5 Manfaat Ikut Organisasi Kampus Bagi Mahasiswa

5 Manfaat Ikut Organisasi Kampus Bagi Mahasiswa

Loading...

5 Manfaat Ikut Organisasi Kampus Bagi Mahasiswa – Perasaan dilema mungkin akan dialami mahasiswa baru. Mau jadi mahasiswa kupu-kupu (Kuliah Pulang – Kuliah Pulang) atau jadi mahasiswa yang aktif berorganisasi di kampus. Bila kalian bingung, coba deh baca tulisan ini sampai selesai.

Masa kuliah bisa dimanfaatkan lho untuk mengembangkan diri. Skill Hardskill bisa dipelajari pada saat mengikuti proses belajar mengajar dikelas namun skill softkill akan lebih terasah pada saat ikut organisasi.

Lagi pula status sebagai mahasiswa adalah status yang tidak bisa dipandang remeh. Kalau misalnya kalian bersurat kepada DPR atau pemerintah menggunakan label sebagai mahasiswa, efeknya akan sangat jauh berbeda dengan status sebagai alumni. Apalagi bila kamu aktif ikut di sebuah organisasi kemahasiswaan.

Ada banyak organisasi kampus yang bisa diikuti seperti pecinta alam, BEM, Debat Club, Koperasi Mahasiswa, dan yang lainnya. Untuk cari tahu manfaat ikut organisasi kampus secara mendalam silakan simak artikel di bawah ini :

Meningkatkan Kemampuan Manajerial

Bergabung dengan organisasi akan membuat kita lebih bertanggung jawab atas tugas yang diberikan. Kemampuan Leadership dan manajerial juga benar-benar diuji saat aktif di dalamnya. Dengan kemampuan manajerial, kita bisa menyatukan, menggerakkan, mengomandoi orang-orang yang jadi anggota organisasi. Dan kemampuan ini tentu diperlukan saat terjun didunia kerja nantinya.

Organisasi mahasiswa menjadi media yang tepat untuk meraih pengalaman sebanyak-banyaknya, sebab lebih banyak berpraktik dari pada berteori.

Meningkatkan Kemampuan Softskill

Manfaat ikut organisasi kampus berikutnya adalah terkait peningkatan skill. Dalam perkuliahan nanti kita akan belajar hard skill dan softskill. Hard skill seperti membuat jurnal, menggunakan komputer, atau presentasi bisa dipelajari saat proses belajar mengajar dikelas. Namun untuk soft skill akan lebih terasah saat ikut dalam organisasi. Kemampuan soft skill seperti berkomunikasi, beradaptasi, menyusun ide, negosiasi hingga memimpin sangat dibutuhkan saat terjun didunia kerja.

Organisasi mahasiswa jadi tempat untuk mengasah itu semua. Kita bisa langsung melakukan praktek dan mendapatkan bimbingan dari anggota organisasi lainnya.

Mencari Relasi

Selain belajar, mencari relasi juga penting pada saat kuliah, dan ini bisa didapatkan saat ikut organisasi mahasiswa. Kita akan bertemu dengan anggota yang lain, saling berkomunikasi hingga berkerja sama dengan mahasiswa jurusan lain, kakak tingkat, dosen hingga pejabat tinggi kampus. Semua ini bisa kita lakukan saat kita berkontribusi pada organisasi.

Dengan relasi yang banyak tentu akan mempermudah jalan saat mencari pekerjaan nanti. Perusahaan bisa terpukau dengan CV yang kita buat selama kuliah. Kesempatan kerja juga lebih luas karena kita banyak dikenal orang

Untuk eksplorasi minat dan bakat

Tidak hanya BEM dan Himpunan saja, organisasi mahasiswa ada banyak bentuknya salah satunya UKM. Jangan ragu bergabung di sana, karena salah satu manfaat ikut organisasi kampus ini menjadi sarana Terbaik untuk mengembangkan minat dan bakat.

UKM diibaratkan seperti ekstra kulikuler dalam sekolah. Kita bisa ikut Panduan Suara, Marching Band, Teater, Klub futsal, pencinta alam dan sebagainya untuk menyalurkan hobi yang kita punya. Kemampuan manajerial juga bisa teratasi di sana.

Membuat CV Jadi bagus

Pengalaman Berorganisasi menjadi modal yang bagus saat melamar kerja nanti. Pasalnya perusahaan mencari kandidat-kandidat terbaik untuk mengisi posisi karyawan. Dan mereka melihat CV pelamar sebagai rujukannya. CV yang bagus bisa dibuat karena aktif mengikuti organisasi.

Skill softskill yang terasah saat kuliah, juga menjadi aspek penting saat menjalani tekanan kerja di kantor. Nah, ini yang jarang kita sadari.

Demikianlah bahasan kami mengenai manfaat ikut organisasi kampus. Semoga bisa menjadi referensi tambahan bagi kita semua. Salam belajar menyenangkan (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan