TUTORIAL REGRESI VARIABEL DUMMY MENGGUNAKAN GRETL

Analisis regresi merupakan salah satu prosedur statistik yang mensyaratkan setiap variabelnya berskala minimal interval. Dalam analisis tertentu biasanya kita harus berhadapan dengan variabel yang bersifat kategori (nominal atau ordinal). Bila Anda belum memahami apa itu variabel kategori silahkan membacanya DI SINI.

Karena variabel dengan skala nominal dan ordinal tidak berlaku operasi matemetika, maka dibentuklah variabel dummy. Jadi variabel dummy ini adalah varibel kategori yang seolah-olah atau dianggap sebagai variabel interval/rasio sehingga berlaku operasi matematika.

Jika variabel kategori tersebut merupakan variabel independen maka model yang sesuai adalah model regresi variabel dummy. Namun jika variabel independen tersebut hanya satu-satunya variabel bebas maka analisis yang tepat adalah analisis varians atau ANOVA.

Loading...

Banyaknya variabel dummy ini tergantung pada jumlah kategori yang ada di dalamnya. Rumus penentuan jumlah variabel dummy adalah jumlah kategori dikurangi satu (n-1). Sebagai contoh variabel jenis kelamin, karena jumlah kategori adalah 2 maka jumlah variabel dummy adalah satu (2-1). Contoh lain bila variabel dummy adalah gender suku misalnya ada kategori Jawa, Madura, Cina, dan Sunda maka variabel dummy ada tiga (4-1).

Loading...

Nah, untuk melakukan analisis regresi denga variabel dummy ini silahkan Anda simak video berikut:

Bagaimana Gaes….. cukup mudah bukan? jangan lupa tulis komentar dan follow Blog Ini ya… Terima kasih.

One comment

Tinggalkan Balasan