Muatan IPA Kelas 6 Tema 4 Subtema 2 Cara Menghemat Energi Listrik

Muatan IPA Kelas 6 Tema 4 Subtema 2 Cara Menghemat Energi Listrik

Loading...

Halo jumpa lagi dengan modul muatan IPA untuk siswa kelas 6 Tema 4 Subtema 2. Kali ini kita akan mempelajari materi cara menghemat energi listrik.

Belakangan ini banyak bermunculan masalah pemborosan energi. Masalah pemborosan energi secara umum sekitar 80 persen disebabkan oleh faktor sumber daya manusia yang kurang memahami dampak dari pemborosan energi bagi kelangsungan hidup anak cucu kita mendatang.

Selain disebabkan oleh manusia, ada pula 20 persen disebabkan oleh faktor teknis. Indonesia merupakan negara yang boros dalam penggunaan energi, bahkan Indonesia termasuk salah satu negara di Asia Tenggara yang tertinggi dalam hal pemborosan energi.

Hal ini tercermin dalam indeks elastisitas energi. Skor Indonesia lebih tinggi dibandingkan dengan negara-negara di Asia Tenggara, bahkan dengan negara maju. Hal ini menunjukkan perlunya masyarakat Indonesia mengonsumsi energi secara lebih efisien dan mengurangi pemborosan.

Dampak dari pemborosan energi sebenarnya sudah kita rasakan. Hal ini terasa dari peningkatan suhu global. Meningkatnya suhu global menyebabkan naiknya permukaan air laut, meningkatnya intensitas fenomena cuaca ekstrem, lebih lamanya cuaca panas daripada cuaca dingin, dan hilangnya gletser, serta akibat-akibat lainnya.

Jika fenomena ini terus terjadi tanpa antisipasi dan penanggulangan, mungkin kelangsungan hidup manusia akan terancam.

Cara Menghemat Energi Listrik

Kebutuhan energi listrik semakin hari semakin bertambah. Manusia merasakan keuntungan dari penggunaan listrik. Meskipun begitu, energi listrik perlu dihemat.

Energi listrik masih mengandalkan minyak bumi dan batu bara. Padahal, minyak bumi dan batu bara tidak dapat diperbarui. Artinya, akan habis jika diambil terus-menerus. Dengan hemat listrik, minyak bumi dan batu bara dapat dihemat.

Hemat listrik juga berarti hemat biaya. Nah, bagaimanakah cara menghemat listrik? Apa saja yang dapat kalian lakukan?

Berikut ini beberapa cara penghematan listrik sehari-hari.

  1. Matikan peralatan listrik yang tidak digunakan. Contohnya antara lain sebagai berikut.
  2. Matikan lampu yang tidak digunakan.
  3. Menyalakan satu televisi dalam satu rumah.
  4. Mematikan radio yang tidak didengarkan.
  5. Mematikan kipas angin yang tidak digunakan.
  • Menggunakan penerangan secukupnya. Jika cukup terang dengan satu lampu, gunakan satu lampu. Selain itu, tidurlah menggunakan lampu yang redup.
  • Gunakan lampu hemat energi. Misalnya, mengganti lampu pijar dengan lampu neon. Lampu neon lebih hemat energi.
  • Jika di rumah menggunakan pompa air, gunakan seperlunya. Jangan terlalu sering menghidupkan pompa air. Isilah tandon air sampai penuh.
  • Menggunakan peralatan listrik secara bergantian.
  • Tutup rapat pintu kulkas jika tidak diperlukan. Pintu kulkas yang sering dibuka akan boros energi.
  • Jika di rumah terdapat AC, gunakan seperlunya. Matikan AC jika di ruangan tidak ada orang. Tutup rapat ventilasi udara selama AC menyala.
  • Setrikalah pakaian dalam jumlah banyak sekaligus. Cara ini lebih hemat energi daripada menyetrika pakaian berulang-ulang.

Saat ini, pasokan listrik untuk masyarakat masih jauh di bawah kebutuhan. Buktinya, PLN sering melakukan pemadaman listrik secara bergilir. Karena itulah, pemerintah mengajak masyarakat untuk hemat listrik. Salah satunya melalui iklan layanan masyarakat. Iklan tersebut disebarkan melalui media iklan.

Contohnya, spanduk, surat kabar, radio, dan televisi. Kita sebagai masyarakat hendaknya mendukung program pemerintah tersebut. Apalagi persediaan batu bara dan minyak bumi semakin menipis. Tanpa penghematan, kita dapat mengalami krisis energi di masa depan. Karenanya, lakukan penghematan listrik mulai sekarang juga.

Video Materi IPA Kelas 6 Tema 4 Subtema 2 “Cara Menghemat Energi Listrik”

Video pembelajaran tematik muatan Materi IPA Kelas 6 Tema 4 Subtema 2 tentang Cara Menghemat Energi Listrik di atas bisa kamu manfaatkan untuk memperjelas pemahaman kamu tentang materi ini. Jadi silakan pilih gaya belajar kamu ya….

Latihan Soal Materi IPA Kelas 6 Tema 4 Subtema 2 “Cara Menghemat Energi Listrik”

Setelah mempelajari materi modul BDR Materi IPA Kelas 6 Tema 4 Subtema 2 tentang Cara Menghemat Energi Listrik di atas silakan uji hasil belajar kamu menggunakan contoh latihan soal online interaktif dengan link di bawah ini:

https://quizizz.com/join/quiz/5fadd7ca9a5ffd001c12ddc9/start

Latihan Soal Materi IPA Kelas 6 Tema 4 Subtema 2 “Cara Menghemat Energi Listrik”

Demikianlah bahan ajar online Materi IPA Kelas 6 Tema 4 Subtema 2 tentang Cara Menghemat Energi Listrik yang bisa kami sajikan. Semoga bermanfaat, selamat belajar dengan menyenangkan (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan