Cara Meningkatkan Karir Dalam Pekerjaan

Cara Meningkatkan Karir Dalam Pekerjaan, Taktik Jitu !

Loading...

Cara Meningkatkan Karir Dalam Pekerjaan, Taktik Jitu ! – kali ini saya akan membagikan tips dan taktik jitu dalam meningkatkan karir kerja. Tidak peduli bidang pekerjaan apa saja dan dalam posisi di level mana saja.

Bagaimana caranya? Apa saja taktiknya? Tenang, tips dan taktik yang akan saya bahas ini bukan taktik yang kotor dan tidak akan merugikan perusahaan. Justru perusahaan akan diuntungkan dan tidak ada teman yang akan kita korbankan. Persaingan tetap sehat dan bahkan bisa berpeluang untuk kolaborasi dengan kolega untuk mengembangkan karir bersama-sama.

Ya, karena kunci dari taktik jitu untuk meningkatkan karir dalam pekerjaan adalah dengan belajar. Namun cara belajar yang bagaimana yang mampu mendorong perkembangan karir kita? Tidak semua karyawan cerdas dalam belajar atau bahkan tidak tepat dalam memilih pembelajaran yang mendukung perkembangan karirnya.

Ketangkasan Belajar Sebagai Cara Meningkatkan Pengembangan Karir

Masalah paling utama bagi kita sebagai karyawan (pegawai) adalah bagaimana kita bisa belajar sambil menghasilkan (digaji). Ya bagaimana kita bisa terus belajar namun pekerjaan kita di perusahaan tetap terselesaikan dengan baik, bahkan lebih baik. Ini adalah kunci dari cara meningkatkan karir dalam pekerjaan yang justru jarang disadari oleh setiap orang.

Nah, bagaimana caranya? bagaimana kita bisa belajar dari pengalaman yang kita miliki setiap hari, dan kemudian bagaimana kita bisa menambah apa yang kita pelajari di tempat kerja? Ini membutuhkan pembelajar yang cerdas dan tangkas.

Kita harus unggul dalam menerapkan apa yang kita pelajari. Kita perlu menerapkan apa yang kita pelajari sebelum kita yakin bahwa sesuatu benar-benar dipelajari.

Ketangkasan belajar dapat berfokus pada banyak hal berbeda. Namun, ketangkasan belajar individu dapat dilihat sebagai empat set perilaku spesifik berikut ini:

  • Mencari keterampilan, atau memiliki kemauan untuk tenggelam dalam situasi baru dan menantang, termasuk kemampuan kita untuk mengidentifikasi batas-batas zona nyaman lalu mencoba untuk keluar, keterampilan mengambil risiko, dan keterampilan untuk memperluas jaringan.
  • Keterampilan untuk belajar dari pengalaman dengan menanyakan mengapa, bagaimana, dan pertanyaan mengapa tidak, serta mencakup kemampuan kita dalam mengidentifikasi kesempatan belajar, mempertanyakan keyakinan dari perspektif kita sendiri, juga untuk mempersiapkan mental dan fisik untuk belajar.
  • Keterampilan internalisasi yang mengharuskan kita meluangkan waktu untuk merefleksikan dan mencari umpan balik dan mencakup kemampuan untuk merefleksikan serta memantau kemajuan kita sendiri, kapasitas untuk mengejar dan bertindak berdasarkan umpan balik, dan kemampuan untuk mengidentifikasi pengalaman yang mendorong kesadaran diri.
  • Menerapkan keterampilan menggabungkan apa yang telah dipelajari dengan pengalaman masa lalu dan menerapkannya pada pengalaman baru yang menantang. Ini adalah kemampuan untuk mengukur kemajuan, untuk mengidentifikasi koneksi dan konsistensi, dan untuk menerapkan pembelajaran dalam situasi yang direncanakan dan situasi spontan.

Peluang Belajar Di Tempat Kerja

Belajar adalah cara utama dalam meningkatkan karir dalam pekerjaan. Namun kesempatan belajar sekaligus bekerja sering dianggap sangat jarang.

Jadi, dari mana kesempatan belajar ini berasal? Periksa di sekitar organisasi Anda dan Anda akan menemukan pilihan pembelajaran yang termasuk dalam setidaknya empat kategori di bawah ini:

  • Pada pekerjaan, seperti mengakses tutorial online untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih baik, menerima pekerjaan yang lebih menantang, atau menyelesaikan rotasi pekerjaan.
  • Mengikuti kursus, program pelatihan, atau sertifikasi, termasuk mengikuti kursus online, menghadiri acara pembelajaran secara langsung, atau mendapatkan sertifikasi keahlian kerja.
  • Opsi informal harian, seperti bergabung dengan grup jaringan manajer, membimbing magang, atau melakukan penelitian tentang proyek masa depan.
  • Belajar di luar perusahaan/organisasi, yang mencakup menjadi sukarelawan, berbicara di konferensi atau seminar, atau berpartisipasi dalam pertukaran eksekutif atau pegawai.

