Tips Hemat Penggunaan Gas LPG

Tips Hemat Penggunaan Gas LPG Saat Memasak

Loading...

Tips Hemat Penggunaan Gas LPG Saat Memasak – Gas adalah energi yang dibutuhkan dalam kehidupan dan untuk kebutuhan rumah tangga seperti memasak. Memasak dengan gas dinilai lebih efisien daripada menggunakan bahan seperti kayu bakar. Namun salah satu masalah yang terjadi adalah penggunaan gas yang cepat boros, sehingga pengeluaran menjadi ekstra. Tidak lagi berhemat, malah justru jadi boros jatuhnya.

Tentunya, masalah ini tidak boleh terjadi berlarut-larut dong, maka dari itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberpa tips hemat penggunaan gas LPG saat memasak. Simak beberapa tips berikut ini:

Pakai selang gas LPG yang tepat

Selang merupakan elemen penting yang harus diperhatikan agar pemakaian gas tidak boros. Perlu diketahui bahwa gas akan memancarkan energinya ke segala arah,  agar tekanannya tidak mubazir, pilih selang yang memiliki ketahanan gas 500 PSI.

Dengan ukuran ini, pengeluaran gas akan lebih irit. Karena lebih kuat dan tidak gampang longgar. Selang gas yang gampang longgar menjadi akibat utama kenapa gas cepat habis.

Tutup masakan, agar matang lebih cepat

Tips sederhana agar memasak tidak terlalu menghabiskan gas adalah dengan menutup masakannya. Dengan cara ini masakan akan lebih cepat matang, karena uapnya tersebar merata. Sehingga level kematangan akan lebih merata.

Prioritaskan Alat masak berbahan stainless steel

Tips hemat pemakaian gas LPG selanjutnya adalah mengenai penggunaan alat masak yang tepat. Gas akan lebih hemat Bila dibantu dengan alat masak yang memiliki penghantar panas yang baik. Kebanyakan kita memilih alat masak berbahan enamel dan alumunium yang sifatnya kurang merambatkan panas. Ini menjadi penyebab kenapa memasak membutuhkan proses yang lebih lama.

Pilihlah alat masak yang berbahan dasar stainless steel selain karena tidak gampang rusak, bahan ini juga merupakan penghantar panas yang baik. Makanan akan lebih cepat masak dengan memakai stainless steel.

Atur alat masak dan porsi makanan

Salah satu alasan kenapa pemakaian gas jadi boros karena alat masak yang kita gunakan tidak sesuai dengan porsi makanan. Misal ketika mengolah mie untuk satu porsi, jangan menggunakan panci yang terlalu besar. Ini hanya akan membuat pembakaran menjadi sia-sia, panas api tidak akan cepat mematangkan Makanan.

Pilihlah wadah yang sesuai dengan porsi makanan kita, Agar panas api lebih terfokus. Dengan demikian pemakaian gas bisa lebih hemat dari sebelumnya.

Kenali bahan makanan yang boros pemakaian gas

Ada beberapa bahan makanan yang akan membuat gas menjadi boros. Seperti memasak daging iga yang terkenal bertekstur ulet, dengan panci biasa perlu waktu 2 – 3 jam agar bisa matang.

Lain halnya bila kita menggunakan pressure cooker, kita akan lebih hemat penggunaan gas karena hanya memerlukan waktu 50 menit untuk memasak daging ulet.

Bersihkan Kompor secara rutin

Satu tips lagi yang tidak boleh ketinggalan saat , menghemat gas adalah pemeriksaan kompor secara berkala. Pastikan api berwarna biru ya, bukan berwarna kuning. Karena api yang berwarna kuning menandakan kompor sedang dalam keadaan kotor.

Api yang berwarna kuning tingkat panasnya jelas jauh di bawah api berwarna biru. Lagi pula api yang berwarna kuning akan menimbulkan jelaga di alat masak kita. Nah, menjaga kebersihan kompor amat penting terutama untuk menjaga kebersihan dapur dan menghemat pemakaian gas LPG.

Itu tadi bahasan kami tentang tips hemat menggunakan gas LPG untuk memasak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Selamat berkarya dan sukses selalu (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan