Fungsi Manajemen Referensi

Awalnya perangkat lunak manajemen referensi dikembangkan untuk membantu penulis/peneliti dalam mempermudah dan mempercepat proses pengelolaan referensi yang mereka gunakan. Namun seiring dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat dan signifikan maka banyak sekali yang bisa kita lakukan dengan menggunakan perangkat manajemen referensi ini.

Banyak sekali fungsi pengelolaan manajemen referensi yang bisa kita dilakukan dengan bantuan perangkat lunak berbasis komputer dan daring. Ada beberapa fungsi dasar yang sering digunakan oleh penulis karena dianggap sangat membantu maupun alasan lain. Sebagai contoh kita akan membahas fungsi-fungsi yang ada di Mendeley. Berikut adalah beberapa fungsi dasar yang sering digunakan dalam mengelola referensi menggunakan Mendeley.

1. Membuat perpustakaan pribadi

Fungsi ini layaknya perpustakaan digital yang kita miliki yang nantinya akan kita kelola dan manfaatkan. Fungsi dasar membuat perpustakaan ini dimulai dari melakukan input data referensi yang kita miliki. Dengan Mendeley, proses input menjadi sangat mudah, mulai dari input data manual sampai hanya dengan beberapa klik saja menggunakan mouse. Data inilah yang nantinya akan kita gunakan dalam kegiatan mengelola referensi.

2. Mengelola referensi

Loading...

Mengelola referensi menjadi mudah dengan Mendeley. Kita bisa mengelompokkan jenis-jenis referensi yang kita miliki seperti buku, artikel jurnal, bab, tesis atau lainnya. Kita juga bisa mengelompokkan sesuai bidang, misalnya bidang pendidikan, statistik, ekonomi dan lainnya. Kita tidak perlu repot melakukan pengecekan secara manual bila ada data yang kita input lebih dari sekali karena kita bisa melakukan pengecekan dengan fasilitas “recognize”. Selain itu kita juga bisa menandai dokumen apa yang menjadi favorit kita, sehingga mudah untuk ditemukan bila kita sudah lama tidak membacanya.

Penataan file dokumen juga menjadi sangat mudah dan menyenangkan. Kita bisa menata dokumen kita berdasarkan tahun terbit, judul, penerbit maupun penulis. Kita juga bisa melakukan pengaturan struktur dan sub struktur folder dengan mudah.

3. Menyitasi referensi

Loading...

Fungsi sitasi referensi merupakan fungsi utama semua aplikasi manajemen referensi tak terkecuali Mendeley. Proses penyitasian menjadi sangat mudah dilakukan dengan Mendeley. Kita hanya perlu melakukan “klik” pada tombol “insert citation” di menu MsWord atau OpenOffice. Pengubahan gaya sitasi juga dapat kita lakukan hanya dengan beberapa “klik” saja.

4. Membagikan dokumen dan referensi

Bila kita bekerja secara tim, maka fasilitas ini akan sangat membantu kita. Kita bisa melakukan kerja bersama secara online dengan grup yang kita buat. Pekerjaan bisa dilakukan kapan pun dan dimana pun kita mau. Setiap anggota grup bisa berpartisipasi aktif dalam bagiannya masing-masing. Dokumen bisa dengan mudah dibagi-bagikan dalam sebuah grup tertutup yang telah kita buat.

One comment

Tinggalkan Balasan