Video Pembelajaran Ekonomi Makro

Masih merebaknya wabah Covid-19 di Indonesia tidak membuat anak-anak Indonesia berhenti belajar. Justru ditengah pandemi ini mereka semakin kreatif. Pembelajaran saat ini tidak lagi dibatasi oleh sekat-sekat tembok kelas, juga tak bisa dihalangi oleh jarak dan waktu yang terus berjalan.

Pelan-pelan pembelajaran tidak lagi didominasi oleh guru atau dosen alias teacher centered melainkan bergeser ke peran aktif siswa yang lebih dominan (student centered). Walaupun peran guru tidak mungkin tergantikan namun porsinya mau tidak mau harus berkurang akibat terbatasnya akses fisik. Dunia memang dalam sekejap telah berubah drastis. Namun tetap ada sisi positifnya. Siswa dipaksa aktif menentukan pembelajarannya sendiri.

Dalam sebuah penelitian, terbukti bahwa ketika siswa diberi kepercayaan untuk menentukan sendiri tentang capaian yang harus diraih maka mereka cenderung lebih bertanggung jawab. Seorang atau sekelompok siswa yang memilih membuat video pembelajaran daripada tugas tertulis yang konvensional terbukti lebih kreatif dalam mengatasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi ketika menyelesaikan proyek tersebut. Komitmen penyelesaian tugas juga lebih kuat serta bersedia meluangkan lebih banyak waktu.

Loading...

Demikian pula dengan sekelompok mahasiswa saya. Mereka ternyata lebih kreatif dan mampu mengeluarkan potensi terbaik yang mereka miliki. Banyak potensi yang sebelumnya belum pernah dieksplorasi harus dengan terpaksa dimunculkan. Batas kinerja belajar mereka justru meningkat bila dibandingkan pembelajaran di masa normal.

Loading...

Di bawah ini adalah contoh karya-karya mereka yang menurut saya sudah cukup memenuhi ekspektasi saya. Mereka hanya butuh sedikit sentuhan pemahaman prinsip-prinsip multimedia dan penekanan prinsip utama pembelajaran.

Kebetulan pembelajaran ekonomi makro yang kami jalani masih setengah jalan ketika wabah Covid-19 melanda wilayah kami. Jadi, konten materi yang digunakan mengikuti jadwal yang sudah ada. Video di bawah ini adalah murni karya mereka tanpa ada campur tangan sedikitpun dari dosen.

Efektifitas kebijakan moneter terhadap perekonomian
Dampak kebijakan makro ekonomi dalam kasus ekstrim
MODEL MUNDELL-FLEMING DAN ANALISA DAMPAK KEBIJAKAN MAKROEKONOMI DIBAWAH REGIM NILAI
Menganalisis Kebijakan Makro Ekonomi Di Bawah Regim Nilai Tukar Fleksibel

Tinggalkan Balasan