita terlalu bergantung pada bantuan teknologi? Apakah kita kurang memanfaatkan kekuatan memori kita dengan menuliskan sesuatu?
Nah, dalam tulisan singkat ini mari kita ulas mengenai bagaimana cara kerja ingatan otak manusia ? khususnya dalam bidang pendidikan.
Proses Memori Jangka Pendek
Ada tiga proses memori jangka pendek, yaitu: memori sensorik, memori langsung, dan memori kerja. Masing-masing memainkan peran yang berbeda dan berhubungan dengan bagian otak yang berbeda.
Memori Sensorik
Semua informasi sensorik, kecuali indera penciuman kita memasuki otak kita melalui batang otak. (Bau memiliki rute yang lebih langsung, dan pusat penciuman di otak sangat dekat dengan area yang terkait dengan emosi. Ini mungkin mengapa bau membawa kembali ingatan secara instan, dan biasanya memiliki komponen emosional di dalamnya).
Informasi sensorik ini disortir dan dikirim ke area otak yang sesuai untuk diperiksa. Misalnya, informasi visual dikirim ke lobus oksipital untuk pemrosesan visual. Memori sensorik memiliki rentang waktu sekitar empat detik untuk diabaikan atau disimpan sedikit lebih lama dalam memori langsung. Beberapa peneliti menyebut sistem sensorik ini sebagai “penyangga”.
Memori Segera (Langsung)
Jika informasi ditemukan berguna, proses memori langsung dimulai. Memori segera menyimpan informasi selama 15 sampai 30 detik. Ini adalah memori yang kami gunakan untuk mencari nomor di buku telepon. Kami menyimpan nomor itu di memori sampai kami memasukkannya di telepon kami. Kemudian dengan cepat menghilang.
Siswa mungkin menghadapi situasi seperti ini. Jika dia punya waktu untuk menuliskan tugasnya, dia mungkin tidak memiliki dilema sama sekali. Dia akan bisa melepaskan informasi tugas dari ingatannya langsung dan malah berpegang pada informasi memanggang tanpa masalah. Sebaliknya, dua potongan informasi menjadi terjerat di otaknya dan dia harus mengambil sedikit lebih banyak waktu untuk menyelesaikan masalah.
Memori segera tidak hanya memiliki batas waktu, tetapi juga batas beban. Para peneliti telah menemukan bahwa kekuatan pemrosesan untuk memori jangka pendek dimulai dengan ruang untuk satu bit informasi pada usia 3 tahun. Kemudian, setiap tahun kami mendapatkan kekuatan untuk ruang lain hingga sekitar usia 15 tahun, ketika kami memiliki ruang memori untuk tujuh item. .
Jika kita memiliki ruang untuk tujuh item, mengapa Madonna memiliki begitu banyak masalah? Pada usianya, dia belum mengembangkan kekuatan pemrosesan orang dewasa. Dia mungkin juga memiliki lebih sedikit strategi memori untuk digunakan atau informasi lain mungkin telah mengambil ruang dalam memori langsungnya.
Memori Kerja
Jenis memori jangka pendek ini adalah proses yang terjadi di korteks prefrontal dan lobus temporal otak. Kadang-kadang disebut “bantalan awal.” Di sinilah, dengan bantuan hipokampus, kita melatih informasi baru dan menggabungkannya dengan pengetahuan yang tersimpan sebelumnya. Jika kita mengambil informasi dari memori langsung dan menghabiskan waktu untuk memikirkannya, melatihnya, menggabungkannya dengan hal-hal lain yang kita ketahui, kita memaksimalkan proses memori kerja ini. Membuat koneksi dan masuk akal untuk diri kita sendiri memungkinkan informasi menjadi memori jangka panjang.
Kita semua mungkin menggunakan memori kerja dengan cara lain. Sebagai seorang siswa saya ingat menunggu sampai saat terakhir untuk belajar untuk ujian. Saya akan begadang hampir sepanjang malam. Strategi ini melibatkan pengulangan dan latihan. Biasanya tidak melibatkan usaha untuk membuat hubungan nyata atau arti sebenarnya dari materi.
