mengelola dan mengatasi stress

Kiat-kiat Mengelola dan Mengatasi Stress

Loading...

Kiat-kiat Mengelola dan Mengatasi Stress – Stress adalah salah satu kondisi jiwa yang tidak enak dirasakan. Stress bisa dialami oleh siapa pun tanpa mengenal strata sosial, umur hingga jabatan seseorang. Penyebabnya bisa bermacam-macam mulai dari pekerjaan, masalah keluarga, pendidikan, asmara dan masih banyak lagi.

Kondisi Jiwa yang seperti ini menimbulkan berbagai efektif negatif untuk yang merasakannya. Keluhan seperti susah tidur, cepat marah, tidak bergairah, kesehatan menurun hingga dorongan untuk mencelakai diri sendiri bisa terjadi.

Agar kita bisa terhindar dari risiko stress tersebut, alangkah lebih baik membaca kiat-kiat Mengelola Stress berikut ini:

Rajin Minum Air Putih

Menurut Riset dari Lembaga nutrisi Athletes Performance menyatakan bahwa dengan rajin meminum air putih dapat menurunkan kadar hormon kortisol yang jadi penyebab stress. Tubuh yang kekurangan minum bisa membuat kondisi jiwa tertekan.

Salah satu alasan orang bisa stress adalah kondisi tubuh yang dehidrasi. Tubuh akan terganggu metabolismenya, detak jantung tidak stabil dan keluhan sesak saat bernafas membuat pikiran menjadi tidak jernih.

Rajinlah Berolahraga

Stress bisa terjadi karena produksi zat kimia pada otak sedang berlebihan. Kadar hormon dopamine, kortisol, dan adrenalin berperan penting dalam mengatur kondisi kejiwaan seseorang. Bila kadarnya terlalu tinggi ini bisa mengakibatkan stress.

Olahraga dapat menjadi solusi menyeimbangkan hormon di otak. Selain itu olahraga juga mendorong terproduksinya hormon endorfin yang berperan dalam menciptakan ketenangan dan kebahagiaan.

Minta Dukungan Keluarga

Faktor penting yang menjadi alasan kenapa kita mudah stress karena kita merasa kesepian dan memendam perasaan kita. Saat stress terjadi kita memerlukan peran orang lain. Kita butuh support dari orang-orang yang berada di sekitar kita.

Dengan keberadaan orang lain, kita bisa mencurahkan isi hati, mendapat nasehat serta mendapat sudut pandang baru dalam menghadapi masalah. Support dari orang terdekat akan sangat membantu kita untuk mengelola stress.

Menjaga Pola Makan

Salah satu akibat stress sering terjadi karena tidak terjaganya pola makan. Makan-makanan junk food, pola makan tidak teratur dan sebagainya. Aspek penting terciptanya jiwa yang sehat adalah jasmani yang kuat.

Kita membutuhkan makanan bergizi untuk mengelola stress. Rajin memakan sayuran hijau, madu, coklat, telur dengan porsi yang pas akan melancarkan peredaran darah dan meminimalisir efek negatif akibat stress.

Menulis emosi

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Texas mengatakan bahwa menulis emosi yang dirasakan dapat meminimalisir efek dari stress. Penelitian ini melibatkan mahasiswa dan mereka disuruh untuk mencatat emosi negatif yang dirasakan selama 1 Minggu dan hasilnya berdampak positif pada kejiwaan masing-masing mahasiswa.

Cara ini juga bisa kita lakukan saat mengalami stres. Dengan menulis perasaan yang dialami, kita akan menjadi lega dan lebih jernih saat menghadapi masalah.

Demikianlah beberapa kiat dari kami untuk mengelola dan mengatasi stress. Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan