Belajar Tematik Kelas 4 Tema 2 “Selalu Berhemat Energi” Disertai Latihan Soal Online

Kami sengaja membuat media pembelajaran ini untuk mempermudah peserta didik belajar kapanpun dan dimanapun dia suka. Tidak hanya sangat bermanfaat untuk pembelajaran di masa pandemi, namun kami berharap bisa membantu peserta didik untuk merdeka belajar dan berpusat pada mereka. Media ini dapat digunakan untuk pembelajaran di luar kelas serta mengulangi dan melengkapi apa yang telah mereka dapat di dalam kelas.

Bagi orang tua yang sedang menemani putra-putrinya belajar di rumah, diharapkan media pembeajaran ini juga dapat membantu. Dalam media pembelajaran ini sudah kami sediakan buku tema 2 “Selalu Berhemat Energi” yang bisa dibaca secara online dengan ukuran yang lebih kecil sehingga bisa diakses dengan cepat. Bila membutuhkan membaca secara offline di gawai pun sudah saya siapkan tautan downloadnya, tentunya dengan ukuran file yang sangat kecil pula. Ukuran yang lebih kecil ini tidak makan banyak kuota internet, serta cepat dalam pengunduhannya. Namun mungkin ada sedikit ada perbedaan yang tidak signifikan yaitu jenis huruf dan gambar yang pecah bila dibuka di smart TV.

Oke, marilah kita mulai pembelajaran ini, terlebih dahulu silakan baca bukunya di sini:

FlipBook Di Sini

Bila ingin mengunduhnya silakan klik DI SINI.

Pembelajaran kelas 4 SD/MI tema 2 ini membahas tentang sikap dan perilaku Hemat Energi. Pembelajaran akan dimulai dari belajar mengenal macam-macam sumber energi dalam kehidupan. Hal ini akan membuat kita lebih mengerti dan bijak dalam pemakaian beragam sumber energi dalam kehidupan sehari-hari.

Belajar berhemat energi juga dari lingkungan juga penting. Ajak orang-orang di sekitarmu untuk lebih peduli terhadap penggunaan energi secara bijak. Ajak mereka berdiskusi tentang pentingnya hidup hemat listrik, hemat air, dan memberikan ide-ide tentang cara-cara hidup hemat energi.

Belajar dengan Orang Tua adalah belajar yang menyenangkan dan paling berkessan. Diskusikan dan ajak orang tuamu untuk mengamati penggunaan energi di lingkungan sekitar. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian terhadap pentingnya penggunaan energi secara bijak.

Pembelajaran Tematik Melalui Video dan Latihan Soal

Untuk pembelajaran melalui video dan latihan soal silakan tonton video-video berikut ini dan coba lakukan latihan soal yang telah disediakan. Ada tiga subtema dalam pembelajaran tema 2 ini yaitu:

Subtema 1: Sumber Energi

Sumber daya alam terbagi dua. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber alam yang tidak dapat diperbaharui. Sebagai anak Indonesia, kamu harus tahu apa yang termasuk ke dalam keduanya, dan apa dampaknya apabila kita kekurangan keduanya. Penggunaan sumber daya alam berlebihan akan memengaruhi kehidupan manusia. Kita harus menghemat penggunaannya.

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui misalnya; tumbuhan, hewan, sinar matahari, angin, dan air. Sumber tersebut termasuk kelompok sumber daya alam yang dapat diperbaharui karena terus tersedia dan dapat kita kelola untuk kita perbanyak jumlahnya. Jumlah sumber daya alam ini sangat berlimpah. Agar sumber daya alam ini tetap tersedia, kita harus menggunakannya dengan bijak dan melestarikannya. Sumber daya alam ini sangat penting untuk dijaga keberadaannya.

Video pembelajaran Tema 2 Subtema 1: Pembelajaran 1

Video pembelajaran Tema 2 Subtema 1: Pembelajaran 2

Video pembelajaran Tema 2 Subtema 1: Pembelajaran 3

Video pembelajaran Tema 2 Subtema 1: Pembelajaran 4

Video pembelajaran Tema 2 Subtema 1: Pembelajaran 5

Video pembelajaran Tema 2 Subtema 1: Pembelajaran 6

Latihan Soal Subtema 1

Subtema 2: Manfaat Energi

Tahukah kamu, Indonesia memiliki sumber daya alam yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh? Sumber daya alam tersebut dijual di pasar dan bisa dinikmati oleh siapa saja.

Temulawak, kunyit, jahe, bawang putih, kencur, dan cengkeh merupakan contoh sumber daya alam Indonesia yang jumlahnya berlimpah. Banyak masyarakat memanfaatkan tanaman tersebut dalam kehidupannya sehari-hari.

Wah, hebat bukan? Ternyata sumber daya alam Indonesia yang berlimpah sangat banyak manfaatnya bagi tubuh. Banyak pula peminat yang berasal dari luar Indonesia untuk membelinya.

Bersama temanmu, temukanlah sumber daya alam Indonesia lainnya yang banyak dijumpai di pasar. Sumber daya alam yang kalian diskusikan adalah sumber daya alam yang memiliki banyak manfaat. Bukan saja bermanfaat di dapur sebagai bumbu masak, namun juga bermanfaat untuk kebutuhan lainnya.

Loading...

Video pembelajaran Tema 2 Subtema 2: Pembelajaran 1

Video pembelajaran Tema 2 Subtema 2: Pembelajaran 2

Video pembelajaran Tema 2 Subtema 2: Pembelajaran 3

Video pembelajaran Tema 2 Subtema 2: Pembelajaran 4

Video pembelajaran Tema 2 Subtema 2: Pembelajaran 5

Video pembelajaran Tema 2 Subtema 2: Pembelajaran 6

Latihan Soal Subtema 2

Subtema 3: Energi Alternatif

Sumber energi yang berasal dari minyak bumi dan gas merupakan sumber energi yang tidak dapat diperbarui. Sumber energi ini memiliki ketersediaan yang terbatas dan suatu saat akan habis.

Manusia memerlukan sumber energi lain atau energi alternatif untuk memenuhi kebutuhannya. Sumber energi alternatif berasal dari sumber energi yang dapat diperbarui, contohnya sinar matahari, angin, air, panas bumi, gelombang laut, dan bio.

Video pembelajaran Tema 2 Subtema 3: Pembelajaran 1

Video pembelajaran Tema 2 Subtema 3: Pembelajaran 2

Video pembelajaran Tema 2 Subtema 3: Pembelajaran 3

Video pembelajaran Tema 2 Subtema 3: Pembelajaran 4

Loading...

Video pembelajaran Tema 2 Subtema 3: Pembelajaran 5

Video pembelajaran Tema 2 Subtema 3: Pembelajaran 6

Latihan Soal Subtema 3

Untuk pembelajaran kelas 4 tema 2 selengkapnya silakan simak video pembelajaran berikut ini:

Untuk membuka latihan soal seluruh tema 2 silakan buka tautan di bawah ini:

Latihan Soal Kelas 4 TEMA 2

Aplikasi Latihan Soal Tematik Versi Android

Untuk download aplikasi versi Android silakan klik tautan di bawah ini:

NB:

Mohon maaf, karena ribuan soal yang kami input jadi ada beberapa soal yang kunci jawabannya salah, mohon jangan kecewa karena itu semata-mata adalah kesalahan kami sebagai manusia. Bila menemukan kesalahan tersebut silakan kirim tangkapan layar (screenshot) kesalahan tersebut kepada kami di email ghofurach@gmail.com atau melalui Whatsapp di 085648017971. Bisa juga melalui komentar di laman ini disertai dengan keterangan subtema berapa. Terimakasih….

Tinggalkan Balasan