Jaringan juga bisa menjadi kesempatan belajar yang unik untuk kita. Jejaring terjadi dalam berbagai bentuk dan di banyak tempat. Pertimbangkan kebutuhan kita akan jaringan. Jaringan dapat berada di dalam atau di luar organisasi Anda dan dapat melayani banyak tujuan.

Agar efektif, jaringan perlu dikembangkan, dipelihara, dan dimanfaatkan. Jaringan membutuhkan sikap kemurahan hati, yaitu memberi dan membantu terlebih dahulu. Tawarkan untuk mendukung atau membangun jaringan di dalam dan di luar organisasi kita.

Kita dapat mendukung kolega kita dengan memperkenalkan mereka ke jaringan kita. Begitu sebaliknya, biasanya kita juga akan diberikan akses ke jaringan-jaringan yang lebih luas. Pilih jaringan yang mendukung karir kita. Kita harus selektif agar tidak kontraproduktif.

Taktik Belajar Dari Pengalaman Sebagai Cara Meningkatkan Karir Dalam Pekerjaan

Belajar dari pengalaman kerja yang menantang sangat penting untuk pengembangan karir kerja kita. Kita dapat memaksimalkan pembelajaran, jika pengalaman belajar menggunakan berbagai taktik belajar yang jitu.

Kebanyakan dari kita menyukai satu atau dua taktik belajar. Kita akan belajar lebih banyak jika kita memperluas cara belajar kita.

Saat kita memikirkan tentang bagaimana kita belajar, pertimbangkan untuk menggunakan taktik yang berbeda untuk meningkatkan dan memperluas pembelajaran kita.

Taktik belajar dapat diatur dalam empat kategori. Berikut penjelasan singkat dan daftar strategi untuk masing-masingnya.

taktik strategi belajar di tempat kerja untuk menunjang pengembangan karir dalam pekerjaan

Setelah kita memutuskan satu atau dua taktik cara belajar yang paling jarang digunakan di bawah ini, kemudian pilih salah satu teknik strategi yang ada di bawahnya dan segera eksekusi, jangan menunggu besok atau kapan-kapan. Praktik terbaik untuk belajar adalah merefleksikan apa dan mengapa terjadi sesuatu. Renungkan secara pribadi dan juga bagikan pemikiran kita ke orang lain untuk mendengar perspektif lain.

Berikut ini adalah beberapa taktik strategi belajar di tempat kerja untuk menunjang pengembangan karir dalam pekerjaan:

Feeling Tactics

Yaitu taktik yang digunakan oleh individu yang perlu mengelola kecemasannya dan ketidakpastian linkungan atau masa depan dengan pembelajaran baru. Taktik ini bisa dijalankan dengan cara-cara sebagai berikut:

  • Mengenang atau membayangkan saat-saat ketika Anda sukses, walaupun saat ini kita masih merasa tidak nyaman atau masih jauh dari kata sukses.
  • Perhatikan saat Anda merasa frustrasi dalam suatu situasi; identifikasi sumbernya.
  • Buatlah jurnal dan lacak perasaan Anda saat perasaan itu mengganggu pembelajaran.

Action Tactics

Taktik ini digunakan oleh individu yang merasa nyaman belajar sambil melakukan. Bisa dieksekusi dengan cara-cara berikut ini:

  • Berkomitmen untuk membuat sesuatu yang selama ini Anda tunda terjadi minggu ini.
  • Lakukan proyek dengan jadwal yang padat.
  • Mengajari orang lain suatu keterampilan.

Thinking Tactics

Taktik ini cocok digunakan oleh mereka yang lebih suka menyelesaikan masalahnya sendiri secara mandiri. Silakan coba cara-cara di bawah ini:

  • Tanyakan pada diri Anda sendiri pelajaran apa yang Anda pelajari minggu ini dan buat daftarnya.
  • Carilah pola dalam situasi serupa dan catat di mana Anda pernah melihatnya sebelumnya.
  • Buatlah jurnal untuk melacak kemajuan dalam mempelajari suatu keterampilan.

Mengakses Taktik Orang Lain

Cocok digunakan oleh mereka yang suka mencari nasihat, contoh, atau dukungan dari lingkungan sekitar.

  • Temukan seseorang yang bisa memberi Anda wawasan tentang area masalah dalam hidup Anda.
  • Jangan berasumsi bahwa ide Anda adalah yang terbaik, dapatkan masukan dari orang lain.
  • Pilihlah model (orang yang Anda anggap lebih baik/sukses) untuk keterampilan tertentu yang Anda hargai, dan amati serta wawancara orang tersebut.

Demikianlah beberapa taktik strategi belajar di tempat kerja untuk menunjang pengembangan karir dalam pekerjaan Anda. Semoga bermanfaat (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan