Gambar 3½ Dimensi (3½D)

Gambar 3½ dimensi (3½D) adalah gambar 2D atau 3D yang mensimulasikan atau menyiratkan pergerakan. Gambar 3½ D digital dapat berubah bentuk. Berbagai alat dapat menyampaikan dinamisme warna, tekstur, dan ilusi.

Perubahan background dapat membuat ilusi pergerakan. Gambar 2D dapat disajikan dalam semacam urutan untuk mensimulasikan aksi atau gerakan tertentu. Gerakan dapat dikoreografikan seperti pada avatar dan karakter digital, di mana gerakan sengaja dibuat untuk membangkitkan efek tertentu.

Gerakan dapat berupa dispersi kabut, kabut, awan, debu, api, gas, atau cairan. Mungkin juga ada animasi runtut waktu yang menunjukkan perubahan pada adegan tertentu. Video (paling umum 2D) adalah cara umum untuk menunjukkan gerakan atau perubahan dalam ruang-waktu, sering dianggap gambar yang bergerak karena pada dasar memang frame yang berpindah-pindah.

Hologram menggambarkan pola interferensi balok cahaya koheren yang ditumpangkan langsung dari sumber dan lainnya dipantulkan atau tersebar dari objek fisik. Beberapa hologram digital mungkin dengan “penanda” fisik yang berinteraksi dengan webcam komputer.

Loading...

Grafik yang menunjukkan gerakan mungkin menyiratkan perubahan, mengomunikasikan karakter atau avatar, dan menawarkan detail koreografi yang menyenangkan. Desain elegan di sini harus menunjukkan gerak dinamis alami.

Berikut ini adalah beberapa contoh gambar 3½D.

Gambar-gambar ini sering kita jumpai dalam laman-laman di internet atau prolog dalam sebuah game interaktif. Media pembelajaran multimedia saat ini juga sudah banyak menggunakan gambar-gambar ini.

Loading...

Efek gerakan sangat efektif untuk menarik perhatian pemirsa. Namun bila tidak digunakan secara efektif justru dapat mengganggu proses akuisisi materi atau pesan yang disampaikan.

Agar media pembelajaran dapat digunakan secara efektif untuk menyampaikan pesan-pesan (informasi) penting maka perlu memperhatikan beberapa prinsip pengembangan media pembelajaran. Prinsip-prinsip tersebut bisa anda baca di Blog ini dengan memasukkan kata kunci “prinsip media pembelajaran” di menu search. Menu “search” ada di bagian kanan Blog bila anda menggunakan desktop, bila anda menggunakan gawai gerak seperti telepon pintar menu ini berada di bagian bawah.

Tinggalkan Balasan