Beberapa menit sebelum ujian saya mungkin masih mempelajari catatan saya. Saya akan lari ke kelas dan meminta kertas ujian segera, mengetahui bahwa saya akan melupakan jawaban penting. Untungnya untuk nilai rata-rata saya, teknik ini agak berhasil. Saya akan lulus ujian dan terkadang melakukannya dengan cukup baik. Tetapi saat saya keluar dari kelas itu, otak saya membuang sebagian besar informasi itu.
Penelitian terbaru menunjukkan bahwa peningkatan kapasitas memori kerja dapat meningkatkan prestasi (Klingberg, 2008). Pertanyaannya, bagaimana cara meningkatkan working memory? Praktik. Latihan yang menantang. Meskipun beberapa pendidik merasa ini adalah buang-buang waktu yang berharga, mungkin kita harus melihat lebih dekat pada penelitian ini. Peningkatan memori kerja hanya terlihat ketika anak-anak bekerja pada batas kapasitas mereka dan secara teratur.
Karena siswa kami tidak perlu mengingat nomor telepon dan data lainnya, mereka telah keluar dari kebiasaan menggunakan ingatan mereka. Sebagian besar dari Anda ingat menghafal puisi, pembukaan, dan potongan teks pendek di sekolah. Aktivitas tantangan semacam ini, bersama dengan masalah matematika mental, dapat membuat perbedaan.
Ingatan jangka panjang
Proses mengambil informasi dan menyimpannya untuk jangka waktu yang lama disebut memori jangka panjang. Ada orang-orang yang percaya bahwa kita memiliki memori jangka panjang seumur hidup yang tersimpan yang hanya menunggu untuk diakses. Peneliti otak percaya bahwa setelah jangka waktu tertentu ingatan ini tidak lagi tersedia. Yang lain lagi yakin bahwa kita mengganti ingatan lama kita dengan yang baru. Perhatikan contoh berikut:
Para siswa memasuki kelas di mana guru ekonomi rumah mereka mulai membuat saus marinara yang akan mereka buat sebagai bagian dari pekan memasak Italia. Marguerite berjalan-jalan untuk berbicara dengan teman-temannya, tetapi dia berhenti dengan cepat, mengendus-endus udara, dan berkata, “Saya ingat bagaimana nenek saya dulu membuatkan lasagna untuk kami. Baunya seperti rumahnya di sini.”
Guru musik memberi tahu murid-muridnya bahwa mereka akan menyanyikan lagu sekolah di pertemuan sepulang sekolah hari ini. Anak laki-laki dan perempuan menatapnya dengan kaget. “Kami tidak pernah mempelajari lagu itu,” kata Sara. Saat Bu Murphy mulai memainkan melodi pada piano, para siswa mengingat lagu tersebut dan mulai berlatih.
Beberapa mantan siswa kembali ke sekolah untuk berkunjung setelah lulus beberapa tahun lalu.
Saat mereka masuk, Sondra berkata, “Saya tidak dapat mengingat apa pun yang terjadi di sini. Kurasa aku tidak terlalu menyukainya.” Saat kelompok berjalan menyusuri lorong, Sondra tiba-tiba berkata, “Di sinilah kami harus berbaris dan bersiap untuk tornado! Dan itu adalah ruangan tempat Tuan Little, guru sains, mengalami ledakan kecil dan merusak dasinya! Kurasa aku punya kenangan dari sekolah!”
Masing-masing pengalaman ini menunjukkan bagian dari keajaiban memori jangka panjang.
Masing-masing dipicu dengan cara yang berbeda, menggambarkan bagian dari misteri ingatan. Beberapa ingatan kita berumur puluhan tahun, tetapi dengan rangsangan yang tepat, seolah-olah peristiwa yang diingat itu baru terjadi kemarin.
Dengan teknik pencitraan otak saat ini, dimungkinkan untuk melihat bagaimana dan di mana ingatan disimpan. Ingatlah bahwa ingatan tidak disimpan di satu lokasi di otak. Ingatan Anda tentang hari pertama Anda di sekolah dibagi menjadi beberapa wilayah di otak. Ketika Anda mengingat memori, Anda benar-benar menyatukannya kembali dalam memori kerja.
Demikianlah sedikit bahasan kami mengenai bagaimana cara kerja ingatan otak manusia ? Semoga bermanfaat (maglearning.id).