CARA MEMUNCULKAN TOOL ANALISIS STATISTIK DI EXCEL 2007 dan 2010

Fitur Analysis Toolpak untuk mempermudah kita melakukan analisis data statistik sudah disediakan di excel sejak lama. Kita bisa melakukan banyak analisis statistik dengan tool ini. Analisis yang bisa kita lakukan diantaranya adalah analisis regresi, korelasi, statistik deskriptif, uji beda, sampai beberapa metode forecasting. Bahkan kita sebenarnya tidak perlu menggunakan SPSS untuk melakukan analisis-analisis tersebut.

Loading...

Baiklah, langsung saja kita mulai dengan bagaimana memunculkan tool ini pada kelompok toolbar DATA. Seperti kita lihat pada gambar di bawah ini dalam kelompok toolbar DATA tidak ada tool analisis. Untuk memunculkannya ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik Office BUTTON, pada pojok kiri atas tampilan excel.
  • Lanjutkan dengan klik Excel Option pada bagian bawah kotak dialog.
  • Setelah muncul tampilan menu Excel Options sperti pada gambar di bawah, Klik Add-Ins pada bagian menu paling kiri baris ke tiga dari bawah.
  • Pilih Excel Add-ins seperti gambar di bawah, kemudian lanjutkan dengan Klik Go…
  • Setelah muncul menu pilihan Add-ins, centang “Analysis ToolPak” saja, kemudian klik OK.
  • Bila muncul peringatan bahwa Microsoft Office Excel tidak bisa menjalankan add-in ini berarti memang waktu instalasi dulu belum dimunculkan dan belum pernah menggunakan add-in ini. Pada pertanyaan apakah anda ingin menginstall sekarang? Maka klik “Yes”.
  • Sesaat kemudian Excel akan memasang add-in ini. Tunggu beberapa saat, biarkan komputer menyelesaikan pekerjaannya.
  • Setelah selesai tool Data Analysis akan muncul di bagian paling kanan kelompok menu DATA. Seperti pada gambar di bawah ini.
  • Bila tidak berhasil, anda membutuhkan File atau CD Master instalasi Microsoft Office.
Loading...

Setelah semua proses selesai maka tool Data Analysis siap digunakan. Contoh sebagian alat analisis statistik seperti gambar di atas. Nah, mudah kan Gaes….. sampai ketemu lagi di coretan saya berikutnya.

One comment

Tinggalkan Balasan